4 Contoh Job Application Letter Berbagai Jabatan

Makalah.id – Apakah anda bisa membuat contoh Job Application Letter? Application Letter sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja. Mungkin yang membedakan adalah penulisannya yang menggunakan bahasa Inggris. Application Letter merupakan surat bisnis yang dibuat oleh seseorang untuk dikirimkan ke perusahaan atau institusi. Application Letter juga sering dinamakan sebagai CV dimana isi yang ada di dalamnya tidak jauh berbeda.

Bagi anda yang ingin membuat Application Letter, maka anda harus paham apa saja kaidah atau aturan yang harus dipegang teguh karena berkaitan dengan format dan apa saja yang harus anda tuangkan di dalam surat lamaran kerja anda tersebut. Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan tentang apa saja Contoh Job Application Letter sehingga bisa memudahkann anda ketika nanti harus diminta membuatnya.

Contoh Job Application Letter

Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membuat Application Letter adalah seperti di bawah ini:

  • Application Letter harus anda tulis dengan menggunakan bahasa yang formal. Mengapa? Karena surat ini tergolong ke dalam surat resmi yang tentunya penggunaan bahasanya harus sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.
  • Anda harus menghindari penggunaan bahasa yang informal dan tidak pantas, seperti jargon maupun juga slang.
  • Yang tidak kalah penting, anda harus menjelaskan di dalam Application Letter anda tersebut dimana anda mendapatkan informasi jika di perusahaan atau instansi tersebut terdapat lowongan pekerjaan.
  • Jangan lupa untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa anda setelah anda menulis surat dan sebelum mengirimkannya. Jika ternyata di dalam surat anda terdapat ejaan atau tata bahasa yang tidak tepat, perusahaan sudah tentu tidak akan segan dan akan langsung membung Job Application Letter anda tersebut.

Selain itu, ada beberapa informasi penting lainnya yang harus anda perhatikan ketika anda hendak membuat Job Application Letter. Informasi ini berkaitan dengan apa saja yang harus anda tuangkan di dalam Pembukaan, Isi, maupun juga Penutup. Informasi selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

  • Pembukaan
    • Pada bagian ini, anda harus menjelaskan kepada anda Application Letter anda tujukan. Biasanya, surat lamaran kerja maupun Application Letter tujuannya merujuk ke HRD atau Human Resources and Department. Surat tersebut juga bisa ditujukan kepada Kepala Manajer.
    • Jangan lupa untuk mengucapkan salam atau bisa menggunakan kata-kata seperti Dear Sir/Madam jika anda belum tahu secara pasti tujuan surat yang anda kirimkan tersebut.
    • Jika anda sudah paham kepada siapa anda harus mengirimkan Application Letter anda, maka anda harus menulis Dear Mr./Mrs. dan kemudian diikuti oleh nama orang tersebut.
  • Isi
    • Pada bagian ini anda harus memberikan penjelasan dari mana anda memperoleh informasi seputar lowongan kerja tersebut. Namun anda harus ingat bahwasanya penulisan isi Job Application Letter tidak boleh terlalu panjang agar pembaca bisa langsung paham darimana anda memperoleh informasi lowongan kerja dan jabatan apa yang ingin anda lemar.
    • Meskipun penggunaan cover letter hanya berfungsi sebagai formalitas, namun ada juga beberapa perusahaan yang memperhatikan cover letter yang anda tulis atau ketik. Maka dari itu, bagian ini jangan sampai anda tulis sembarangan alias asal-asalan.
    • Bagian ini juga harus mencantumkan informasi singkat mengenai latar belakang pendidikan anda. Anda juga harus menceritakan pengalaman kerja dan bukti-bukti yang mendukung bahwa anda memang merupakan seseorang yang berpengalaman. Bukti tersebut diutamakan bukti yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar.
    • Anda juga bisa menyertakan informasi kelengkapan data anda dengan mencamtukan portofolio atau CV.
  • Penutup
    • Bagian ini sebenarnya tidak ada hal-hal yang bersifat khusus. Yang harus anda lakukan hanyalah menggunakan bahasa yang formal seperti surat lamaran pekerjaan pada umumnya.
    • Anda harus memastikan bahwa tidak ada salah ketika atau salah dalam pemberian tanda baca. Anda bisa meminta orang lain untuk mengecek surat lamaran kerja anda tersebut apakah memang sudah sesuai atau ada bagian yang masih harus diperbaiki.

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan agar supaya surat lamaran kerja atau Job Application Letter anda diterima. Beberapa hal tersebut adalah seperti penjelasan di bawah ini.

  • Anda harus memasukkan informasi yang berkaitan dengan perusahaan. Di sini anda harus menuliskan nama perusahaan dan juga alamatnya. Tulis menggunakan nama dan alamat yang sesuai. Anda juga harus mencantumkan kepada siapa Application Letter anda kirimkan. Bisa anda kirim ke HRD, Kepala Manager, maupun pihak lain yang berwenang dalam mengurusi Application Letter.
  • Anda harus mencantumkan informasi yang berkaitan dengan dimana anda mendapatkan informasi lowongan, apakah melalui koran, website, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menyertakan jabatan apa yang ingin anda lamar.
  • Jangan lupa untuk menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan anda.
  • Anda juga harus menjelaskan pengalaman kerja anda dimana, sebagai apa, dan berapa lama. Penjelasan ini akan semakin baik jika diperkuat dengan adanya sertifikat yang sesuai dengan jabatan yang anda lamar. Dengan begitu, perusahaan tidak memiliki alasan lain untuk tidak menerima anda karena anda merupakan orang yang memang dibutuhkan.
  • Hal lain yang tidak kalah penting adalah menjelaskan mengapa anda merupakan orang yang tepat untuk posisi tersebut. Di sini anda akan semakin membuka peluang untuk diterima kerja.

1. Contoh Job Application Letter Full Stack Developer

contoh job application letter

2. Contoh Job Application Letter Assistant Manager

contoh job application letter

3. Contoh Job Application Letter Terbaik

contoh job application letter

 

4. Contoh Job Application Letter Sederhana

contoh job application letter

Demikian informasi yang bisa kami sampiakan tentang contoh Job Application Letter. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu anda di dalam menulis surat lamaran kerja atau Application Letter menggunakan bahasa Inggris.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.