4 Contoh Laporan Perjalanan Berbagai Tujuan

Makalah.id – Apakah anda sedang mencari contoh laporan perjalanan? Laporan merupakan hasil kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Laporan tersebut ditulis sebagai sebuah bukti bahwa yang bersangkutan telah melakukan suatu kegiatan pada tempat dan waktu yang seperti tertulis di dalam laporan tersebut. Sebenarnya tidak semua kegiatan perlu dituliskan laporan. Hanya kegiatan yang bersifat resmi saja yang memang terkadang diharuskan untuk dituliskan laporan.

Salah satu kegiatan yang biasanya akan dimintai laporannya adalah perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok. Laporan tersebut dinamakan sebagai laporan perjalanan. Laporan perjalanan yang nantinya akan dibuat isinya tentang perjalanan yang dilakukan oleh yang bersangkutan, misalnya kemana saja orang tersebut melakukan perjalanan dan apa saja kegiatan yang dilakukan. Untuk selengkapnya, kami akan memberikan beberapa contoh laporan perjalanan yang dapat anda pelajari.

Apa Itu Laporan Perjalanan?

Laporan perjalanan adalah laporan yang isinya tentang pejalanan mengunjungi beberapa tempat lengkap dengan tujuannya. Di dalam laporan ini juga menerangkan apa saja kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut selama pada setiap tempat yang dikunjunginya. Tujuan pembuatan laporan ini adalah sebagai bukti yang dapat dipertanggung jawabkan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perjalanan ke tempat tertentu.

Ada beberapa hal yang perlu anda masukkan ketika hendak membuat laporan perjalanan, diantaranya:

  • Waktu dan tempat anda mengunjungi lokasi tersebut
  • Objek yang anda kunjung. Di sini anda harus memberikan informasi dengan jelas seputar objek yang anda kunjungi.
  • Kesimpulan dari perjalanan yang anda lakukan.

Apa Saja Struktur Dalam Laporan Perjalanan?

Sama dengan laporan prakerin, dan juga laporan wawancara, laporan perjalanan juga memiliki strukturnya sendiri. Struktur ini yang nanti akan menjadi pembeda antara laponra perjalanan dengan laporan yang lain. Maka dari itu, silahkan anda simak baik-baik informasi penting yang akan kami berikan di bawah ini:

  • Nama Kegiatan: Berisi penjelasan seputar kegiatan yang dilakukan. Dalam hal ini kegiatan tersebut adalah melakukan perjalanan menuju suatu tempat.
  • Dasar Pemikiran: Isinya tentang travelogues dengan latar belakang. Maksudnya, bagian ini menerangkan tetang latar belakang dan tujuan mengapa perjalanan tersebut perlu dilakukan. Jadi, anda harus membuat dasar yang sesuai dengan perjalanan anda.
  • Waktu Serta Tempat Perjalanan: Bagian ini menerangkan seputar kapan serta dimana lokasi yang anda kunjungi. Sama dengan struktur sebelumnya, bagian yang satu ini pun juga harus anda tulis secara detail.
  • Peserta: Siapa saja orang yang ikut dalam perjalanan tersebut. Biasanya berupa nama dan jabatan atau perannya di dalam perjalanan yang dilakukan.
  • Biaya serta Sumber Dana: Laporan ini juga harus memberikan informasi sebenar-benarnya mengenai dari mana sumber dana yang diperoleh selama melakukan perjalanan.
  • Pembahasan: Bagian ini juga tidak boleh diabaikan. Isinya tentang diskusi serta kesimpulan dari hasil perjalanan yang sudah dilakukan. Sebagai pembuat laporan, anda harus menerangkan tentang poin penting dari awal hingga akhir.

1. Contoh laporan perjalanan ke Jakarta untuk wisata

contoh laporan perjalanan ke Jakarta untuk wisata

Berikut ini kami akan memberi contoh laporan perjalanan ke Jakarta dengan tujuan untuk melakukan kunjungan wisata.

LAPORAN PERJALANAN KE JAKARTA UNTUK WISATA

Setiap tahun, SMA Negeri 01 Bandung melakukan kunjungan ke berbagai tempat, khususnya bagi siswa kelas XII. Pada tahun ini, yakni tanggal 12 April 2020, siswa kelas XII SMA Negeri 01 Bandung melakukan kunjungan ke Jakarta.  Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 40.000.000 dengan masing-masing siswa harus membayar biaya sekitar 50.000. Kita tahu bahwa Jakarta merupakan Kota Metropolitan sekaligus merupakan Ibu Kota Indonesia. Ada banyak tempat yang harus dikunjungi, terutama untuk keperluan edukasi.

Beberapa tempat yang kami kunjungi yaitu Dunia Fantasi serta Istana Merdeka. Kedua tempat ini bisa dikatakan sebagai ikon dari Jakarta. Adapun lokasi pertama yang kami kunjungi adalah Istana Merdeka. Ketika kami sampai di sana, kami langsung dibimbing oleh pemandu yang memang bertugas memperkenalkan semua hal tentang Istana Merdeka. Kami diajak untuk melihat beberapa kamar yang biasanya dijadikan sebagai berisitrahat bagi para tamu kenegaraan.

Kemudian pemandu juga menerangkan kepada kami seputar latar belakang dari dibangunnya Istana Merdeka. Setelah mendengar dan memahami informasi yang disampaikan, kami paham bahwa sebenarnya ada banya informasi penting seputar sejarak Istana Merdeka yang belum banyak orang ketahui. Kami juga lebih mencintai negara ini dan akan terus berusaha menjaga apa yang sudah diwariskan kepada kami.

Perjalanan selanjutnya adalah menuju Dunia Fantasi. Sesampai di sini, kegiatan pertama yang kami lakukan adalah makan bersama. Kebersamaan semakin terasa dengan beberapa wisatawan yang juga ikut bergabung dengan kami. Setelah itu, kami langsung bermain sepuasnya di Dunia Fantasi. Tak lupa kami juga mengabadikan momen kebersamaan kami di beberapa lokasi yang kerap dijadikan sebagai tempat berfoto.

Menjelang sore, kami mulai bersiap-siap untuk menuju Bandung. Namun sebelum itu kami tidak lupa untuk mampir ke beberapa lokasi yang memang menjadi tujuan utama untuk membeli oleh-oleh khas Jakarta. Setelah puas memborong oleh-oleh untuk dibawa ke Bandung, maka kami pun langsung menuju Bandung. Tepat tengah malam kita sudah sampai di Bandung.

Perjalanan ke Dunia Fantasi dan Istana Merdeka merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan. Dengan mengunjungi tempat tersebut, kami memperoleh banyak hal baru yang bahkan belum pernah kami bayangkan sebelumnya. Perjalanan ke dua tempat tersebut mungkin menjadi salah satu perjalanan yang sangat menyenangkan dan tidak akan pernah kami lupakan.

Bandung, 15 April 2020

Lutfiati Andriani

2. Contoh laporan perjalanan untuk keperluan dinas

Contoh laporan perjalanan untuk keperluan dinas

Contoh laporan perjalanan untuk keperluan dinas

3. Contoh laporan perjalanan singkat

Contoh laporan perjalanan singkat

Contoh laporan perjalanan singkat

4. Contoh laporan perjalanan yang benar

Contoh laporan perjalanan yang benar

Contoh laporan perjalanan yang benar

Demikian informasi yang bisa kami berikan seputar pengertian dan beberapa contoh laporan perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.