3 Contoh Soft Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Profesional

Makalah.id – Apa saja yang termasuk contoh soft skill? Kami yakin anda mungkin pernah mendengar istilah ini. Soft Skill merupakan sebuah istilah yang biasanya disandingkan dengan Hard Skill. Jika Hard Skill merupakan sebuah kemampuan yang bisa kita pelajari di sekolah, baik melalui buku, praktek, maupun juga penjelasan guru. Namun hal ini berkebalikan dengan Soft Skill. Kemampuan Soft Skill ini cenderung lebih sulit didapatkan dan juga diukur serta memiliki sifat yang subjektif.

Namun bukan berarti Soft Skill tidak dapat dilatih. Soft Skill merupakan sebuah keterampilan yang berkaitan dengan interpersonal dimana contoh soft skill berhubungan karakter dan kepribadian seseorang. Soft Skill terkadang tidak bisa hanya diperoleh melalui bangku sekolah karena ia cenderung berkaitan dengan pengalaman hidup. Dengan kata lain, skill yang satu ini berhubungan dengan bagaimana cara anda berinteraksi, bersikap, dan juga berkomunikasi.

Baik Soft Skill maupun juga Hard Skill merupakan dua hal yang sangat penting yang diperlukan dalam dunia kerja. Keduanya ini merupakan hal yang akan membuat anda menjadi seseorang yang hebat dan bahka disegani, baik di lingkungan kerja, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan keluarga. Maka dari itu, seseorang bukan hanya dituntut mengembangkan Hard Skill-nya, melainkan juga dituntut agar supaya bisa mengembangkan Soft Skill-nya.

Contoh Soft Skill Yang Berguna Di Zaman Sekarang

Ada beberapa hal yang menjadi contoh Soft Skill yang perlu anda ketahui. Contoh-contoh yang kami berikan ini merupakan hal yang sangat berguna di masa sekarang, khususnya jika anda ingin bersaing dengan orang lain demi menjadi yang terbaik karena memang hidup ini penuh dengan persaingan. Persaingan yang anda lakukan bukan hanya berkaitan dengan akademik saja, melainkan hal-hal non akademik seperti karakter dan cara berkomunikasi anda juga menjadi hal yang diperhitungkan.

Di bawah ini ada beberapa contoh Soft Skill yang perlu anda ketahui dan harus anda tanamkan di dalam diri dan kehidupan sehari-hari anda. Namun sebelum itu silahkan simak informasi mengenai contoh surat referensi kerja.

1. Contoh soft skill dalam CV

contoh soft skill

Ada banyak hal yang berkaitan dengna soft kill yang harus terdapat pada CV. Perusahaan akan jauh lebih terkesan dan tertarik kepada seseorang yang bukan hanya bisa mencarikan solusi atas masalah secara teknikal, melainkan ia juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan sangat baik. Kemampuan komunikasi ini masuk ke dalam soft skill atau kemampuan lunak yang akan selalu berguna untuk kehidupan sehari-hari dimana pun dan kapan pun.

Kemampuan ini dianggap akan memberikan keuntungan yang lebih besar terhadap perusahaan atau instansi tempat ia bekerja, dibandingkan dengan seseorang yang hanya mampu memecahkan masalah dengan berpedoman pada aturan-aturan teknis.

Beberapa soft skill yang juga harus ada dalam CV dan dimiliki oleh setiap karyawan atau pegawai yaitu seperti di bawah ini:

  • Komunikasi yang baik
  • Selalu menjadi seseorang yang bisa diandalkan.
  • Memiliki cara berpikir yang kritis.
  • Bersikap sosial 
  • Memiliki cara berpikir yang kreatif.
  • Memiliki kemampuan pengorganisir yang baik.
  • Memiliki keahlian untuk bisa beradaptasi dengan baik.
  • Memiliki kemampuan mudah bergaul, membaur, atau berteman.

2. Contoh soft skill perawat

contoh soft skill

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa apapun profesinya sudah tentu membutuhkan perpaduan antara Soft Skill dan Hard Skill. Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai seorang perawat, penting bagi anda untuk memahami apa saja keahlian halus yang harus anda miliki. Pasien yang datang kepada anda sudah seharusnya mendapatkan perawatan dan penanganan yang baik agar supaya ia bahagia di sela-sela sakit yang dideritanya.

Seorang pasien harus mendapatkan perawatan yang bukan hanya secara manusiawi, melainkan harus membebaskannya dari rasa takut. Maka dari itu perawat harus memiliki beberapa Soft Skill yang baik agar supaya ia bisa menjadi perawat yang profesional dan teladan bagi semuanya. Di bawah ini akan kami berikan beberapa keahlian halus yang harus dimiliki oleh seorang perawat.

  • Sikap positif, seorang perawat harus senantiasa menunjukkan sikap positif kepada pasiennya. Kita tahu bahwa pasien datang dengan membawa hal-hal negatif yang membuatnya merasa takut dan sedih. Di sinilah peran perawat untuk memberikan hal-hal positif kepada pasien dengan memberikan motivasi dan kepedulian kepada pasien tersebut.
  • Etika, seorang perawat juga harus selalu menunjukkan etika yang baik kepada pasien. Meskipun sebenarnya perawat tersebut memiliki masalah lain seperti masalah keluarga, namun hal ini tidak bisa dijadikan alasan perawat tersebut tidak menjaga etikanya. Etika dalam setiap kehidupan memang sangat diperlukan karena akan membuatnya menjadi seorang pribadi yang baik dan disegani.
  • Manajemen waktu, perawat juga harus dibekali dengan manajemen yang baik sehingga ia bisa menjadi seorang yang selalu tepat waktu dan menjalankan seluruh tugasnya dengan baik.
  • Percaya diri, soft skill yang satu ini juga tidak kalah penting dimiliki oleh seorang perawat. Mereka harus hadir dengan rasa percaya diri agar supaya pasien juga merasa bahwa perawat tersebut merupakan sosok yang sudah berpengalaman dan akan bekerja secara profesional.

3. Contoh soft skill yang dimiliki oleh profesional muda

Ada beberapa soft skill yang harus dimiliki bagi profesional muda. Beberapa contoh tersebut antara lain:

  • Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.
  • Memiliki keahlian dalam berpikir kritis terhadap masalah dan juga mampu memberikan solusi.
  • Memiliki sifat rasa ingin tahu yang tinggi dan juga kreatif serta inovatif yang tentunya akan membuatnya akan terus berkembang menjadi seorang profesional yang handal.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan meskipun secara teknis ia bukan seorang pemimpin.

Demikian penjelasan seputar contoh soft skill. Kami juga menyarankan agar anda menyimak penjelasan lain mengenai beberapa referensi curricullum vitae dan contoh surat lamaran kerja.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.