3 Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Terbaik

Makalah.id – Bagaimana cara membuat sebuah contoh cover letter bahasa Indonesia? Membuat cover letter yang baik akan menunjukkan seberapa baik kemampuan anda dan seberapa berpengalamannya anda terhadap pekerjaan yang anda lamar. Akan tetapi, tidak sedikit seseorang yang memiliki kemampuan kerja dan juga pengalaman yang baik namun tidak diimbangi dengan kemampuan untuk membuat cover letter yang baik.

Maka dari itu, kami akan menjelaskan kepada anda tentang apa saja contoh cover letter bahasa Indonesia yang bisa anda jadikan sebagai bahan masukan untuk kemudian anda membuat cover letter versi anda sndiri. Hal ini karena cover letter merupakan salah satu hal terpenting yang akan diperhatikan oleh perusahaan ketika anda mengajukan lamaran kerja.

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia 

Bagi anda yang hendak membuat cover letter bahasa Indonesia, anda harus memahami apa saja hal-hal yang harus anda ketahui ketika anda membuat cover letter. Sebenarnya, cover letter tidak mudah untuk dibuat, khususnya bagi seseorang yang baru lulus dan masih belum memiliki pengalaman. Bahkan yang sudah berpengalaman pun terkadang masih bingung ketika harus membuat sebuah cover letter.

Membuat cover letter yang baik akan meningkatkan peluang anda ketika hendak melamar pekerjaan. Dengan begitu, meskipun sebenarnya saingan anda banyak, namun ketika anda membuat sebuah cover letter yang benar dan sesuai dengan ketentuan, maka sudah tentu anda akan diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai apa saja contoh cover letter dalam bahasa Indonesia yang bisa anda jadikan referensi.

1. Contoh cover letter bahasa Inggris untuk magang

contoh cover letter bahasa Indonesia

Sebenarnya, membuat cover letter dalam bahasa Indonesia maupun juga bahasa Inggris tidak jauh berbeda. Bahkan, cover letter untuk anda yang sekarang yang hendak magang atau bekerja pun juga tidak ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan. Yang terpenting penggunaan bahasa yang resmi dan fokus terhadap apa kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan.

Seperti yang anda lihat pada contoh cover letter di bawah, anda bisa melihat bahwa cover letter menggunakan bahasa Inggris yang bertujuan agar supaya yang bersangkutan diberikan izin untuk magang. Memang sekilas mirip dengan surat izin, namun berbeda dalam konteks dan cara penulisannya.

2. Contoh cover letter bagi Fresh Graduate

contoh cover letter bahasa Indonesia

Bagi anda yang baru selesai menempuh jenjang kuliah, tentunya anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja. Namun jangan khawatir, anda bisa membuat sebuah cover letter yang isinya berfokus kemampuan-kemampuan anda. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa mencantumkan mengenai pengetahuan yang anda miliki yang berkaitan dengan perusahaan yang anda lamar.

Bagi anda yang memiliki kemampuan atau mungkin kemampuan yang anda dapatkan selama menempuh pendidikan di jenjang kuliah, maka anda bisa mencantumkannya juga pada cover letter anda untuk membuat HRD atau pihak Manager tertarik untuk merekrut anda.

Di bawah ini akan kami berikan contoh cover letter yang bisa anda gunakan untuk anda yang baru lulus dari kampus.

3. Contoh cover letter bahasa Indonesia Fresh Graduate

contoh cover letter bahasa Indonesia Fresh Graduate

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya ingin menyampaikan kepada bapak/ibu pimpinan, berkaitan dengan saya untuk menempati posisi yang seperti saya sebutkan diatas. Saya memperoleh informasi dari iklan lowongan pekerjaan yang tercantum di koran Kompas pada Selasa tanggal 21 Juli 2019.

Saya telah menyelesaikan studi untuk jenjaang S1 di Fakultas Ekonomi – Universitas Negeri Malang, pada tahun 2017. Adapun pekerjaan terakhir saya yaitu sebagai marketing di PT Gudang Garam tbk yang merupakan perusahaan di bidang produksi rokok. Sebelumnya saya bekerja di PT Sampoerna tbk. Adapun posisi yang saya terima yaitu sebagai kepala bagian dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun. Saya juga bekerja sebagai Staff Acountant di PT Perhiasan Indah sebagai dalam waktu 3 tahun.

Saya tertarik untuk menjadi salah satu bagian dari PT. Agung Cokro dengan posisi sebagaimana yang telah tercantum pada iklan yang seperti saya sabutkan di atas. Saya juga telah memiliki kemampuan dalam mengoperasikan berbagai aplikasi management yang sekarang sering digunakan. Selain saya juga mampu bekerja dalam dunia perkantoran. Saya juga telah berpengalaman dalam bidang design grafik serta bagaimana cara mengolah grafik.

Saya juga merupakan pribadi yang bisa menyesuaiakan diri dengan lingkungan kerja baru dan peraturan yang diterapkan dalam lingkungan tersebut. Saya juga merupakan seseorang yang bisa beradaptasi dengan tuntutan kerja untuk mencapai target perusahaann.

Semasa kuliah, saya merupakana mselalu aktif dan ikut serta dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan. Organisasi kampus yang pernah saya ikuti adalah forum lintas wacana dan juga forum kreatif bakat dengan menduduki jabatan sebagai sekretaris.

Saya sangat yakin dengan seluruh kombinasi pengalaman serta pendidikan yang mana sekiranya saya bisa menguntungkan perusahaan yang dipimpin Bapak/Ibu. Rasa antusiasme yang saya miliki juga cukup tinggi di dalam melakukan semua kegiatan yang ada di luar akademik maupun dalam akademik. Saya juga memiliki kemampuan dalam komunikasi yang baik sehingga bisa dengan mudah beradaptasi dan berkontribusi demi kemajuan perusahaan.

Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan menjadi salah satu bagian dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya akan melakukan yang terbaik demi kemajuan perusahaan, khususnya kemajuan dalam posisi yang saya emban.

Hormat saya,

Mukhammad Andika Kangen Band

Demikian penjelasan mengenai contoh cover letter bahasa Indonesia yang seperti anda lihat bahwa ia tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja. Semoga informasi ini bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.