3 Contoh Resume Buku yang Benar

Makalah.id – Seperti apa contoh resume buku yang benar? Resume merupakan sebuah aktivitas meringkas materi maupun penjelasan yang panjang untuk dibuat menjadi lebih sederhana dan singkat. Meskipun sudah disingkat, tapi masih tetap memperhatikan poin-poin penting dalam teks tersebut. Maksudnya, anda tidak boleh melupakan bagian-bagian penting pada teks tersebut agar supaya anda tidak kehilangan informasi penting.

Di dalam membuat sebuah contoh resume buku ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satunya adalah anda harus tahu apa saja hal-hal penting dalam bacaan tersebut. Anda tidak bisa langsung merangkum teks tanpa membacanya terlebih dahulu. Mengapa? Karena nanti resume yang anda lakukan harus merupakan versi singkat dari teks yang sebenarnya.

Apa itu Resume?

Seperti yang sudah kami terangkan sebelumya bahwa resume merupakan suatu kegiatan meringkas teks menjadi bagian yang lebih singkat. Teks yang diringkas bisa berupa dari buku, jurnal, dan lain sebagainya. Meskipun resume yang anda lakukan benar-benar singkat, tapi anda tidak boleh mengabaikan hal-hal penting yang ada di dalam teks tersebut.

Resume adalah suatu cara untuk meringkas teks namun masih tetap memperhatikan bagian-bagian penting yang ada di dalam teks aslinya. Selain itu, di dalam resume juga memuat penjelasan tentang simpulan yang berasal dari orang yang menulis resume tersebut. Perlu anda tahu terkadang orang masih bingung membedakan antara resume dan rangkuman. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dua hal ini merupakan satu bagian namun berbeda namanya saja.

Lalu apa bedanya antara resume dan juga rangkuman? Salah satu perbedaan dasar antara resume dan rangkuman adalah jika rangkuman, maka isinya lebih ringkas dibandingkan isi yang dimiliki oleh penulis asli. Namun resume masih memiliki ketentuan-ketentuan tertentu yang harus dipahami oleh orang yang ingin meresume sebuah karangan.

Perbedaan Resume dan Rangkuman

Berikut ini ada informasi menarik tentang apa saja yang menjadi perbedaan antara resume dan juga rangkuman. Namun sebelum itu, silahkan anda simak informasi tentang contoh portofolio kerja dan juga kata pengantar buku saku skripsi.

  • Dalam membuat resume, seseorang harus paham apa saja ketentuan atau aturan di dalam menulis resume. Salah satunya adalah tidak boleh mengabaikan pokok bahasan maupun gagasan. Sementara untuk rangkuman, isinya hanya tentang kutipan penting pada hal-hal yang menurut penulis rangkuman merupakan informasi penting yang harus dicatat.
  • Resume akan memberikan kesimpulan yang ditulis oleh peresume. Namun rangkuman tidak ada kesimpulan karena hanya sekedar menulis secara lebih ringkas.
  • Aktivitas dalam meresume harus mengikuti aturan-aturan tertentu. Namun untuk rangkuman tidak mempunyai aturan dan hanya berdasarkan poin apa saja yang dianggap perlu dicatat oleh penulis.

Langkah meresume buku

Setelah anda memahami tentang pengertian dan perbedaan antara resume dengan rangkuman. Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara meresume buku yang benar. Dengan mempelajari informasi ini dapat membuat anda bisa meresume buku dengan baik dan malah tidak merangkumnya.

  • Baca teks aslinya terlebih dahulu
    • Sebelum anda mulai membuat resume, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membaca teks aslinya terlebih dahulu. Anda tidak akan bisa membuat resume yang baik tanpa harus membaca teks tersebut sampai tuntas.
    • Ketika anda memaksa untuk tetap meresume tanpa membaca teks asli, bisa-bisa tulisan anda malah tidak kalah banyak dengan teks aslinya.
    • Akibatnya juga bisa anda malah melewatkan bagian-bagian penting yang dijelaskan di dalam teks asli.
  • Catat bagian penting
    • Mencatat bagian penting merupakan salah satu cara untuk mempermudah anda dalam meresume. Selama anda membaca teks asli, maka anda harus juga siap mencatat informasi apa saja yang kiranya penting untuk anda catat.
    • Pastikan anda menulis gagasan pokok karena ia merupakan informasi yang sangat penting yang tidak boleh anda lewatkan.
    • Ketika anda sudah menulis beberapa poin penting, dari sini anda bisa mulai menarik benang merah karena sebelumnya anda sudah mencatat informasi penting yang ada dalam buku.
  • Mulai menulis
    • Jika dua langkah di atas telah anda lakukan, maka cara ketiga adalah mulai menulis resume. Pastikan anda menulis resume sesuai dengan urutannya.
    • Anda juga bisa menulis resume menjadi poin-poin yang bertujuan memudahkan pembaca. Meskipun begitu, tetap yang lebih baik adalah menulis dalam bentuk paragraf.
    • Jangan lupa untuk menggunakan kalimat dan tulisan anda sendiri. Ingat, jangan sampai anda melewatkan bagian penting yang ada di dalam teks tersebut.
    • Hal yang harus anda perhatikan juga adalah jangan sampai anda menulis resume menggunakan bahasa yang ditulis oleh penulis aslinya. Mengapa? Karena hal ini malah menyebabkan anda terkena apa yang namanya plagiarisme.
    • Jika memang diperlukan, maka anda dapat mengutip pendapat penulis aslinya dengan cara mengutip yang benar. Salah satunya adalah dengan memeberikan tanda petik atau tanda kutip.
    • Hal yang tidak kalah penting adalah anda jangan sampai menggunakan bahasa yang sulit dipahami. Anda harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lebih santai agar pembaca bisa paham isi resume anda.
  • Baca resume anda
    • Jika anda sudah selesai melakukan resume, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan membaca resume anda kembali.
    • Mengapa anda harus membaca resume anda kembali? Salah satu alasannya adalah untuk mengetahui apakah resume anda terdapat kesalahan ketik atau typo.
    • Selain itu, anda juga harus memperhatikan apakah gagasan resume anda sudah sesuai dengan gagasan yang ada pada teks asli.

1. Resume buku tema pengetahuan (perubahan sosial)

contoh resume buku

contoh resume buku

contoh resume buku

contoh resume buku

2. Resume buku novel (gadis pantai)

contoh resume buku

contoh resume buku

contoh resume buku

contoh resume buku

contoh resume buku

contoh resume buku

3. Resume buku ilmu pendidikan islam

contoh resume buku

contoh resume buku

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.