3 Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Makalah.id – Apakah anda tahu seperti apa contoh cover letter? Namun sebelum itu kami akan membahas mengenai seperti apa pengertian dan hal-hal lainnya agar supaya anda bisa semakin paham. Perlu anda ketahui bahwa cover letter merupakan salah satu hal yang diperhatikan ketika anda hendak melamar pekerjaan. Membuat cover letter dengan baik bisa memberikan pengaruh besar apakah nanti anda akan diterima atau tidak di tempat kerja tersebut. Bahkan beberapa HRD menjadikan cover letter sebagai perhatian pertama sebelum menuju ke bagian lain.

Untuk itulah penting bagi anda membuat contoh cover letter yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ada. Dengan begitu, nanti anda bisa membuat cover letter yang baik dan dapat membuat HRD atau orang lain yang membacanya merasa terkesan dan bukan tidak mungkin langsung mempekerjakan anda. Akan tetapi, sebelum itu kami ingin menyarankan agar anda juga mempelajari informasi lainnya seputar contoh lamaran kerja tulis tangan dan juga contoh lamaran kerja bahasa inggris.

Contoh Cover Letter Baik Dan Benar

Sebelum menjelaskan tentang seperti apa contoh dari cover letter yang harus anda buat. Kami ingin membagikan informasi mengenai beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika membuat cover letter. Dengan begitu, anda tidak salah ketika membuatnya dan tidak mengecewakan anda sendiri karena seperti yang telah dijelaskan bahwa cover letter merupakan salah satu bagian yang paling menentukan.

  • Kenalkan kualifikasi dan bukan nama
    • Di dalam menulis cover letter, anda harus memberikan penjelasan mengenai kualifikasi yang anda punya, terutama berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Anda harus menjelaskan bahwa anda merupakan seseorang lulusan universitas tertentu dengan gelar tertentu. Anda juga harus menunjukkan tentang minat atau passsion anda pada bidang tersebut sehingga nanti HRD akan tertarik membacanya.
    • Ingat, di dalam menulis intro atau pembukaan dari cover letter, anda cukup menuliskan dalam 4 sampai dengan 5 kalimat. Jadi anda harus memasksimalkannya sebaik dan seefektif mungkin.
    • Anda jangan pernah mengenalkan nama anda terlebih dahulu. Memperkenalkan nama ada di bagian lain yang tidak seharusnya anda menuliskannya di bagian pembukaan. Meskipun nama merupakan identitas yang anda miliki, akan tetapi anda jangan pernah menulisnya di pembukaan.
  • Isilah cover letter dengan tulisan yang mengalir
    • Masih ingat aturan Pembukaan, Isi, dan Penutup? Cover letter pun juga demikian. Tulisan anda harus mengalir seperti seolah anda sedang bercerita tentang kualifikasi dan passion anda. Anda harus memberikan kesan yang melekat kepada pembaca melalui tulisan anda. Hal inilah yang dapat menarik perhatikan HRD untuk merekrut anda.
    • Anda juga bisa menceritakan sedikit tentang pengalaman kerja anda serta siapa partner kerja anda pada waktu itu. Dengan begini, bukan tidak mungkin seseorang yang membacanya langsung menaruh perhatikan kepada anda.
  • Highlight Karakter
    • Disarankan agar anda memasukkan karakter anda yang relevan dan berhubungan dengan pekerjaan yang ingin anda lamar. Tujuanya untuk memperkuat isi yang ada di dalam cover letter anda.
    • Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan anda tempat melamar pekerjaan agar anda bisa menunjukkan karakter anda dengan sesuai.
  • Menulis poin pencapaian kerja
    • Bagian ini juga menjadi salah satu penentu apakah anda diterima atau tidak. Biasanya, HRD hanya akan bertanya mengapa anda layak diterima di perusahaan tersebut. Maka dari itu, anda harus menjelaskan tentang segala poin pencapaian kerja anda. Dengan begitu maka HRD akan tertarik dan mungkin saja terkesima dengan paparan yang anda sampaikan.

1. Contoh cover letter bahasa Indonesia

contoh cover letter

Seperti yang anda perhatikan bahwa contoh di atas menjelaskan secara jelas mengenai kualifikasi yang dimiliki oleh seseorang yang bersangkutan. Ia tidak menjelaskan tentang identitasnya terlebih dahulu karena bagian menjelaskan tentang identitas sudah ada di bagian yang lain. Seseorang yang melamar pekerjaan tersebut juga menjelaskan mengenai lulusan universitas mana, jurusan apa, dan gelar apa yang ia dapatkan.

Selain itu, alur cerita yang dituangkan di dalam cover letter-nya pun sudah mengalir sehingga ketika anda membacanya maka anda juga merasa bahwa memang cover letter inilah merupakan contoh terbaik yang bisa anda buat. Masih ada penjelasan lainnya yakni mengenai passion dan seperti apa karakter yang dimiliki oleh yang bersangkutan tersebut yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin ia lamar.

2. Contoh cover letter bahasa Inggris

contoh cover letter

Meskipun sekilas cover letter dalam bahasa Inggris memiliki tampilan atau struktur yang berbeda, namun pada dasarnya baik bahasa Indonesia maupun juga bahasa Inggris memiliki tujuan atau maksud yang sama. Jika anda perhatikan contoh di atas, si penulis tidak langsung menjelaskan perihal identitasnya. Ia malah membahas mengenai ketertarikannya untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut, atau dalam hal ini tertarik untuk menduduki jabatan yang kosong.

Penulis juga menjelaskan mengenai apa saja hal-hal lain yang merupakan passion dan karakternya. Tulisan semacam itu akan membuat HRD tanpa ragu untuk merekrut anda karena ia berpikir bahwa memang anda merupakan orang yang tepat untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

3. Contoh cover letter magang

Cover letter bukan hanya digunakan untuk melamar pekerjaan, melainkan ia juga bisa digunakan untuk magang. Magang merupakan sebuah pekerjaan yang diambil untuk memperoleh pengalaman sebanyak mungkin dari perusahaan tersebut. Di bawah ini contoh cover letter magang yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

contoh cover letter

Meskipun cover letter digunakan untuk magang. Anda juga harus tetap menjelaskan tentang kualifikasi dan pengalaman apa yang anda punya yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Ingat, cover letter harus menggunakan bahasa yang formal karena tidak jauh berbeda dengan surat resmi.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.