4 Contoh Surat Peringatan Karyawan dan Staff

Makalah.id – Bagaimana cara membuat contoh surat peringatan karyawan? Setiap perusahaan tentu memiliki peraturan masing-masing yang wajib dituruti dan ditaati oleh seluruh karyawan atau pegawai yang ada di perusahaan tersebut. Peraturan tersebut dibuat tidak lain agar supaya mereka yang bekerja di perusahaan tersebut bisa menjadi pribadi yang disiplin dan tertib sehingga juga bisa memberikan dampak yang positif demi kemajuan perusahaan.

Akan tetapi, terkadang masih aja karyawan yang melanggarnya, baik dengan sengaja maupun tidak disengaja sehingga mau tidak mau perusahaan harus mengeluarkan surat peringatan atau SP. Ada banyak contoh surat peringatan karyawan dengan berbagai permasalahan. Selain itu, surat peringatan ini bukan hanya dikeluarkan sekali saja melainkan dikeluarkan secara bertahap, yakni sebanyak 3 kali. Meskipun kemungkinan ada karyawan yang langsung mendapatkan surat peringatan yang isinya langsung memecat yang bersangkutan karena mungkin tindakan atau pelanggarannya sudah sangat parah.

Surat Peringatan Karyawan

Surat peringatan karyawan merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau instansi maupun juga organisasi terhadap seseorang yang dipercaya telah melakukan pelanggaran. Surat ini juga hampir sama dengan surat teguran karena di dalamnya secara tidak langsung memberikan teguran kepada yang bersangkutan atas apa yang sudah ia lakukan.

Di dalam pembuatan surat peringatan karyawan ini, seseorang yang akan dikirimi surat harus benar-benar terbukti telah melakukan pelanggaran. Surat ini juga harus mencantumkan informasi dengan jelas mengenai pelanggaran apa yang sudah dilakukan. Bukan hanya itu saja, surat peringatan ini juga harus memberikan penjelasan mengenai konsekuensi apa yang akan diterima oleh yang bersangkutan jika ia tetap melakukan pelanggaran yang sama di kemudian hari.

Kapan surat ini dikeluarkan?

Apakah anda tahu kapan kiranya surat ini akan dikeluarkan? Tentu saja surat peringatan karyawan tidak dikeluarkan jika sebelumnya tidak ada sebab atau pemicunya. Seorang HRD pun juga sebelumnya akan melakukan penyelidikan dan menggali informasi mengenai kemungkinan alasan dibalik seseorang tersebut melakukan pelanggaran.

Beberapa alasan mengapa surat peringatan ini dikeluarkan akan kami berikan di bawah ini:

  • Keterlambatan: Surat ini dikeluarkan ketika yang bersangkutan sudah sering telat masuk kerja atau terlambat masuk kerja.
  • KetidakhadiranSurat peringatan dikeluarkan ketika karyawan maupun pegawai perusahaan tidak hadir alias absen bekerja melebihi batas waktu yang ditentukan. Biasanya waktu yang diberikan adalah 3 hari. Jika lebih dari itu dan tidak ada pemberitahuan, maka perusahaan akan langsung melayangkan surat peringatan tersebut.
  • Tidak dapat mencapai target: Karyawan yang tidak dapat mencapai target juga dianggap kurang produktif. Terlebih jika yang bersangkutan masih seperti berada di zona nyamannya dan tidak melakukan apapun untuk meningkatkan kemampuan atau performanya. Sudah pasti perusahaan akan langsung mengirimkan surat tersebut yang juga bertujuan untuk menegurnya.
  • Melanggar kebijakan: Kebijakan apapun yang dibuat oleh perusahaan harus ditaati oleh seluruh karyawan, kecuali jika kebijakan tersebut bertentangan dengan nilai agama dan pancasila. Namun jika ternyata yang bersangkutan terbukti melanggar kebijakan yang padahal sudah sesuai, sudah pasti ia akan langsung menerima surat peringatan.
  • Pencurian: Pelanggaran ini merupakan pelanggaran berat dan bahkan bukan hanya mendapat surat peringatan, melainkan surat pemecatan dan harus berurusan dengan pihak berwajib.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh surat peringatan karyawan yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. Nanti anda bisa mengetahui seperti apa konsep dan cara pembuatan surat peringatan yang akan dikirimkan kepada karyawan yang bersangkutan.

1. Contoh surat peringatan karyawan 1

contoh surat peringatan karyawan 1

PT. SURYA ABADI JAYA

Jl. Bunga Teratai Putih, No. 5 Surabaya

Emai. [email protected]

Surat Peringatan Karyawan (SP1)

Nomor: 120/HRD/SPK1/XII/2019

Surat ini dibuat oleh PT. Surya Abadi Jaya untuk kemudian ditujukan kepada:

Nama: Mukhammad Abraham Tobiyas

TTl: Jakarta, 15 Agustus 1990

Alamat : Jl. Putra Bangsa No. 11, Surabaya

Jabatan: Staff Accounting

Surat ini memberitahukan bahwa yang bersangkutan telah melakukan tindakan indisipliner. Tindakan yang dilakukan adalah dengan tidak masuk kerja selama 5 hari berturut-turu terhitung sejak 15 Juli sampai dengan 20 Juli 2019. Yang bersangkutan juga tidak memberikan alasan kepada pihak perusahaan dibalik alasannya tidak masuk kerja.

Sebagai seorang karyawan, seharusnya setiap peraturan yang berlaku di perusahaan harus dapat dipatuhi oleh siapa saja tanpa terkecuali. Jika ternyata dalam kondisi tertentu tidak dapat menjalankan peraturan atau tanggung jawab yang diberikan, seharunsya dapat memberikan alasan yang jelas dan tepat agar supaya perusahaan bisa mengetahui dan memahami alasannya tersebut.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka perusahaan telah mengirimkan surat peringatan ini sebagai tahap awal atau SP1. Perusahaan juga telah membuat beberapa keputusan, yaitu:

  • Saudara Mukhammad Abraham Tobiyas diminta untuk menemui HRD guna memberikan penjelasan dibalik alasannya tidak masuk kerja selama 5 hari berturut-turut tersebut.
  • Surat ini berlaku selama 1 bulan semenjak dikirimkan. Jika ternyata saudara Mukhammad Abraham Tobiyas telah memberikan alasan yang jelas dan juga menyertakan bukti yang kuat, maka surat peringatan ini tidak akan berlaku lagi.
  • Jika ternyata yang bersangkutan tidak mampu memberikan keterangan atau penjelasan yang jelas disertai dengan bukti-bukti, maka suadara akan tetap memperoleh SP1 atau surat peringatan 1.
  • Dan jika dalam kurun waktu lebih dari satu (1) bulan yang bersangkutan masih belum memberikan respon terkait surat ini, maka perusahaan akan langsung melayangkan surat peringatan terakhir atau SP3.

Demikian surat peringatan ini dibuat dengan tujuan agar bisa dijadikan sebagai pedoman dan pelajaran bagi kita semua untuk selalu bersikap profesional. Atas waktu dan perhatian saudara kami sampaikan terima kasih.

2. Contoh surat peringatan karyawan staff IT

contoh surat peringatan karyawan staff IT

contoh surat peringatan karyawan

3. Contoh surat karyawan staff keuangan

contoh surat peringatan karyawan

4. Contoh surat peringatan karyawan tentang keterlambatan

contoh surat peringatan karyawan

Demikian penjelasan seputar contoh surat peringatan keryawanyang juga merupakan surat resmi. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.