5 Contoh Laporan Hasil Kegiatan Sesuai Ketentuan

Makalah.id – Bagaimana membuat contoh laporan hasil kegiatan yang benar? Jika membahas tentang laporan hasil kegiatan, maka yang ada di pikiran kita adalah laporan ini nantinya berisi informasi tentang hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan. Ada banyak kegiatan yang memang harus dibuat laporan. Namun yang terpenting adalah laporan yang dibuat tersebut sudah sesuai dengan ketentuan karena tidak sedikit orang yang membuat laporan hasil kegiatan mengabaikan beberapa kaidah dalam penulisannya.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari laporan hasil kegiatan? Salah satu fungsinya adalah sebagai bukti bahwa pada waktu dan tanggal yang sudah ditenutkan telah diadakan kegiatan tertentu. Sebenarnya untuk membuat contoh hasil kegiatan tidaklah sulit. Yang terpenting adalah anda harus mengetahui apa saja yang harus anda tuangkan dalam laporan anda. Selain itu, laporan ini juga harus ditulis berdasarkan urutan kejadian atau kegiatan yang berlangsung.

Pengertian Laporan Hasil Kegiatan

Laporan hasil kegiatan adalah jenis laporan yang isinya menerangkan seputar kegiatan yang sudah diselenggarakan. Laporan ini harus berisi tentang fakta dan dapat dipertanggung jawabkan. Dikarenakan isinya seputar fakta, jadi nanti ada bagian yang isinya tentang bukti bahwa memang ada kegiatan yang diselenggarakan berdasarkan apa yang disampaikan dalam laporan tersebut.

Dalam menulis laporan hasil kegiatan, penulis atau penyusun laporan harus menuliskan laporannya secara objektif. Informasi yang disampaikan juga harus jelas dan tidak boleh menimbulkan multitafsir. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan lebih lengkap seputar laporan hasil kegiatan. Namun memang pada dasarnya laporan ini tidak jauh berbeda dengan laporan wawancara maupun laporan prakerin karena semuanya masuk ke dalam bagian dari laporan hasil kegiatan.

Bagian-Bagian Dalam Laporan Hasil Kegiatan

Adapun tentang bagian-bagian yang harus ada di dalam laporan hasil kegiatan bisa bermacam-macam. Namun secara umum pasti berisi bagian-bagian seperti di bawah ini:

  • Latar belakang atau Dasar Pemikiran
  • Tujuan Kegiatan
  • Anggaran Dana
  • Jadwal Kegiatan
  • Hasil Kegiatan
  • Simpulan

Ketentuan Dalam Membuat Laporan Hasil Kegiatan

Di bawah ini kami akan menerangkan seputar beberapa ketentuan yang harus anda perhatikan ketika ingin membuat laporan hasil kegiatan:

  • Laporan hasil kegiatan harus ditulis dengan menggunakan kalimat yang formal. Mengapa? Karena pada dasarnya laporan ini dibuat demi kebutuhan formal yang biasanya seseorang akan diminta oleh atasan untuk membuat laporan hasil kegiatan mengenai kegiatan yang diselenggarakan atau bisa juga berkaitan dengan kegiatan yang diikuti.
  • Laporan hasil kegiatan menerangkan informasi seputar kegiatan yang diselenggarakan atau yang diikuti dengan objektif. Itu artinya, penulis atau orang yang nanti bertugas membuat laporan ini harus menulis informasi berupa fakta mengenai kegiatan yang sudah diselenggarakan tersebut.
  • Yang tidak kalah penting, laporan hasil kegiatan harus menerangkan kegiatan yang dilaksanakan secara berurutan sesuai dengan format yang sudah diberikan. Maka dari itu, seorang penulis laporan ini biasanya merupakan orang yang memang berpartisipasi terhadap kegiatan tersebut. Jika tidak, maka kemungkinan laporan ini dibuat sesuai ketentuan dan secara objektif perlu diragukan.
  • Seseorang yang bertugas membuat laporan hasil kegiatan haruslah orang yang benar-benar paham tentang bagian yang ada di dalam laporan ini. Dengan begitu, orang tersebut tidak perlu lagi bingung untuk mengisi seitap bagian yang ada di dalam laporan hasil kegiatan yang akan dibuatnya.

1. Contoh laporan hasil kegiatan pramuka

contoh laporan hasil kegiatan pramuka

Dasar Pemikiran

Pramuka merupakan agent of change atau agen perubahan yang membawa harapan besar bagi agama, bangsa, serta negara. Pramuka dituntut harus selalu ada dan berpartisipasi dalam semua kegiatan yang ada di masyarakat. Setiap saat, pramuka harus memiliki kemampuan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitasnya sehingga akan semakin memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Melalui kegiatan lomba pramuka ini, pramuka yang berperan sebagai penerus bangsa diharapkan sebagai golongan penggalang untuk lingkup SMP Negeri 01 Surabaya dan sekitarnya. Pramuka diharapkan agar selalu menunjukkan eksistensinya secara penuh dan tidak henti-hentinya memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.

Tujuan Lomba Pramuka

Adapun mengenai tujuan diadakannya lomba kegiatan pramuka ini adalah sebagai berikut:

  • Menjadi sebuah wadah atau tempat yang tepat di dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa yang berkualitas, kuat, dan berdedikasi tinggi.
  • Meningkatkan rasa solidaritas di kalangan siswa-siswi tingkat SMP 01 Surabaya.
  • Untuk membentuk jiwa yang sehat, kompetetif, dan kreatif.
  • Lomba ini bertujuan untuk mencetak generasi pramuka yang memiliki sifat pejuang dengan jiwa yang nasionalis.

Nama dan Tema Lomba

Sementara untuk nama dan juga tema dari kegiatan lomba pramuka yaitu;

  • Nama kegiatan: Lomba Pramuka Tangkas Galang
  • Tema: Mencetak kader pramuka dengan daya juang dan dedikasi yang tinggi

Waktu dan Tempat Kegiatan

  • Hari: Sabtu – Minggu
  • Tanggal: 28 – 29 Maret 2020
  • Jam: 07:00 – 16:00
  • Tempat: Lapangan sepakbola SMP 01 Surabaya

Penutup

Demikian laporan kegiatan lomba pramuka yang merupakan tanggung jawab kami sebagai panitia penyelenggara Lomba Pramuka Tangkas Penggalang. Semoga laporan hasil kegiatan yang kami selesaikan ini dapat menjadi sebuah bukti bahwa pada waktu dan tanggal yang sudah tercantum telah diadakan lomba pramuka. Laporan ini kami buat sebenar-benarnya. Jika ternyata laporan ini masih mengandung kesalahan, maka kami meminta kepada para pembaca untuk memberikan masukan untuk kemudian akan kami perbaiki lagi pada kegiatan selanjutnya.

Kami juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, semua pihak yang tidak henti-hentinya memberikan semangat, semua pihak yang tanpa henti memberikan energi dan pikirannya sehingga kegiatan lomba pramuka ini dapat selesai dengan baik dan lancar. Semoga semua pihak yang terlibat mendapatkan balasan dari Allah Subhanahu Wata’ala. Amin.

2. Contoh laporan hasil kegiatan UKG

Contoh laporan hasil kegiatan UKG

Contoh laporan hasil kegiatan UKG

3. Contoh laporan hasil kegiatan sekolah

Contoh laporan hasil kegiatan sekolah

Contoh laporan hasil kegiatan sekolah

4. Contoh laporan hasil kegiatan Monitoring dan Evaluasi

Contoh laporan hasil kegiatan Monitoring dan Evaluasi

Contoh laporan hasil kegiatan Monitoring dan Evaluasi

5. Contoh laporan hasil kegiatan Dinas

Contoh laporan hasil kegiatan Dinas

Contoh laporan hasil kegiatan Dinas

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan kepada anda tentang pengertian dan beberapa contoh laporan hasil kegiatan. Semoga informasi ini bisa menjadi solusi dan referensi dalam membuat sebuah laporan hasil kegiatan yang baik yang sesuai dengan kaidah dalam penulisan laporan ini. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.