4 Contoh Metode Penelitian Karya Ilmiah

Makalah.id – Seperti apa contoh metode penelitian yang baik? Metode penelitian atau yang juga dinamakan sebagai research methode merupakan proses atau cara yang dilakukan secara spesifik di dalam menyelesaikan sebuah masalah yang nantinya akan diajukan dalam bentuk riset. Metode penelitian ini juga telah dimasukkan dan dijadikan sebagai salah satu mata kuliah yang harus diambil karena berkaitan dengan skripsi.

Sementara untuk pengertian metodologi adalah sebuah ilmu yang dilakukan untuk menjelaskan tentang seperti apa dan bagaimana penelitian itu dilakukan. Ada juga yang berpendapat bahwa metode penelitian merupakan sekumpulan langkah yang tersusun secara sistematis yang dilakukan seorang peneliti untuk mengkaji dan menemukan sebuah jawaban dari suatu fenomena. Ada beberapa contoh metode penelitian yang sesuai dengan ketentuan yang akan kami jelaskan kepada anda.

Contoh Metode Penelitian

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan bagi seseorang yang ingin melakukan sebuah metode penelitian, yaitu:

  • Proses identifikasi serta merumuskan masalah
  • Melakukan penyusunan terhadap kerangka berpikir
  • Melakukan perumusan hipotesis
  • Pembahasan terhadap masalah
  • Membuat sebuah kesimpulan serta saran

Apakah anda tahu alasan mengapa seorang peneliti membutuhkan sebuah metode penelitian? Bukankah mereka bisa langsung melakukan penelitian tanpa harus berpegang pada pedoman atau aturan-aturan serta langkah-langkah yang sudah ada? Adapun tujuannya tidak lain adalah agar penelitian yang dilakukan bisa memberikan hasil yang terbaik dan tepat. Penelitian tersebut juga nantinya bisa dipertanggung jawabkan.

Ada beberapa macam metode penelitian yang penting untuk anda ketahui sebelum anda mulai mempelajari beberapa contohnya.

  • Metode Kualitatif
    • Metode penelitian yang satu ini adalah sebuah riset yang memiliki sifat penjelasan mengenai analisis. Di dalam pelaksanaannya, metode penelitian yang bersifat kualitatif melakukan penelitiannya secara subjektif.
    • Proses penelitian yang dilakukan lebih berfokus terhadap landasan teori. Biasanya, metode kualitatif juga dinamakan metode etnografi karena merupakan metode yang banyak digunakan untuk melakukan penelitian atau pengamatan terhadap kondisi dan situasi sosial budaya.
  • Metode Kuantitatif
    • Metode penelitian yang satu ini dilakukan secara terstuktur dan sistematis. Artinya, penelitiannya dilakuka berdasarkan aturan atau kaidah-kaidah tertentu.
    • Metode penelitian kuantitatif yang dilakukan lebih berfokus terhadap angka, grafik, tabel, dan juga diagram yang digunakan untuk menampilkan data dan juga hasil dari informasi yang sudah didapatkan.
  • Metode Survei
    • Metode yang satu ini digunakan dengan tujuan untuk bisa memperoleh hasil dalam bentuk opini maupun juga pendapat orang lain terhadap orang yang memiliki interaksi langsung atau memiliki pengalaman secara langsung terhadap sebuah objek atau fenomena yang diamati.
    • Tujuan dari melakukan survei adalah untuk mengetahui sebuah gambaran umum dengan cara mengambil sample atau contoh dari beberapa orang.
  • Metode Ekspos Facto
    • Mungkin tidak sedikit orang yang paham tentang metode yang satu ini. Namun intinya metode yang satu ini lebih berfokus pada hubungan antara sebab dan akibat yang terjadi dari suatu peristiwa.
    • Dari hubungan sebab dan akibat yang terjadi tersebut kemudian akan didapatkan sebuah hal baru yang akan berperan sebagai indikator di dalam melakukan reset.
  • Metode Deskriptif
    • Metode ini digunakan untuk menjelaskan sebuah fenomena atau peristiwa yang berlangsung mulai dari masa lampau sampa masa sekarang. Metode deskriptif nantinya akann dibagi menjadi dua. Yang pertama dinamakan longitudinal atau sepanjang waktu dan yang kedua cross sectional atau waktu tertentu.

1. Contoh metode penelitian skripsi

contoh metode penelitian

Skripsi merupakan persyaratan yang harus dipenuhi bagi semua mahasiswa yang ingin diwisuda dan mendapatkan gelar S1. Tidak sedikit mahasiswa yang menjadikan skripsi sebagai beban karena memang membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sebentar untuk menyelesaikannya. Ditambah lagi, tugas ini dilakukan secara individudu sehingga bagi mereka yang tidak terbiasa bekerja sendiri akan kesulitan mengerjakannya.

Skripsi juga masuk ke dalam salah satu karya ilmiah sehingga di dalam pelaksanaannya harus menggunakan metode penelitian. Ada banyak metode penelitian yang bisa dipilih disesuaikan dengan kebutuhan dan apa yang akan diteliti. Namun, terkadang penentuan metode penelitian ini juga tergantung pada kampus atau bahkan dosen pembimbingnya. Terkadang dosen akan memberikan ketentuan bahwa mahasiswa bimbingannya harus mengerjakan skripsi dengan metode tertentu.

Skripsi yang dikerjakan tersebut nantinya akan diuji oleh seseorang yang diberi julukan sebagai dosen penguji. Dosen penguji akan melakukan pengujian terhadap bagaimana cara meneliti atau metode yang dilakukan tersebut apakah sudah sesuai. Dosen penguji juga akan melihat hasil dari penelitian yang dilakukan.

Setiap metode penelitian membutuhkan waktu penyelesaian yang cenderung berbeda-benda antara yang satu dengan yang lain. Mungkin metode kualitatif akan membutuhkan waktu penyelesaian atau hasil yang lebih sebentar jika dibandingkan dengan metode kuantitatif.

2. Contoh metode penelitian karya ilmiah

contoh metode penelitian

Perlu anda ketahui bahwa yang tergolong ke dalam karya ilmiah ada banyak. Beberapa contohnya seperti essai, disertasi, makalah, skripsi, tesis, dan lain sebagainya. Kesemuanya tersebut juga harus  menggunakan metode penelitian di dalam proses penelitiannya. Bukan hanya itu saja, buku yang ditulis dengan menggunakan sumber dan juga prosesnya secara ilmiah juga bisa dikatakan bahwa buku tersebut merupakan karya ilmiah.

Metode penelitian yang dilakukan pun tidak bisa lepas dari kualitatif dan juga kuantitatif. Kedua metode ini bisa anda pilih salah satu dengan menyesuaiakan objek apa yang akan anda teliti. Selain itu, masih metode lain yang bisa anda manfaatkan, seperti metode deskriptif, komparatif, maupun juga eksperimen. Selain itu masih ada metode lain yang juga menjadi salah satu yang banyak digunakan.

3. Contoh metode penelitian makalah

contoh metode penelitian

4. Contoh metode penelitian deskriptif

contoh metode penelitian

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian dan contoh metode penelitian. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.