4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Makalah.id – Anda sedang mencari contoh teks laporan hasil observasi singkat? Pada dasarnya teks ini memiliki beberapa kesamaan dengan teks deskripsi. Salah satu kesamaannya adalah kedua teks ini isinya tentang mendeskripsikan atau menyampaikan informasi sesuai dengan fakta. Lalu apa perbedaannya? Perbedaan dari kedua teks ini adalah jika teks observasi menyampaikan informasi secara umum, sementara untuk teks deskripsi menyampaikan informasi dengan berdasarkan kondisi individual dan unik.

Berikut ini kami akan memberikan informasi lebih lengkap seputar pengertian dan contoh teks laporan hasil observasi singkat. Setelah mengetahui informasi ini kami berharap anda bisa tidak mengalami kesulitan ketika harus membuat teks laporan observasi atau pengamatan.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Penjelasan yang pertama akan kami mulai dari pengertian teks observasi atau teks pengamatan. Teks ini adalah sebuah teks laporan yang isinya tentang penjabaran secara univerasal dengan laporan berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Ada juga yang berpendapat bahwa teks observasi juga disebut sebagai teks klasifikasi. Alasannya karena teks tersebut menjelaskan sesuatu dengan berdasarkan klasifikasi atau kriteria tertentu.

Selain itu, di dalam teks ini anda juga akan menemukan bahwa teks laporan hasil observasi berisi tentang penggambaran bentuk, sifat, atau ciri dari suatu objek. Objek yang digambarkan atau diamati bisa bermacam-macam. Beberapa objek yang kerap dijadikan bahan observasi antara lain: hewan, tumbuhan, maupun manusia. Selain itu, ada juga yang melakukan pengamatan terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya seperti tentang fenomena alam.

Perlu anda tahu bahwa di dalam membuat teks laporan observasi, maka anda harus menyampaikan informasi secara real. Isi laporan ini dengan fakta yang menerangkan seperti apa kondisi dari objek yang anda amati. Dengan begitu, pembaca yang melihat dan membaca teks laporan hasil pengamatan anda bisa langsung percaya dan menilai bahwa laporan anda tersebut memang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Lalu apa saja tujuan dari pembuatan laporan observasi? Berikut ini beberapa tujuannya:

  • Teks ini bertujuan untuk mencari solusi dari suatu permasalahan yang ada.
  • Teks ini dibuat untuk menemukan metode atau cara tertentu.
  • Laporan hasil observasi bertujuan untuk bisa mengambil keputusan yang efektif.
  • Tujuan lainnya dari penulisan laporan hasil observasi adalah kita bisa melakukan pengawasan maupun perbaikan terhadap kondisi dari objek yang kita amati.
  • Teks ini juga bertujuan agar kita bisa mengetahui kondisi pertumbuhan atau perkembangan dari suatu objek.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Setiap teks seperti teks deskripsi, teks persuasi, dan juga teks observasi memiliki cirinya masing-masing. Berikut ini akan kami berikan informasi tentang beberapa ciri yang dimiliki oleh teks laporan hasil observasi.

  • Teks ini harus ditulis secara objektif dengan menampilkan semua informasi berdasarkan kondisi sebenarnya. Artinya, anda tidak boleh menambahkan atau mengurangi kondisi, ciri, dan lain-lain dari objek yang anda amati sesuai dengan klasifikasi yang sebelumnya anda susun.
  • Ciri yang kedua adalah objek yang diamati merupakan objek tunggal.
  • Teks laporan yang satu ini juga harus ditulis secara lengkap serta sempurna. Jangan melewatkan bagian penting dari objek yang sedang anda amati.
  • Ciri selanjtunya adalah teks laporan observasi merupakan teks yang isinya saling berhubungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Di dalam teks ini nanti anda akan melihat pengkategorian berdasarkan kelas dan serta sub kelas.
  • Yang juga harus anda ingat adalah teks laporan observasi tidak boleh mengandung duggan, prasangka.
  • Selain itu, teks laporan hasil observasi juga tidak boleh mengandung pemihakan terhadap suatu pendapat atau hasil tertentu. Mengapa? Karena dikhawatirkan nanti hasil yang ditulis di dalam laporan malah tidak valid. Maka dari itu, yang harus anda lakukan adalah benar-benar menulis teks ini sesuai dengan kondisi yang sebenarnya tanpa boleh anda tambahkan maupun anda kurangi.
  • Hasil observasi yang anda lakukan merupakan hasil terbaru atau terkini yang memang sudah bisa dibuktikan kebenarannya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah sudah kami jelaskan pengertian, tujuan, dan juga ciri-ciri pada teks observasi, maka di bawah ini anda juga harus memahami seperti apa strukturnya. Secara umum, teks ini terdiri dari 3 bagian, diantaranya:

  • Pernyataan umum
    • Bagian ini adalah bagian pertama yang menerangkan tentang pernyataan atau definisi secara umum seputar objek yang anda amati. Biasanya informasi yang disajikan di dalam bagian ini merupakan istilah umum, nama latin, asal usul, kelas, kategori, serta beberapa penjelasan tambahan lainnya yang masih relevan dengan bagian pertama tersebut.
  • Deskripsi bagian
    • Bagian kedua dinamakan sebagai deskripsi bagian. Isinya lebih kepada penjelasan seputar hasil pengamatan secara lebih terperinci.
    • Adapun poin-poin yang dijelaskan pada bagian ini seperti makanan, ciri fisik, habitat, kebiasaan, perilaku, dan beberapa penjelasan lainnya yang disajikan secara lebih lengkap dan mendalam.
    • Maka dari itu, anda yang hendak mendeskripsikan serta meneliti suatu objek, maka anda harus mengetahui kira-kira poin apa saja yang akan anda masukkan ke dalam bagian deskripsi ini.
  • Simpulan
    • Sesuai dengan namanya, simpulan merupakan bagian terakhir yang isinya tentang kesimpulan berdasarkan hasil observasi yang telah selesai anda lakukan.
    • Yang harus anda lakukan adalah dengan merangkum semua penelitian mulai awal sampai akhir.
    • Pastikan simpulan yang anda miliki mencakup semuanya.

1. Contoh teks laporan hasil observasi singkat dan sederhana

Contoh teks laporan hasil observasi singkat dan sederhana

Contoh teks laporan hasil observasi singkat dan sederhana

2. Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang makhluk hidup

Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang makhluk hidup

Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang makhluk hidup

3. Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang hewan

Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang hewan

Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang hewan

4. Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang tumbuhan

Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang tumbuhan

Contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang tumbuhan

Demikian penjelasan kami mengenai pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, serta beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.