3 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Perusahaan Segala Keperluan

Makalah.id – Bagaimana cara membuat contoh surat perjanjian kerjasama perusahaan? Surat ini secara teori memang tidak ada bedanya dengan surat perjanjian pada umumnya. Surat ini di dalamnya berisi informasi berkenaan dengan perjanjian yang dilakukan antara kedua pihak. Jadi, nanti Anda akan menemukan ada pihak 1 dan pihak 2 yang sedang berjanji mengenai hal-hal tertentu demi memperoleh keuntungan bersama.

Ketika Anda membuat contoh surat perjanjian kerjasama perusahaan, Anda harus paham apa saja poin-poin yang perlu Anda tuangkan di dalam surat tersebut. Jangan sampai surat yang Anda buat nanti menyebabkan multi tafsir sehingga harus ada informasi yang benar-benar lengkap dan jelas mengenai perjanjian yang dilakukan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan penjelasan yang kami berikan di bawah ini.

Surat Perjanjian Kerjasama Perusahaan

Sudah merupakan hal yang wajar jika sebuah perusahaan melakukan hubungan kerjasama dengan seseorang, instansi, maupun perusahaan yang lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat perusahaan tersebut semakin meningkat sehingga bisa menjadi salah satu perusahaan terbaik di bidangnya dimana sekarang persaingan semakin lama semakin ketat.

Karena perjanjian yang dilakukan bersifat resmi tentunya tidak bisa hanya melalui ucapan dan foto saja. Perjanjian tersebut harus dilakukan di atas hitam putih yang artinya ada sebuah bukti berupa tulisan yang menyatakan bahwa pihak-pihak tersebut telah berjanji mengenai hal-hal tertentu. Selain itu, biasanya surat perjanjian ini akan dilampirkan nama-nama saksi yang nantinya akan menjadi penengah ketika dikhawatirkan terjadi miskomunikasi.

Yang tidak kalah penting adalah surat ini harus memiliki materai yang mungkin Anda sudah paham betul apa fungsi materai pada surat perjanjian atau surat pernyataan yang sudah banyak beredar sekarang ini.

1. Contoh surat perjanjian kerjasama perusahaan dan investor

contoh surat perjanjian kerjasama perusahaan dan investor

PT. AKU PADAMU SELAMANYA

Jalan Putera Bangsa No. 15 Surakarta

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Mukhammad Ali Luqman

Alamat: Jl. Putera Daerah No. 15 Surabaya

No. KTP: 456789765409

Jabatan: Manager Accounting

Bertindak atas nama PT. Aku Padamu Selamanya dan selanjutnya disebut dan berperan sebagai Pihak Pertama.

Nama: Andika Setiawan Jaya

Alama: Jl. Kedondong Barat, No. 20 Surakarta

No. KTP: 465789087564

Jabatan: Pengusaha

Selanjutnya dinamakan dan berperan sebagai Pihak Kedua.

Pasal 1

BENTUK KERJASAMA

Menerangkan bahwa Pihak Pertama dan Pihak Kedua sudah bersepakat untuk menjalin kerjasama demi mencapai keuntungan bersama. Pihak Pertama yang mewakali PT. Aku Padamu Selamanya yang merupakan perusahaan tekstil sedang berusaha untuk memajukan perusahaan. Untuk mencapai target-target yang sudah ditentukan, maka perusahaan telah menjalin kerjasama dengan Saudara Andika Setiawan Jaya yang nantinya akan menjadi investor.

Pasal 2

BATAS WAKTU KERJASAMA

Kedua pihak juga sudah mencapai kesepakatan bahwa Pihak Kedua akan memberikan modal kepada perusahaan selama 1 (satu) tahun. Jika salah satu atau kedua pihak hendak memajukan pembaruan kerjasama untuk jangka waktu yang lebih lama, maka proposal pengajuan bisa diajukan paling lambat 2 bulan sebelum perjanjian berakhir.

Pasal 3

PEMBAGIAN HASIL

Mengenai sistem bagi hasil yang sudah disepakati adalah berupa uang tunai yang berasal dari pendapatan kerjasama tersebut. Untuk jumlah pembagian hasil yang sudah disepakati adalah:

  1. Pihak pertama akan mendapatkan 40% (empat puluh lima persen) dari hasil pendapatan perusahaan
  2. Pihak kedua akan mendapatkan 60% (enam puluh persen) dari hasil pendapatan perusahaan

Adapun mengenai bagi hasil telah disepakati akan diberikan secara tunai pada acara tutup buku untuk satu siklus yaitu dalam jangka waktu 37 (tiga puluh tujuh) hari. Setelah itu, kedua pihak juga sepakat membuka rekening bersama pada bank yang sudah disepakati.

Pasal 4

HAK dan Kewajiban

Pihak pertama memiliki beberapa hak dan kewajiban, yaitu:

  • Memiliki wewenang dalam mengelola penjualan
  • Memiliki wewenang dalam memproduksi dan juga menjual tekstil ke konsumen.
  • Memiliki hak untuk membuat planning atau perencanaan pemasaran dan juga pendistribusian dari hasil produksi kepada supplier atau pemasok, konsumen, maupun pedangan.
  • Berkewajiban untuk membuat laporan yang berkaitan dengan keuangan pada setiap transaksi yang dilakukan maupun dibuat secara periodik untuk ditunjukkan pada Pihak Kedua.
  • Pihak Pertama memiliki tanggung jawab yang berkaitan dengan keuntungan maupun pengembalian modal pada Pihak Kedua sesuai dengan yang ada di pasal 2 dan juga pasal 3.

Sementara untuk hak dan kewajiban yang dimiliki oleh pihak kedua yaitu:

  • Berkewajiban untuk menyediakan serta memberikan modal pada Pihak Pertama sebesar Rp. 400.000.000 (empat ratus juta rupiah) seperti nominal yang sudah disepakati sebelumnya.
  • Berkewajiban untuk bersama-sama dengan pihak pertama dalam mengembangkan usaha dari pihak pertama gar nanti dapat memenuhi target yang sudah ditentukan.
  • Memiliki hak untuk memperoleh pembagian hasil dengan jumlah yang sudah disepakati sebelumnya.

Pasal 5

MASA BERAKHIRNYA KERJASAMA

Pihak Pertama dan juga Pihak Kedua sudah mtemencapai kesepakatan bahwa kerjasama ini akan berakhir pada saat salah satu dari kedua pihak telah memutuskan untuk mengakhiri kerjasama tersebut atau tidak berkenan untuk melakukan perpanjangan kontrak kerja.

Jika nanti salah satu pihak telah meninggal dunia, maka pembagian usaha yang diperoleh tetap akan diberikan kepada ahli waris dari pihak tersebut sebagaimana aturan hak waris yang berlaku di Indonesia.

Pasal 6

RESIKO USAHA

Jika nanti ditemukan kendala baik yang bersifat teknis maupun non-teknis, maka hal ini merupakan tugas dari Pihak Pertama untuk mencari solusi dalam memecahkan masalah tersebut. Kemudian Pihak Pertama akan berdiskusi dan menentukan solusi yang terbaik yang bisa diterapkan untuk memecahkan masalah.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan tanpa paksaan. Masing-masing pihak akan mendapatkan salinan dari perjanjian ini yang sama-sama ditandatangani di atas materai.

Surakarta, 16 September 2019

Pihak Pertama                                                                        Pihak Kedua

2. Contoh MOU kerjasama perusahaan jasa

contoh surat perjanjian kerjasama perusahaan

3. Surat perjanjian kerjasama perusahaan kontraktor

contoh surat perjanjian kerjasama perusahaan

 

Demikian penjelasan mengenai contoh surat perjanjian kerjasama perusahaan. Kami juga menyarankan Anda mempelajari informasi lain yaitu surat perjanjian kerjasama yang lainnya. Semoga bermanfaat.

 

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.