4 Cara Membuat Paper Berkualitas Berbagai Tema

Makalah.id – Bagaimana cara membuat paper yang baik? Perlu anda ketahui bahwa paper merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang penulisannya secara terperinci serta merupakan buah dari melakukan penelitian maupun kegiatan lain yang sejenis. Ada juga yang mengatakan bahwa paper juga disebut sebagai makalah karena memang bagian atau cara membuatnya tidak jauh berbeda.

Paper biasanya hanya berisi 6 sampai dengan 10 halaman. Meskipun begitu, pembahasan yang ada di dalam paper tersebut dibuat secara lengkap dan terperinci. Paper biasanya akan diberikan oleh guru maupun dosen sebagai salah satu tugas bulanan atau tugas akhir. Paper bisa dikerjakan secara individu maupun berkelompok. Sebelum anda mulai mengerjakan paper, anda harus paham tentang bagaimana cara membuat paper.

Cara Membuat Paper Yang Berkualitas

Seperti yang sudah kami terangkan bahwa paper merupakan sebuah karya ilmiah yang sifatnya terperinci yang juga dinamakan sebagai makalah. Ada beberapa hal yang perlu diperharikan dalam pembuatan paper yang akann kami jelaskan di bawah ini. Dengan memahami cara membuat paper yang baik, maka hasil paper anda akan memuaskan dosen atau guru yang memberikan tugas kepada anda tersebut. Maka dari itu anda harus menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

  • Penentuan Tema
    • Tema yang berkualitas tentunya harus diawali dengan penentuan tema. Anda harus menentukan tema apa yang sekiranya akan dibahas dalam paper anda tersebut. Namun untuk tugas akademik, biasanya guru atau dosen sudah menentukan sendiri tema apa yang harus anda tulis. Namun terkadang ada juga guru atau dosen yang malah memberikan tugas paper tanpa menyertakan tema.
    • Jadi, anda harus menentukan tema apa yang sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh dokter atau materi terkait yang baru saja anda terima.
    • Untuk bisa menentukan tema yang baik, maka anda harus memulai dengan melakukan pemetaan terlebih dahulu. Anda bisa melihat berbagai referensi dari buku maupun internet. Pastikan bahwa anda tidak mangambil tema yang sama persis dengan referensi yang anda ambil. Disarankan agar anda mengembangkannya sehingga menciptakan tema anda sendiri.
  • Pendahuluan
    • Karena paper merupakan makalah, maka sudah tentu harus dimulai dari pendahuluan. Anda harus menulis pendahuluan berdasarkan tema yang telah anda tentukan. Penulisan pendahuluan dilakukan secara garis besar. Anda harus mencantumkan alasan dari latar belakang di dalam pengambilan tema, rumusan masalah, dan juga apa tujuan anda menentukan tema tersebut.
  • Format Paper
    • Paper yang baik bukan merupakan paper yang ditulis tangan, melainkan diketik. Karena diketik, maka anda harus memperhatikan beberapa ketentuan, seperti spasi yang digunakan berjarak 1.5, penggunaan font yang sesuai seperti Times New Roman.
    • Jangan lupa untuk menggunakan ukuran huruf yang sesuai.
    • Jangan lupa untuk memberikan nomor halaman.
    • Yang tidak kalah penting yaitu anda harus mencantumkan nomor halaman.
    • Perhatikan setiap paragraf, judul, dan sub judul anda apakah sudah sesuai.
  • Unsur-unsur Paper
    • Unsur-unsur dalam paper juga merupakan bagian yang tidak kalah penting.
    • Beberapa hal yang berhubungan dengan unsur paper seperti nama penulis dan judul, abstrak, metodologi, pembahasan, hasil, pemecahan, dan lain sebagainya.

1. Cara membuat paper atau makalah secara singkat

cara membuat paper atau makalah secara singkat

Judul

Kata pengantar

Di dalamnya berisi tentang rasa syukur yang anda panjatkan atas terselesainya paper atau makalah yang anda buat tersebut.

Halaman daftar isi

Halaman ini memberikan kemudahan kepada para pembaca ketika mereka ingin menemukan halaman atau penjelasan tertentu yang ada di dalam halaman tersebut. And aharus membuat daftar isi sesuai dengan nomor halaman dan sub bab atau pembahasan yang ada di halaman tersebut.

Halaman daftar gambar

Halaman ini berisi tentang daftar gambar yang di dalamnya memuat tabel atau gambar terkait tema yang anda ulas.

Halaman Abstrak

Halaman ini berisi tentang gambaran sekilas mengenai tema dan juga judul dari paper anda. Biasanya bagian ini yang paling dibaca pertama kali untuk mengetahui seberapa menarik tema yang anda angkat.

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Berisi informasi mengenai alasan anda mengangkat tema tersebut. Latar belakang biasanya terdiri dari 3 sampai 4 paragraf.

  1. Rumusan Masalah

Bagian ini menerangkan tentang fokus anda di dalam membahas permasalahan terkait dengan tema anda.

  1. Tujuan

Bagian ini berkaitan dengan rumusan masalah yang mana isinya tentang tujuan dari paper tersebut atau langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang ada pada Rumusan Masalah.

BAB II

KAJIAN TEORI atau LANDASAN TEORI

Berisi tentang berbagai teori pendukung yang berhubungan dengan tema yang anda angkat.

BAB III

PEMBAHASAN

Halaman ini menjelaskan tentang hasil atau data yang ditemukan setelah melakukan ulasan atau penelitian terhadap tema atau rumusan masalah. Pada bagian ini pembaca bisa mengetahui apakah penelian atau kegiatan yang anda lakukan telah menghasilkan sesuatu. Apakah sesuatu yang anda teliti atau kegiatan yang anda lakukan menghasilkan sesuai yang baru atau tidak.

BAB IV

PENUTUP

Berisi tentang kesimpulan dari hasil penelitian atau kegiatan yang dilakukan. Halaman ini juga membahas sekilas tentang hasil dari pembahasan. Namun tidak terlalu dijabarkan.

DAFTAR RUJUKAN

Berisi tentang sumber-sumber yang anda jadikan sebagai bahan rujukan atau referensi.

2. Cara membuat paper dengan baik dan benar

cara membuat paper

3. Cara membuat paper bagian abstrak

cara membuat paper

4. Cara membuat paper IPA

cara membuat paper

 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait cara membuat paper. Kami juga menyarankan agar anda menyimak informasi lain yaitu contoh makalah bahasa Indonesia dan contoh makalah penelitisan geografi terbaru.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.