3 Contoh Surat Peringatan atau Teguran Kerja dan Tagihan

Makalah.id – Tahukah anda contoh surat peringatan yang baik dan benar? Jika berbicara tentang surat peringatan, tentu yang ada di pikiran kita bahwa surat tersebut nanti akan digunakan untuk memberikan peringatan terhadap seseorang atas apa yang telah ia lakukan. Surat ini akan dikeluarkan oleh perusahaan, organisasi, atau instansi lainnya untuk memberikan teguran kepada seseorang karena ia melakukan pelanggaran yang jelas tidak sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam perusahaan, organisasi, atau instansi tersebut.

Bagi anda yang saat ini memiliki hak atau bekerja sebagai seseorang yang diminta membuat surat peringatan, anda harus paham tentang seperti apa surat yang harus anda buat tersebut. Maka dari itu, penting bagi anda memahami tentang seperti apa contoh surat peringatan yang baik dan sesuai dengan ketentuan. Meskipun surat ini berupa peringatan, namun masih tergolong surat resmi sebagaimana surat resmi lainnya seperti surat kerjasama.

Contoh Surat Peringatan atau SP

Surat peringatan juga dinamakan sebagai SP. Surat peringatan ini biasanya diberikan secara bertahap. Yakni mulai tahap I sampai tahap III. Jika sudah mencapai tahap III, kemungkinan yang bersangkutan akan dikeluarkan alias dipecat dari tempat ia bekerja. Oke langsung saja simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Contoh surat peringatan kerja

contoh surat peringatan kerja

contoh surat peringatan

PT. Pejuang Sejati
Jl. Patih Gajah Mada II No: 9, Graha Cakrawala, Bandung
Telp: 087456789765
email: [email protected]

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP 1)
Nomor : 70/HRD-AG/VII/2019

Dibuat oleh PT. Pejuang Sejati untuk ditujukan kepada:

Nama: Mukhammad Andika Mahesa
Jabatan: Staff Accounting

Berkaitan dengan indisipliner dan pelanggaran terhadap tata tertib  yang dilakukan oleh saudara Mukhammad Andika Mahesa, yakni berdasarkan hasil pengamatan dan penyelidikan oleh tim yang dibentuk oleh perusahaan menunjukkan bahwasa saudara Mukhammad Andika Mahesa tidak mampu mencapai target  yang diharapkan dan sudah disepakati bersama Tim Manajemen pada bulan Juni dan Juli 2019.

Sebagai seorang karyawan, Saudara sudah selayaknya berkewajiban untuk menjaga dan mematuhi tata tertib kerja serta bersedia meningkatkan performa dan kualitas kerja Saudara berdasarkan yang diharapkan oleh Perusahaan PT. Pejuang Sejati.

Maka dari itu, melalui berbagai pertimbangan tersebut perusahaan memutuskan untuk memberikan surat peringatan pertama (Sp 1) dengan beberapa ketentuan seperti berikut:

  1. Surat peringatan ini mulai berlaku mulai 1 (satu) bulan ke depan sejak pertama kali diterbitkan.
  2. Apabila selama kurun waktu 1 (satu) bulan ke depan tersebut Saudara Mukhammad Andika Mahesa tidak bermasalah di dalam performa dan kualitas kerja yang menjadi dasar dari diterbitkan surat peringatan ini, maka surat peringatan pertama yang sudah dikeluarkan untuk Saudara dinyatakan tidak berlaku.
  3. Sementara, jika dalam waktu 1 (satu) bulan sejak surat peringatan pertama ini diterbitkan performa dan kualitas kerja Saudara Mukhammad Andika Mahesa malah semakin menurun, maka PT. Pejuang Sejati akan memberikan surat peringatan yang ke-2.
  4. Selama masa berlakunya peringatan ini dan selama belum melebihi jangka waktu 1 (satu) bulan semenjak surat peringatan ini diterbitkan, maka Saudara dilarang  mengajukan cuti dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan ke depan.

Demikian surat peringatan ini dibuat dan diterbitkan agar bisa dijadikan sebagai perhatian serta pelajaraan dalam rangka mentaati peraturan perusahaan.

Hormat kami,

Jakarta, 18 Juli 2019

Mengetahui,

 

Mukhammad Ustman Sanchez                                                        Mukhammad Agung Laksono

 

Kepala HRD                                                                                          Direktur Utama

 

2. Contoh surat peringatan bank

contoh surat peringatan bank

contoh surat peringatan

Bank Rakyat Indonesia

Jakarta, 15 Juli 2019

Nomor: 888 / 111 / 222 / 2019

Lampiran: –

Perihal: Teguran pembayaran

Yang terhormat,

Manager

PT. Kencana Mulya

Jalan Simpang Asih Tujuh, Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Dengan ini kami ingin memberitahukan bahwa berdasarkan data pembukuan yang dimiliki oleh Bank Rakyat Indonesia, bahwa perusahaan PT. Kencana Mulya yang berlokasi di jalan simpang asih tujuh, Jakarta Selatan masih belum melakukan pembayaran terhadap tagihan yang harus dilunasi sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Hal ini sesuai dengan data di pembukuan kami yang juga sudah kami lampirkan bersama surat ini.

Kami mengharapkan bahwa perusahaan PT. Kencana Mulya untuk segera melakukan pembayaran terhitung maksimal 3 hari semenjak surat ini dikirimkan. Jika dalam tempo tersebut masih belum adanya pembayaran yang dilakukan oleh PT. Kencana Mulya, maka Bank Rakyat Indonesia akan melakukan tindakan tegas dengan langsung memberikan denda sebanyak 30% sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui.

Demikian surat peringatan ini kami kirimkan. Semoga perusahaan PT. Kencana Mulya segera melakukan pembayaran terhadap tagihan tersebut.

Jakarta, 12 Juli 2019

Mukhammad Andika Mahesa

Manajer Keuangan

3. Contoh surat peringatan absensi karyawan

contoh sruat peringatan karyawan

PT. Graha Candhi
Jl. Patih Gajah Mada IV No: 9, Graha Candhi, Bandung
Telp: 087456789765
email: [email protected]

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP 1)
Nomor : 70/HRD-GC/VIII/2019

Dibuat oleh PT. Graha Candhi untuk ditujukan kepada:

Nama: Mukhammad Andika Mahesa
Jabatan: Staff Marketing

Berkaitan dengan indisipliner  yang dilakukan oleh saudara Mukhammad Andika Mahesa, yakni telah absen lebih dari 3 hari secara berturut-turut dan tanpa keterangan mulai tanggal 12 Juli sampai 15 Juli 2019. Maka kami selaku manager PT. Graha Candhi telah mengeluarkan surat peringatan pertama atau Sp 1 dengan ketentuan seperti di bawah ini:

  1. Saudara Andika Mahesa berkewajiban untuk menemui HRD dan memberikan alasan kenapa melakukan tindakan indisipliner tersebut.
  2. Saudara Mukhammad Andika Mahesa juga harus mengganti hari yang ditinggalkannya tersebut dengan melakukan kerja lembur seperti jam biasa, namun tanpa diberi bayaran lembur.
  3. Jika semenjak surat ini diturunkan namun saudara Mukhammad Andika Mahesa tidak kunjung memberikan tanggapan atau tidak kunjung memenuhi poin satu dan dua, maka perusahaan PT. Graha Candhi akan melayangkan surat peringatan kedua atau Sp-2.

Demikian surat peringatan ini dibuat dan dijadikan sebagai sebuah pelajaran untuk lebih bersikap profesional demi kepentingan perusahaan PT. Graha Candhi dan untuk kepentingan karyawan.

Hormat kami,

Jakarta, 18 Juli 2019

Mengetahui,

 

Mukhammad Ustman Sanchez

Kepala HRD

Demikian penjelasan dari kami seputar contoh surat peringatan. Kami juga ingin memberikan contoh lain dari surat peringatan yaitu surat teguran. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.