4 Website Untuk Cek Plagiarisme Indonesia Online Gratis dan Akurat

Makalah.id – Bagaimana cara cek plagiarisme indonesia online grasi? Kasus plagiarisme di dalam dunia literasi merupakan hal yang mengkhawatirkan sekaligus memprihatinkan. Apalagi jika plagiarisme tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki gelar akademik atau yang berkecimpung di dunia akademisi. Mereka seharusnya mampu membuat sebuah karya yang terbebas dari unsur plagiarisme sehingga akan membuatnya menjadi seorang yang disegani.

Di era yang serba modern ini mendapatkan informasi bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memperoleh informasi apapun dari internet. Salah satunya adalah memperoleh informasi seputar literasi yang ingin anda jadikan referensi. Namun hal ini terkadang membuat beberapa orang memanfaatkannya untuk langsung memasukkan informasi tersebut ke dalam tulisannya tanpa sebelumnya dilakukan pengeditan terlebih dahulu. Maka dari itu, penting untuk memahami bagaimana cara cek plagiarisme indonesia online gratis yang akan kami bagikan kepada anda.

Website Untuk Cek Plagiarisme Online Gratis

Saat ini sudah tersedia banyak website yang bisa anda manfaatkan untuk mengecek apakah tulisan anda terdeteksi sebagai plagiat atau tidak. Terkadang meskipun anda sudah menulis dengan cara anda tersendiri masih terdeteksi plagiat. Hal ini biasanya dialami oleh para penuli di blog. Oleh karena itu lah sebelum anda mulai mengupload atau memposting tulisan anda, sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu apakah tulisan anda tersebut terbebas dari unsur plagiarisme atau tidak.

1. Cara cek plagiarisme dengan Plagiarism Checker dari SmallSEOtools

cek plagiarisme indonesia online gratis

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan sebuah website yang sering dimanfaatkan oleh para penulis SEO article untuk mengecek apakah tulisannya memiliki unsur plagiarisme atau tidak. Plagiarism Checker ini bisa dikatakan merupakan sebuah website yang sangat populer digunakan oleh para penulis karena mudah digunakan.

Selain itu, Plagiarism Checker juga gratis sehingga anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengecek tulisan anda. Bukan untuk para penulis blog saja, anda juga bisa menggunakan website ini untuk mengecek apakah tugas yang anda berikan kepada anak didik atau mahasiswa anda seperti tugas makalah atau artikel terdeteksi sebagai plagiat atau tidak. Plagiarism Checker juga bisa anda manfaatkan untuk mengecek hasil makalah atau skripsi.

Dengan menggunakan Plagiarism Checker, anda bisa mendeteksi sebanyak kurang lebih 5000 karakter. Tentu merupakan sebuah website yang sangat menguntungkan dan sangat membantu anda dalam mengecek hasil karya anda. Bagaimana cara menggunakan Plagiarism Checker? Yang harus anda lakukan adalah masuk ke websitenya dan kemudian anda pilih plagiarismchecker. Setelah itu, anda tinggal copy dan paste tulisan anda di sana. Jangan lupa klik cek agar website ini mulai bekerja untuk mengetahui hasil tulisan anda tersebut.

2. Cara cek plagiarisme indonesia di Unicheck

cek plagiarisme indonesia online gratis

Cara kedua yang juga bisa anda coba adalah dengan mengunjungi Unicheck. Aplikasi yang satu ini merupakan jenis aplikasi yang populer di kalangan pendidik dan peneliti. Unicheck merupakan sebuah aplikasi yang terkenal akurat di dalam mendeteksi apakah sebuah tulisan tersebut benar-benar terdeteksi sebagai plagiat atau tidak. Untuk menggunakannya, anda tinggal mengunjungi website Unicheck dan langsung anda paste tulisan anda di sana.

Salah satu hal yang menjadi keunggulan dari Unicheck adalah ia mampu mendeteksi bagian terkecil dari tulisan anda yang mungkin jarang bisa dilakukan oleh website yang lain. Unicheck bahkan mampu memindai kurang lebih 16 miliar halaman dan juga dokumen dari Bing dan Google. Laporan yang diberikan nanti berupa hyperlink yang mengarah ke teks sumber dan juga presentase tulisan anda yang tidak maupun yang plagiat.

Namun sayangnya, bagi anda yang ingin menggunakan Unicheck anda harus rela mengeluarkan sejumlah uang. Jumlah uang yang harus anda keluarkan kurang lebih 5 dollar. Meskipun begitu, sebenarnya anda masih bisa menggunakannya secara gratis sebagai percobaan yakni dengan memasukkan 275 kata.

3. DupliChecker untuk cek plagiarisme indonesia gratis dan akurat

cek plagiarisme indonesia online gratis

DupliChecker juga bisa menjadi alternatif anda ketika hendak mengetahui apakah tulisan anda maupun tulisan orang lain benar-benar terbebas dari unsur plagiarisme atau tidak. Penggunaannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang lain dimana nad ahanya perlu mem-paste tulisan anda di sana dan kemudian anda bisa mengetahui sendiri hasil dari tulisan anda tersebut.

Selain itu, anda juga bisa meletakkan URL dan kemudian DupliChecker akan langsung bekerja mencari berbagai teks sumber yang berpotensi sebagai teks sumber anda. Dengan sekejap, aplikasi ini akan memberikan berbagai link yang langsung menuju konten yang anda tiru isinya sehingga membuat tulisan anda terdeteksi plagiat.

Sama dengan aplikasi sebelumnya, bagi anda yang ingin menggunakan DupliChecker maka anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Dengan menggunakan layanan berbayar, maka anda bisa mengakses DupliChecker sesuai dengan keinginan anda. Namun, anda juga bisa menggunakannya secara gratis meskipun penggunaannya akan terbatas.

4. Cara cek plagiarisme indonesia dengan Writecheck

cek plagiarisme indonesia online gratis

Aplikasi untuk cek plagirisme indonesia yang juga tidak kalah akurat adalah dengan menggunakan Writecheck. Aplikasi ini juga menjadi rujukan banyaka pendidik, penulis, maupun juga peneliti untuk mengecek sebuah hasil karya apakah memilik unsur plagiarisme atau tidak. Bukan itu saja, Writecheck juga mampu mendeteksi apakah tulisan tersebut memiliki kesalahan tanda baa maupun ejaan.

Adapun cara menggunakan Writecheck adalah dengan mengupload dokumen baik dalam format Ms. Word, PostScript, WordPerfect, html, pdf, rtf, dan lain sebagainya. Nanti anda akan langsung memperoleh laporan mengenai tulisan anda tersebut apakah benar-benar bersih dari plagiat atau tidak. Writecheck sangat cocok untuk digunakan mengecek makalah atau skripsi dari siswa maupun mahasiswa anda.

Demikian informasi mengenai bagaiamana cara cek plagiarisme indonesia online gratis. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.