3 Contoh Keterampilan Teknis Dalam CV, Berwirausaha, dan Sertifikat Keahlian

Makalah.id – Apa saja yang termasuk contoh keterampilan teknis? Seperti biasa kami akan mengulas mengenai pengertian dari keterampilan teknis sebelum mulai masuk ke pembahasan tentang apa saja contohnya. Keterampilan adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang di dalam menggunakan pikiran, ide, maupun juga kreativitasnya dalam melakasanakan sesuatu sehingga sesuatu tersebut memiliki nilai yang bermanfaat. Adapun teknis adalah hal-hal yang berkaitan dengan teknis.

Lalu apa pengertian dan contoh keterampilan teknis? Keterampilan teknis yaitu sebuah cara tau teknik yang dilakukan dimana seseorang tersebut mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat atau bernilai. Kemampuan teknis ini berkaitan dengan hard skill, sementara untuk kemampuan non teknis berhubungan dengan soft skill.

Pengertian Hard Skill dan Soft Skill

1. Pengertian Hard Skill

Hard Skill merupakan kemampuan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan juga berkaitan dengan berbagai cabang ilmu lainnya yang berhubungan dengan bidang ilmu yang ia tekuni. Hard skill berkaitan dengan IQ yang tentunya berkaitan juga dengna otak kiri. Di dalam menyeimbangkan hard skill atau kemampuan teknis ini dibutuhkan soft skill.

Ada beberapa orang yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan hard skill dengan baik namun ternyata ia memiliki kekurangan di dalam mengembangkan soft skillnya. Orang tersebut nantinya malah akan berpotensi menggunakan pikiran atau ilmunya untuk menipu atau mengelabuhi orang lain serta berpotensi untuk melakukan sebuah tindakan yang bersifat merusak.

2. Pengertian Soft Skill

Soft skill adalah hasil pengembangkan dari EQ dan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk bersosialisasi. Kemampuan inilah yang nantinya bisa dikembangkan sehingga bisa menghasilkan hal yang lebih maksimal. Selain berkaitan dengan interaksi terhadap orang lain, soft skill juga berkaitan dengan bagaimana berhubungan atau berinteraksi dengan dirinya sendiri. Soft skill di sini berhubungan dengan kinerja otak kanan.

Karena berasal dari bagian otak yang berbeda, membuat soft skill juga memiliki cara pengembangan yang tidak sama dengan hard skill. Soft skill berhubungan dengan karakter, minat, bakat, dan juga hobi. Cara meningkatkannya terkadang tidak ditemukan di dunia pendidikan, seperti sekolah atau kampus.

Lalu bagaimana cara mengembangkan soft skill? Jika seseorang ingin mengembangkan soft skill, maka ia harus memotivitasi dirinya sendiri agar supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Ia juga harus mulai berinstrospoksi serta berkenan untuk mendengarkan berbagai masukan dan kritikan dari luar yang sifatnya positif dan membangun. Dengan kata lain, pengalaman hidup memiliki peranan penting di dalamm mengembangkan soft skill ini.

Seberapa Penting Hard Skill dan Soft Skill di dalam dunia kerja?

Kedua hal ini sangat diperlukan bagi anda yang ingin melamar pekerjaan atau sudah bekerja. Anda tetap harus berusaha bagaimana caranya agar kedua kemampuan ini bisa meningkat sehingga semakin menjadikan anda sebagai pribadi yang produktif. Setiap perbedaan terkadang memiliki soft skill dan hard skill yang berbeda. Maka dari itulah, anda harus pandai menyesuaiakan diri dan terus berkembang agar tetap bisa bersaing.

  • Pentingnya Soft Skill
    • Seseorang harus dibekali dengan kemampuan berbicara atau berkomunikasi yang baik agar ia mampu membaur dan bekerja sama dengan orang lain.
    • Seseorang tersebut juga diminta harus memiliki kemampuan fleksibilitas. Hal ini akan membuatnya tidak akan melaksanakan kehendak atau kemauannya sendiri ketika berada dalam rapat atau ketika ingin memutuskan atau mencetuskan sesuatu.
    • Seseorang harus dibekali dengan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. Setiap perusahaan atau instansi lain akan selalu membutuhkan sesosok pemimpin yang baik. Meskipun yang bersangkutan tidak benar-benar menjabat sebagai pemimpin secara struktural, namun ia tetap diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan, terutama ia akan menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri.
  • Pentingnya Hard Skill
    • Seseorang harus dibekali dengan kemampuan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional.
    • Seseorang harus memiliki keahlian yang dibuktikan dengan adanya gelar maupun sertifikat yang ia dapatkan. Dengan memiliki gelar maupun sertifikat atau lisensi, orang tersebut akan lebih dipercaya

Contoh Kemampuan Teknis

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh kemampuan teknis. Namun sebelum itu, silahkan anda simak informasi yang berhubungan dengan contoh CV yang menarik untuk Fresh Graduate dan contoh kata pengantar yang baik dan lengkap

Anda harus tahu juga bahwa contoh yang berkaitan dengan kemampuan teknis di sini adalah tentang kemampuan berbicara dengan menggunakan bahasa asing, kecepatan dalam mengetik, sertifikat atau gelar, dan juga kemampuan untuk memprogram komputer.

1. Contoh kemampuan teknis dalam CV

contoh keterampilan teknis

Seperti yang ada pada gambar di atas bahwa keterampilan teknis yang dimiliki oleh orang tersebut langsung dicantumkan dalamm CV. Artinya, penjelasan mengenai keterampilan teknisnya sudah dimasukkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

2. Contoh keterampilan teknis dalam berwirausaha

 

contoh keterampilan teknis

Kita tahu bahwa berwirausaha merupakan sebuah pekerjaan yang bisa menghasilkan bayaran yang menggiurkan. Namun, sebelum seseorang terjun menjadi seorang pengusaha ia harus memiliki berbagai macam hal yang diperlukan agar supaya wirausaha yang dijalankan bisa menghasilkan keuntungan yang diinginkannya.

Adapun beberapa hal yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin berwirausaha yang berhubungan dengan kemampuan teknisnya antara lain seperti di bawah ini:

3. Contoh keterampilan teknis dalam sertifikat

contoh keterampilan teknis

Seperti yang sudah kami jelaskan seseorang yang telah memiliki keterampilan teknis harus dibuktikan. Pembuktian di sini bisa berupa sertifikat maupun gelar. Dengan begitu, ketika melamar pekerjaan maka seseorang yang melihatnya akan langsung mengetahui bahwa anda memang merupakan orang yang dibutuhkan perusahaan.

Demikian informasi mengenai contoh kemampuan teknis. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.