3 Contoh Surat Peringatan 2 Siswa, Guru, dan Organisasi

Makalah.id – Bagaimana jika anda diminta membuat contoh surat peringatan 2? Apakah anda langsung menyanggupinya atau masih berpikir ulang? Sebenarnya, surat peringatan 2 tidak jauh berbeda dengan surat peringatan yang lainnya. Hanya saja surat ini muncul ketika yang bersangkutan sudah menerima surat peringatan 1 atau yang pertama. Surat ini termasuk ke dalam surat resmi sehingga bagi siapapun yang membuatnya harus memahami setiap kata yang harus dituangkan.

Maksudnya, di dalam pembuatan contoh surat peringatan 2 harus menggunakan bahasa yang formal. Lalu bagaimana cara membuat surat peringatan tersebut? Sebelum membahas lebih lanjut tentang contoh-contohnya, kami akan terlebih dahulu memberikan informasi kepada anda tentang pengertian dari surat peringatan 2 atau SP2.

Pengertian Surat Peringatan 2

Surat peringatan 2 adalah sebuah surat yang dikirimkan kepada seseorang karena ia telah mengabaikan surat peringatan 1. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa surat ini tidak akan dikirimkan kepada yang bersangkutan sebelum ia menerima surat peringatan pertama. Surat ini hanya akan dikirimkan setelah yang bersangkutan tidak kunjung merespon peringatan pertama setelah diberi beberapa jangka waktu tertentu.

Di dalam pembuatan surat ini tidak jauh berbeda dengan surat peringatan sebelumnya. Namun perbedaan yang sebenarnya terletak pada maksud dikirimkannya surat peringatan kedua tersebut dan isinya tentang apa saja. DI bawah ini akan kami jelaskan beberapa contohnya untuk anda. Dengan begitu, anda bisa menjadikannya sebagai bahan referensi ketika anda nanti diminta untuk membuat surat peringatan 2.

1. Contoh surat peringatan 2 untuk siswa

contoh surat peringatan 2 untuk siswa

PEMERINTAH KOTA LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 1 LAMPUNG
Jl. Pendidikan Indonesia No. 123, Lampung
Telp. 061 – 123561; Fax : 061-124561
Email : [email protected]

SURAT PERINGATAN
Nomor : 123/SMAN2/03/2019

Surat ini diterbitkan oleh SMP Negeri 2 Lampung untuk kemudian ditujukan kepada siswa :

Nama:Muhammad Haris Maulana
NISN:243567898765
Kelas:X SMA Negeri 2 Lampung

Lembaga pendidikan, dalam hal ini SMP Negeri 2 Lampung telah membuat peraturan dengan tujuan agar seluruh siswa/i selalu bisa hadir tepat waktu pada jam 07.15 setiap hari sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan para siswa/i tanpa terkecuali.

Surat ini diterbitkan sebagai tindak lanjut dari surat peringatan 1 yang telah dikirimkan sebelumnya. Tujuannya agar bisa dipatuhi dan diikuti oleh siswa sesuai dengan nama tersebut dikarenakan siswa yang bersangkutan tetap melakukan tindakan indisipiliner yaitu terlambat masuk sekolah selama 3 hari berturut turut. Selain itu, siswa yang bersangkutan juga tidak bisa menjelaskan alasan yang jelas dan bisa diterima.

Kami berharap agar supaya surat peringatan 2 ini nantinya dapat dijadikan sebagai pedoman dan instrospeksi diri agar yang bersangkutan lebih disiplin ke depannya bagi siswa tersebut. Jika ternyata siswa yang bersangkutan masih tetap mengulangi kesalahan yang sama dan atau kesalahan yang lain dalam waktu sekurang-kurangnya 1 (satu) bulan, maka lembaga sekolah akan mengeluarkan SP3 atau Surat Peringatan 3.

Demikian surat peringatan ini kami terbitkan, agar bisa dijadikan sebagai pedoman dan digunakan sebagaimana mestinya.

Lampung, 10 Maret 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Lampung,

Andika Syahputra, M. Pd.

contoh surat peringatan 2

2. Contoh surat peringatan 2 untuk guru

contoh surat peringatan 2 untuk guru

PEMERINTAH KOTA BANDUNG
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
KOTA BANDUNG
Jl. Pendidikan Indonesia No. 123, Bandung
Telp. 061 – 123561; Fax : 061-124561
Email : [email protected]

SURAT PERINGATAN
Nomor : 123/SMAN2/03/2019

Surat Peringatan ini diterbitkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandung untuk kemudian ditujukan kepada siswa :

Nama:Muhammad Haris Maulana
NIP:243567898765
Jabatan:Guru Bahasa Indonesia

Lembaga pendidikan, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandung telah membuat peraturan dengan tujuan agar seluruh Pegawai Negeri Sipil selalu bisa hadir tepat waktu pada jam 07.00 setiap hari sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan para guru tanpa terkecuali, kecuali dengan alasan yang dibenarkan.

Surat peringatan ini diterbitkan sebagai tindak lanjut dari surat peringatan 1 yang telah dikirimkan sebelumnya. Tujuannya agar bisa dipatuhi dan diikuti oleh siswa sesuai dengan nama tersebut di atas dikarenakan siswa yang bersangkutan tetap melakukan tindakan indisipiliner yaitu terlambat masuk sekolah selama 4 hari berturut turut. Selain itu, siswa yang bersangkutan juga tidak bisa memberikan alasan yang jelas dan bisa diterima.

Kami berharap agar supaya surat peringatan 2 bisa dijadikan sebagai pedoman dan instrospeksi diri agar yang bersangkutan lebih disiplin ke depannya bagi guru tersebut. Jika ternyata guru dengan namanya tercantum di atas masihtetap mengulangi kesalahan yang sama dan atau kesalahan yang lain selama jangka sekurang-kurangnya 1 bulan, maka lembaga akan mengeluarkan SP3 atau surat peringatan 3.

Demikian surat peringatan ini kami terbitkan, agar bisa dijadikan sebagai pedoman dan digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 11 Maret 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidkan dan Kota Bandung,

Mahfud Syahputra, M. Pd.

3. Contoh surat peringatan 2 organisasi

contoh surat peringatan 2 organisasi

 

PEMERINTAH KOTA LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 BEKASI
Jl. Pendidikan Indonesia No. 123, Bekasi
Telp. 021 – 125561; Fax : 021-125561
Email : [email protected]

SURAT PERINGATAN
Nomor : 123/SMAN2/04/2019

Surat ini diterbitkan oleh SMA Negeri 2 Bekasi untuk kemudian ditujukan kepada siswa :

Nama:Muhammad Basid Salim
NISN:243567898765
Kelas:XI SMA Negeri 2 Bandung

Surat ini diterbitkan dengan maksud menindaklanjuti surat peringatan 1 yang telah dikirimkan 1 bulan yang lalu. Alasan pengiriman surat peringatan 2 karena nama yang bersangkutan di atas masih belum merespon surat peringatan 1 yang memberitahu bahwa siswa yang namanya tercantum di atas tidak mengikuti kegiatan organisasi sebanyak 3 kali secara berturut-turut tanpa alasan yang jelas.

Untuk itu, diharapkan agar siswa yang bersangkutan dapat memberikan respon setidaknya 1 bulan setelah surat ini diterima. Jika dalam kurun waktu tersebut siswa yang namanya tertulis di atas tidak kunjung memberikan respon, maka lembaga akan mengirimkan surat peringatan 3.

Demikian surat peringatan 2 ini kami sampaikan. Semoga bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi semuanya.

Bekasi, 15 Maret 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bekasi,

Andika Kangen Band, M. Pd.

Demikian penjelasan dari kami tentang contoh surat peringatan 2. Kami juga akan membagikan informasi lainnya seputar surat peringatan dan contoh surat peringatan. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.