3 Contoh Surat Keterangan Penghasilan Perusahaann, Beasiswa, dan Karyawan

Makalah.id – Bagaimana cara membuat surat keterangan penghasilan? Dari namanya sudah bisa kita ketahui bahwa surat ini di dalamnya berisi tentang penghasilan yang dimiliki oleh seseorang. Surat ini juga merupakan surat resmi sehingga ketika Anda harus membuatnya, maka Anda harus memperhatikan bahasa, diksi, dan struktur kebahasaan Anda sehingga surat tersebut benar-benar dinamakan sebagai surat keterangan penghasilan.

Tujuan dari  pembuatan surat keterangan penghasilan adalah untuk memberikan informasi secara detail mengenai penghasilan seseorang. Biasanya surat ini akan dikeluarkan oleh atasan untuk diberikan kepada seseorang yang memang berkepentingan atau membutuhkan surat ini. Terdapat beberapa jenis surat keterangan untuk penghasilan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada surat keterangan penghasilan PNS, pengusaha, maupun pejabat negara dan pekerjaan lainnya.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

surat keterangan penghasilan

Untuk bisa membuat surat ini, hal pertama yang perlu Anda perhatikan bahasa yang harus Anda gunakan. Surat ini termasuk ke dalam surat resmi sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa formal. Di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh dari surat keterangan penghasilan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk membuat surat penghasilan versi Anda sendiri. Jadi ketika Anda diminta membuat atau melihat surat ini, Anda bisa tahu bagian apa saja yang harus tertuang di dalam surat tersebut.

1. Contoh surat keterangan penghasilan perusahaan

contoh surat keterangan penghasilan perusahaan

PT. Setia Jaya Ajaib

Jl. Teratai Putih No. 15, Surabaya

No. Telp. (021) 765543 No. HP: 08976554341

Surabaya, 15 September 2019

Hal: Surat Keterangan Penghasilan

No. 201/September/HRD/2019

Nama: Mukhammad Andika Suprapto

TTL: Surabaya, 10 Juli 1985

Jabatan: HRD

Menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:

Nama: Andika Susanto Febriyanto

TTL: Semarang, 11 Agustus 1990

Jabatan: Staff Purchasing

Mulai tanggal 1 Mei 2017 saudara yang namanya tersebut di atas masih aktif menjadi karyawann di PT. Setia Jaya Abadi dan perusahaan juga masih memberikan penghasilan. Adapun rincian penghasilan yang diterima adalah sebagai berikut:

  • Gaji Pokok : Rp. 3.000.000
  • Tunjangan Makan: Rp. 700.000
  • Tunjangan Transportasi : Rp. 600.000.
  • Tunjangan Kesehatan : Rp. 300.000.

Adapun keseluruhan gaji yang diterima oleh Andika Susanto Febriyanto sebesar Rp. 4.600.000 (empat juta enam ratus ribu rupiah).

Surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

Hormat Kami,

 

HRD

2. Contoh surat keterangan penghasilan untuk keperluan beasiswa

contoh surat keterangan penghasilan untuk keperluan beasiswa

surat keterangan penghasilan

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa surat keterangan ini digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk mengajukan beasiswa. Seseorang yang mengajukan beasiswa biasanya akan diminta untuk menyerahkan surat keterangan gaji atau penghasilan orang tua. Bagi orang tua yang bekerja di perusahaan sudah tentu tidak masalah karena mereka tinggal meminta surat tersebut ke perusahaannya.

Sama halnya dengan mereka yang bekerja di instansi pemerintahan yang mana surat keterangan penghasilan sudah tinggal diminta. Lalu bagaimana dengan mereka yang bekerja di tempat yang bisa mengeluarkan surat keterangan gaji? Jangan khawatir karena Anda bisa membuatnya sendiri. Namun tentu Anda harus paham seperti apa strukturnya dan poin apa saja yang perlu Anda masukkan.

Di bawah ini akan kami berikan satu contoh surat keterangan gaji atau penghasilan yang Anda peroleh.

SURAT KETERANGAN

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Mukhammad Rakib Atid

NIK: 65789098765

Alamat: Jl. Pekalongan No. 15, Kecamatan Suka Maju, Kabupaten Suka Mundur

Pekerjaan: Kuli Bangunan

Surat ini menyatakan bahwa saya benar-benar berpenghasilan kurang lebih Rp. 1.000.000 setiap bulannya. Penghasilan yang saya dapatkan berupa rincian sebagai berikut:

  • Gaji Pokok: Rp. 500.000
  • Uang Makan: Rp. 300.000
  • Uang Transport: Rp. 200.000

Demikian surat keterangan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagai keperluan semestinya.

Surabaya, 15 Agustus 2019

 

Mukhammad Rakib Atid

3. Contoh surat keterangan penghasilan untuk karyawan

contoh surat keterangan penghasilan untuk karyawan

Perlu dipahami bahwa karyawan pun juga terkadang membutuhkan surat keterangan penghasilan. Keperluannya ini biasanya tidak selamanya disebabkan oleh faktor eksternal. Maksudnya, karyawan yang bersangkutan ingin memperoleh informasi mengenai gajinya selama ini. Mereka hendak menyesuaikan antara jumlah uang yang didapatkan dengan bukti berupa surat keterangan tersebut.

Siapa yang berhak mengeluarkan surat ini? Sudah tentu yang memiliki hak adalah HRD maupun pihak-pihak pemangku jabatan di perusahaan yang memang telah diberikan wewenang untuk mengeluarkan surat tersebut. Di bawah ini akan kami berikan contoh tentang seperti apa surat keterangan penghasilan bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan.

PT. SIDO DADI MULYO

Jl. Ahmad Tsabiq Khabiburrahman No. 51, Surabaya

Telp. (021) 551115 Telp: 087675561783

Surabaya, 20 September 2019

Hal: Surat Keterangan Penghasilan

No. 15/HRD/SKG/IX/2019

SURAT KETERANGAN

Nama: Mukhammad Suprapto Joyo Kusumo

TTL: Surabaya, 10 April 1985

Jabatan: HRD

Menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:

Nama: Andika Prapto Febriyanto

TTL: Semarang, 11 April 1990

Jabatan: Admin Gudang

Memberitahukan jika tanggal 1 Mei 2017 saudara yang namanya telah tersebut di atas benar-benar masih aktif menjadi karyawann di PT. Sido Dadi Mulyo dan perusahaan juga masih memberikan penghasilan. Adapun mengenai rincian penghasilan yang diterima oleh sudara adalah sebagai berikut:

  • Gaji Pokok : Rp. 2.500.000
  • Tunjangan Makan: Rp. 800.000
  • Tunjangan Transportasi : Rp. 500.000.
  • Tunjangan Kesehatan : Rp. 500.000.

Adapun keseluruhan gaji yang diterima oleh Andika Susanto Febriyanto sebesar Rp. 4.300.000 (empat juta tiga ratus ribu rupiah).

Surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

Hormat Kami,

 

HRD

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai contoh surat keterangan gaji. Sepeti yang Anda lihat bahwa kesimpulannya adalah surat ini berisi informasi mengenai rincian gaji yang diterima oleh seseorang. Surat ini memiliki isi atau keterangan yang tidak jauh berbeda dengan surat keterangan biasa. Yang membedakan adalah isi dan tujuan dari surat tersebut.

Menegenai rincian gaji tersebut, biaanya diperlukan untuk berbagai kepentingan, apakah kepentingan pribadi maupun kepentingan orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.