5 Contoh Berita Acara Rapat, Peristiwa, Serah Terima, dan Musyawarah

Makalah.id – Apa anda tahu contoh berita acara yang baik? Mungkin sekarang anda pusing membuat berita acara. Sementara bos atau atasan anda selalu meminta agar anda menyerahkan bukti mengenai kegiatan yang sedang anda lakukan. Namun anda tidak perlu khawatir karena kami di sini akan memberikan informasi seputar berita acara yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk membuat berita acara yang sesuai dengan keperluan anda.

Perlu diperhatikan bahwa contoh berita acara yang baik adalah harus memiliki informasi yang jelas mengenai kegiatan yang sedang berlangsung. Selain itu, bahasa yang digunakan juga harus bahasa resmi karena secara tidak langsung berita acara sama dengan surat resmi yang sama-sama menggunakan bahasa resmi atau formal.

Apa Itu Berita Acara?

Berita acara merupakan bukti otentik atau legal yang menginformasikan mengenai kegiatan, peristiwa, aktivitas, serah terima, transaksi jual beli, dan lain sebagainya. Jadi, setiap berita acara dibuat sesuai dengan keperluannya. Berita acara inilah yang digunakan sebagai bukti sah mengenai hal-hal tersebut. Ketika seseorang membaca berita acara yang disodorkan, maka ia percaya bahwa kegiatan yang anda lakukan memang sah.

Berita acara mempunyai peranan yang sangat penting untuk keperluan instansi. Berita acara ini nanti akan digunakan sebagai bukti legal mengenai kegiatan yang dilakukan oleh penerima tugas. Biasanya penerima tugas akan diminta untuk menyerahkan berita acara untuk membuktikan apakah memang dia melaksanakan kegiatan seperti yang diinformasikan dan apakah yang bersangkutan telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Bagaimana cara membuat berita acara? 

Setelah anda tahu tentang definisi berita acara, maka sekarang anda juga perlu memahami tentang bagaimana cara untuk membuat berita acara yang baik. Membuat berita acara tidak bisa asal-asalan karena memang ada ketentuannya sendiri. Formatnya pun juga cenderung berbeda dengan surat-surat pada umumnya, seperti surat lamran kerja, surat pernyataan, dan lain-lain.

Di bawah ini merupakan informasi tentang cara membuat berita acara yang baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan berita acara pada umumnya:

  • Informasi mengenai acara kegiatan harus diinformasikan secara terperinci. Contohnya yaitu untuk peletakkan tempat tinggal, nama, alamat rumah, tanggal lahir, dan lain-lain. Selain itu, peletakkan beberapa informasi tersebut harus berurutan dan tidak boleh acak apalagi membuatnya secara sembarangan.
  • Berita acara yang baik harus menjelaskan tentang urutan kronologi kegiatan yang berlangsung secara berurutan. Jadi, pembaca bisa mengetahui secara jelas mengenai alur kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh penerimta tugas.
  • Jangan lupa untuk mencatat tempat terjadinya kegiatan atau aktivitas maupun peristiwa yang berlangsung. Tulis secara jelas dan lengkap mengenai alamat, kode pos, dan informasi terkait.
  • Jangan lupa juga untuk mencantumkan tanda tangan yang diberikan oleh pihak-pihak yang terlibat di dalam acara tersebut.
  • Disarankan agar supaya berita acara yang dilampirkan harus mempunyai saksi. Fungsi dari saksi tersebut adalah untuk memperkuat keabsahan atau keaslihan dari berita acara yang dibuat maupun penjabatan acara yang telah diselenggarakan atau aktivitas yang dilakukan.
  • Berita acara juga mempunyai kesepakatan bersama, seperti jabatan, serah terima barang, maupun pekerjaan lain dengan lebih terperinci.

1. Contoh berita acara tentang rapat

contoh berita acara

Berita acara dibuat memang berdasarkan keperluannya masing-masing. Salah satunya adalah untuk keperluan rapat. Tidak jarang rapat yang diselenggarakan oleh instans akan menyertakan berita acara. Lalu apa tujuannya? Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan informasi mengenai kegiatan rapat yang berlangsung. Selain itu, berita acara yang dibuat juga digunakan sebagai bukti bahwa pada tanggal dan waktu yang telah disebutkan telah diadakan rapat.

Berita acara tersebut juga digunakan untuk mengetahui kira-kira berapa orang yang hadir dalam rapat, jam berapa dilaksanakan, dan beberapa informasi penting lainnya. Berikut ini kami sudah memiliki contoh berita acara tentang rapat. Setelah anda mempelajarinya mungkin anda bisa mendapat inspirasi untuk membuat berita acara versi anda sendiri.

 

Seperti contoh yang sudah kami berikan di atas, anda bisa memperhatikan bahwa berita acara tersebut dimulai dari judul yang isinya tentang kegiatan apa yang diselenggarakan. Selain itu, anda juga akan melihat adanya tanggal, bulan, dan tahun dari kegiatan tersebut.

Informasi yang tidak kalah penting yang dihadirkan pada berita acara di atas adalah alur rapat yang diselenggarakan. Berita acara tentang rapat harus menjelaskan alur rapat mulai awal sampai akhir secara berurutan. Jadi, pembaca tidak sampai bingung memahami jalannya rapat tersebut.

2. Contoh berita acara tentang peristiwa

Berita acara ini menjelaskan tentang susunan peristiwa atau kejadian mulai awal sampai akhir. Informasi yang disajikan pun juga harus berurutan dan tidak boleh ada informasi yang rancu maupun yang acak. Berita acara ini biasanya menjelaskan mengenai perisitiwa seperti penipuan, pencurian, pemerkosaan, penganiayaan, dan lain sebagainya. Itu artina berita acara ini biasanya akan dibuat oleh kepolisian ketika anda melaporkan tentang tindak pidana tertentu.

contoh berita acara

3. Contoh berita acara serah terima jabatan

contoh berita acara

Dari nama contoh berita acara yang kami akan jelaskan pasti anda sudah tahu bahwa berita acara ini berkaitan dengan serah terima. Serah terima ini bisa berupa serah terima jabatan maupun tugas. Berita ini menyatakan secara resmi bahwa pada tanggal, bulan, dan di tempat tertentu telah terjadi penyerahan jabatan maupun tugas yang dilakukan oleh pihak penyerah tugas dan pihak penerima tugas.

4. Contoh berita acara musyawarah

contoh berita acara

5. Contoh berita acara rapat guru

contoh berita acara

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai pengertian, cara membuat berita acara, sampai beberapa contoh berita acara dengan berbagai keperluan. Semoga bermanfaat.

 

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.