3 Contoh Karya Ilmiah Tentang Pendidikan dan Kesehatan Sederhana

Makalah-id – Seperti apa karya ilmiah tentang pendidikan? Jika membahas mengenai karya ilmiah, maka yang ada di pikiran kita adalah sebuah laporan penulisan yang diperoleh atau dibuat dengan berdasarkan data-data yang bersifat empiris dan dapat dibuktikan kebenarannya. Karya tulis ilmiah adalah sebuah tulisan yang disusun secara sistematis berdasarkan urutan-urutan tertentu yang sesuai dengan kaidah yang ada. Mengenai urutan poin yang ditulis dalam karya ilmiah biasanya berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Salah satu contoh karya ilmiah tentang pendidikan adalah skripsi. Skripsi juga merupakan karya yang penulisannya harus mengacu pada kaidah-kaidah tertentu yang biasanya berbeda antara fakultas atau bahkan universitas satu dengan universitas yang lainnya. Di dalam menulis sebuah karya ilmiah, Anda tidak boleh mengarang karena seperti yang telah dijelaskan bahwa karya tulis yang satu ini harus dapat dibuktikan.

Karya Ilmiah Tentang Pendidikan

Selain itu, ketika Anda hendak menulis sebuah karya ilmiah maka Anda harus mengecek kembali tulisan Anda. Jangan sampai ada tulisan yang salah atau salah ketik. Anda juga harus memastikan bahwa tulisan Anda tersebut bebas dari yang namanya plagiarisme. Plagiarisme merupakan kejahatan dalam sebuah karya ilmiah yang mana akan memberikan dampak negatif bukan hanya untuk seseorang yang memplagiat, melainkan juga untuk orang yang memiliki tulisan yang telah ditiru tersebut.

Di bawah ini akan kami berikan referensi kepada Anda terkait beberapa karya ilmiah yang bertemakan pendidikan. Dari sini nanti Anda dapat menegetahui dan memahami isi dari karya ilmiah tersebut dan kemudian Anda dapat membuat karya ilmiah Anda sendiri.

1. Contoh karya ilmiah tentang pendidikan sosial

karya ilmiah tentang pendidikan

contoh karya ilmiah tentang pendidikan sosial

Dampak Buruk Internet Untuk Anak

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Internet merupakan sebuah penamuan dan mahakarya terbesar yang pernah ada. Internet dapat menghubungkan orang yang berada di tempat jauh dengan sangat mudah dan cepat. Perkembangan di dunia internet semakin lama semakin mengalami kemajuan. Kemudahan dalam mengakses semua informasi yang dibutuh memberikan dampak yang begitu positif untuk wawasan manusia.

Namun, jika internet tidak digunakan dengan bijak malah bisa menimbulkan dampak negatif. Khusus anak, mereka masih berada di usia yang belum stabil. Ketika kondisi emosi dan pengendalian mereka kurang baik, maka dapat membuat internet memberikan dampak negatif terhadap mereka.

2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka rumusan dari penulisan ini yaitu:

  1. Dampak negatif penggunaan internet untuk anak-anak
  2. Solusi untuk menghindarkan anak dari pengaruh negatif internet.

3. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang sudah disebutkan di atas, maka karya ilmiah ini memiliki tujuan penelitian, yakni:

  1. Mengetahui tentang dampak negatif dari penggunaan internet untuk anak-anak.
  2. Mengetatahui solusi yang harus diterapkan untuk menghindarkan anak-anak dari pengaruh buruk internet.

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak Negatif Internet Bagi Anak

Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk semua orang. Bisa dikatakan bahwa seseorang tidak akan bisa hidup tanpa internet karena memang internet telah memasuki seluruh aspek kehidupan. Akan tetapi, ketika seseorang atau dalam hal ini anak-anak tidak memiliki sikap pengendalian yang baik terhadap internet, maka bisa menyebabkannya terkena pengaruh buruk internet.

Beberapa pengaruh buruk internet yang berpotensi dialami oleh anak-anak antara lain:

  • Mengakibatkan keinginan anak untuk bisa melakukan tindakan kekerasan.
  • Membuat anak lupa waktu dan lupa terhadap orang sekitarnya karena terlalu sering berselancar di internet.
  • Menyebabkan terjadinya tindakan bulluying.
  • Menyebabkan anak mengalami kecanduan.
  • Membuat anak berpotensi untuk masuk ke situs-situs terlarang.

Solusi Penanganan Dampak Buruk Internet

Beberapa solusi yang bisa dijadikan untuk mencegah anak agar tidak terkena dampak buruk internet adalah sebagai berikut:

  • Orang tua harus melakukan kontrol secara penuh terhadap seluruh aktivitas anak di internet.
  • Orang tua harus mengajarkan atau memberikan wawasan mengenai dampak buruk internet.
  • Anak harus dibatasi penggunaan internetnya. Jangan terlalu sering memberikan kesempatan anak untuk berselancar di internet, sekalipun hanya melihat YouTube.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa sebenarnya internet merupakan penemuan yang sangat bermanfaat yang dapat membuat kegiatan atau urusan manusia menjadi lebih mudah. Akan tetapi, penggunaan internet juga harus dibarengi dengan kontrol yang baik. Maka dari itu, peran orang tua maupun orang-orang sekitar sangatlah penting.

Usia anak masih labil sehingga mereka sangat perlu bantuan orang tua maupun orang-orang di sekitarnya untuk mengingatkan dan mengarahkan untuk tidak sampai terkena dampak buruk terhadap penggunaan internet.

2. Contoh karya ilmiah tentang kesehatan

contoh karya ilmiah tentang kesehatan

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

 

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal. Semua orang ingin sehat sehingga mereka melakukan segala cara untuk bisa sehat. Ketika membiasakan diri untuk sehat, maka seluruh kehidupan kita akan baik dan tidak pernah mengalami hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kesehatan. Untuk bisa sehat, Anda bisa memulainya dari hal yang sangat sederhana, yaitu membiasakan tidur siang.

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan dijelaskan adalah “Manfaat tidur siang untuk kesehatan”

3. Tujuan Penelitan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “manfaat tidur siang untuk kesehatan”.

BAB II
PEMBAHASAN

Manfaat tidur siang untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Terhindar dari hipertensi
  • Dapat menghilangkan lelah
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Menghilangkan gelisah dan was-was

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tidur siang memang dapat membantu membuat tubuh kita sehat. Ada beberapa manfaat yang akan kita peroleh ketika membiasakan diri untuk tidur siang. Maka dari itu, sudah merupakan keharusan untuk kita meluangkan waktu sejenak di siang hari agar tubuh tetap bugar dan konsentrasi tetap terjaga.

3. Contoh karya ilmiah tentang penyimpangan karakter

karya ilmiah tentang pendidikan

Demikian penjelasan mengenai contoh karya ilmiah tentang pendidikan dan kesehatan. Semoga bermanfaat. Kami juga mengajak Anda mencermati karya ilmiah lainnya yaitu makalah tentang pendidikan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.