3 Contoh Daftar Pustaka Proposal Berbagai Sumber

Makalah.id – Bagaimana membuat contoh daftar pustaka proposal? Ketika Anda ingin membuat proposal maupun sebuah karya tulis ilmiah, maka salah satu bagian yang tidak boleh dilupakan adalah daftar pustaka. Banyak orang yang hanya asal membuat sebuah karya tulis tanpa memikirkan kira-kira data atau bukti yang mereka ajukan tersebut berasal dari mana. Banyak yang hanya sekedar jadi karya tulisnya tersebut tanpa memikirkan unsur-unsur atau poin penting dalam karyanya.

Adapun tujuan dari mencantumkan daftar pustaka adalah tidak lain untuk memberikan bukti bahwa karya yang Anda tulis sudah berdasarkan berbagai referensi yang tentunya bisa dipertanggungjawabkan dan juga sudah sesuai dengan bidang yang ditekuni. Lalu seperti apa contoh daftar pustaka proposal? Berikut ini kami sudah menyiapkan penjelasannya khusus untuk Anda. Dari sini nanti Anda bisa lebih mudah memahami bahwa menulis daftar pustaka pun tidak bisa dilakukan asal-asalan.

Contoh Daftar Pustaka Untuk Proposal

Secara umum, daftar pustaka akan ditulis dengan menggunakan struktur bahasa Indonesia yang baku. Banyak referensi atau sumber yang didapatkan dari berbagai pengarang yang juga merupakan hal yang positif dimana karya yang Anda kerjakan sudah didukung dengan berbagai teori yang ada. Di bawah ini ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membuat daftar pustaka.

  • Nama penulis: mungkin Anda sudah paham bahwa nama penulis adalah bagian yang sangat penting dalam proposal. Tidak mungkin Anda mengabaikan nama pengulis pada pengarang ketika mereka selesai melaksankaan tugasnya yakni mengemukakan fakta atau bukti terhadap hal yang masih berkaitan dengan judul di proposal Anda tersebut.
  • Tahun terbit: informasi yang kedua ini kami juga yakin bahwa Anda sudah paham bahwa karya tulis wajib mencantumkan kapan proposal tersbeut dibuat dan jua di ACC.
  • Judul buku: tidak mungkin seseorang membaca sebuah karya tanpa membaca judulnya terlebih dahulu. Yang harus Anda perhatikan adalah untuk menuliskan judul buku harulah sesuai dengan judul yang terdapat pada buku tersebut. Artinya, Anda tidak boleh merubah atau bahkan menyingkat judul buku tersebut.
  • Kota terbit: informasi ini juga kerap kali muncul pada daftar pustaka yang mana sebenarnya Anda dapat menulis sebelum nama dari penerbit dan juga setelah penulisan judul buku.
  • Nama penerbit: nama penerbit juga merupakan bagian yang tidak boleh sampai dilupakan yang isinya tentang nama dari penerbit buku atau jurnal tersebut.

1. Contoh daftar pustaka proposal dari jurnal

contoh daftar pustaka proposal

Tidak jarang atau bahkan seringkali jurnal digunakan sebagai referensi untuk membuat karya ilmiah. Berikut ini sudah kami siapkan contoh tentang daftar pustaka yang diambil dari jurnal. Dari sini diharapkan Anda dapat memahami penjelasan bahwa ternyata ada ketentuannya tersendiri ketika ingin mengutip dari sebuah jurnal.

  • Naya Azizah. 2019. Keselarasan Antara Hak dan Kewajiban. Jurnal Sosiologi. 15(2): 15-20.
  • Mukhammad Nurul Mukarromah. 2018. Cara Melindungi Diri dari Cybercrime. Jurnal Teknologi. 10(4): 12-14.
  • Muhaimin Iskandar. 2019. How to Use Noun Clause and Adjective Clause. Jurnal Bahasa Inggris. 5(3): 7-10.
  • Adinda Rahmah. 2019. Pembahasan Masalah Khilafiyah. Jurnal Agama Islam. 15(2): 15-20.
  • Mutmainnah Qulub. Pengaruh Lingkungan Terhadap Keaktifan Siswa. Jurnal Sosiologi. 15(2): 15-20.

2. Contoh daftar pustaka proposal dari makalah

contoh daftar pustaka proposal

Selain dari jurnal, makalah juga terkadang dijadikan sebagai bahan referensi untuk membuat sebuah proposal atau karya ilmiah yang sejenis. Ada beberapa hal yang membedakan antara penulisan daftar pustaka untuk makalah dan juga jurnal. Salah satu perbedaan yang mudah dipahami yaitu biasanya daftar pustaka yang didapat dari makalh akan mencantumkan informasi menganai seminar yang sudah tercatat di dalam makalah tersebut.

Berikut ini beberapa referensinya yang sudah kami siapkan untuk Anda semuanya:

  • Naya Azizah. 2019. Keselarasan Antara Hak dan Kewajiban. Makalah.
  • Adinda Rahmah. 2019. Pembahasan Masalah Khilafiyah. Makalah.
  • Mutmainnah Qulub. Pengaruh Lingkungan Terhadap Keaktifan Siswa. Makalah.
  • Adinda Rahmah. 2019. Pengaruh sup kelor untuk kesehatan vitalitas pria. Makalah.
  • Agung Manfaat. 2019. Hubungan antara hak dan kewajiban di dalam berkehidupan bernegara. Makalah.
  • Ardito Prasetya. 2017. How to start a converstaion. Makalah.

3. Daftar pustaka yang berasal dari internet

Selain berasal dari jurnal maupun makalah, ternyata daftar pustaka yang juga bisa Anda jadikan pilihan yakni daftar pustaka yang berasal dari internet. Perlu dipahami juga bahwa penulisan yang satu ini berbeda dengan pada saat Anda ingin menulis daftar pustaka yang diambil selain dari internet. Lalu bagaimana cara menulisnya?

Secara umum, penulisan daftar pustaka yang berasal dari sebuah web akan mencantumkan nama dari web tersebut. Selain itu, jangan sampai lupa untuk mencantumkan juga mengenai informasi kapan Anda terakhir kali mengakses web tersebut sehingga bisa diketahui bahwa memang Anda benar-benar mengerjakan laporan atau tidak.

Berikut ini beberapa contoh yang semoga bisa menginspirasi Anda mengenai kumpulan contoh daftar pustaka untuk proposal:

  • Riko, Derwanto. 2019. Pengertian dan antivirus terbaik 2019. https://teknologi.id/insight/5-rekomendasi-antivirus-pc-terbaik-tahun-2019/. (20 Agustus 2019).
  • Yunus, Abdullah. 2019. Kumpulan Negara yang termasuk golongan APEC. https://kemlu.go.id/portal/id/read/164/halaman_list_lainnya/asia-pacific-economic-cooperation-apec. (20 Juni 2019).
  • Yunus, Al-Faqih. 2019. Kumpulan Negara yang termasuk golongan OPEC. https://ilmupengetahuanumum.com/negara-negara-anggota-opec-organisasi-pengekspor-minyak/. (19 Juni 2019).
  • Agung, Mukhammad. 2019. Kumpulan Negara yang termasuk golongan ASEAN. https://ilmupengetahuanumum.com/profil-10-negara-anggota-asean/. (16 September 2019).

3. Daftar pustaka yang berasal dari skripsi, disertasi, atau thesis

  • Naya Azizah. 2019. Keselarasan Antara Hak dan Kewajiban. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • Adinda Rahmah. 2019. Pembahasan Masalah Khilafiyah. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
  • Mutmainnah Qulub. Pengaruh Lingkungan Terhadap Keaktifan Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Itulah informasi penting yang bisa kami sampaikan kepada Anda tentang apa saja contoh daftar pustaka proposal. Semoga informasi ini bisa membantu dalam menambah wawasan mengenai pengertian dan bagaimana cara menulis daftar pustaka yang baik.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.