5 Contoh Portofolio Kerja Langsung Diterima Kerja

Makalah.id – Apakah anda sudah pernah membuat contoh portofolio kerja? Ketika anda hendak melamar pekerjaan, tidak cukup hanya mengirimkan CV atau curriculum vitae. Portofolio kerja juga menjadi salah satu hal yang akan dipertimbangkan oleh perusahaan apakah akan merekrut anda atau tidak. Jika perusahaan hendak mempekerjakan anda, maka secara tidak langsung perusahaan tersebut membeli jasa anda. Maka dari itu, anda harus memberikan sebuah penjelasan atau gambaran mengenai kemampuan dan pengalaman yang anda miliki.

Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan tentang contoh portofolio kerja sehingga kedepannya bisa anda jadikan sebagai salah satu dokumen yang anda lampirkan di surat lamaran kerja anda untuk semakin mempermudah anda masuk ke perusahaan yang anda inginkan. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika anda hendak membuat sebuah portofolio kerja.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Portofolio Kerja

Sebelum anda mulai membuat sebuah portofolio kerja, ada beberapa poin penting yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

  • Hati-hati ketika memilih portofolio kerja
    • Anda harus berhati-hati pada saat menentukan portofolio kerja kerja yang akan anda lampirkan. Sebelum anda mulai mengirimkan portofolio kerja anda, maka anda harus memikirkan terlebih dahulu kira-kira kemampuan dan pengalaman apa saja yang akan anda tunjukkan kepada perusahaan tersebut.
    • Apa yang harus anda tunjukkan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Meskipun anda merupakan seseorang dengan keahlian tertentu dan sudah berpengalaman, namun ketika hal tersebut tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan maka anda tetap tidak bisa bekerja di sana.
    • Jika anda sudah menemukan apa saja kemampuan yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, maka anda harus memikirkan apa saja kemampuan yang akan anda lampirkan.
  • Buat portofolio kerja mock-up bagi yang belum pernah bekerja
    • Bagi anda yang belum pernah bekerja sama sekali jangan khawatir. Anda masih bisa mengirimkan portofolio kerja yang tetap bisa menjadi salah satu alasan mengapa nanti anda diterima di perusahaan tersebut.
    • Yang harus anda lakukan adalah dengan membuat sebuah mock-up atau maket serta juga bisa berupa gambaran imajiner. Ketika anda memilih untuk pekerjaan account executive, maka anda bisa mulai membuat mock-up yang merupakan hasil karya anda sendiri.
    • Dalam mock-up yang anda buat, anda dapat membut sebuah ide mengeni timeline campaign, budgeting, gol, dan lain sebagainya yang nantinya akan anda tawarkan ke klien.
  • Tampilan portofolio yang sederhana
    • Setelah anda selesai menentukan seperti apa yang akan anda tampilkan atau tunjukkan dalam portofolio kerja, maka sekarang anda harus menentukan seperti apa tampilan yang sesuai dengan profil perusahaan. Membuat portofolio kerja dengan tampilan yang menarik juga bisa menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh anda lewatkan.
    • Jangan lupa memberikan ppenjelasan tentang apa saja project yang pernah anda kerjakan. Hal ini bisa semakin meningkatkan peluang anda untuk bisa diterima di perusahaan yang sudah anda idam-idamkan tersebut.
  • Sertakan informasi secara lengkap tentang profil
    • Hal lain yang tidak kalah penting yang juga harus anda perhatikan adalah menyertakan informasi mengenai profil anda. Anda jangan hanya selalu menyebutkan kemampuan dan kemampuan maupun prestasi apa saja yang telah anda ukir, anda juga harus memberikan informasi mengenai profil anda.
    • Menyertakan informasi seputar profil harus secara lengkap agar perusahaan anda bisa mengetahui gambaran serta paham seperti apa karakter yang anda miliki. Jangan lupa juga untuk menyertakan bukti testimoni yang didapatkan dari klien agar supaya perusahaan semakin yakin untuk merekrut anda dan berpikir bahwa anda memang sesuai dengan jabatan yang dibutuhkan perusahaan.

Fungsi Portofolio Kerja

Setelah anda paham tentang apa saja informasi yang harus anda cantumkan dalam portofolio kerja anda, maka sekarang anda harus paham sebenarnya fungsi dari pembuatan portofolio kerja itu untuk apa. Salah satu fungsi utama mengapa anda diminta membuat sebuah portofolio kerja adalah untuk memberikan informasi kepada perusahaan mengenai apa saja kemampuan dan juga pengalaman yang anda miliki selama ini.

Dengan melampirkan informasi tersebut, maka perusahaan akan memiliki gambaran secara jelas tentang profil anda. Setelah itu, perusahaan akan menentukan apakah kemampuan dan juga pengalaman yang anda miliki merupakan hal yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

Cara Membuat Portofolio

Ada beberapa cara yang harus anda perhatikan ketika hendak membuat sebuah portofolio kerja.

  • Daftar isi
    • Bagian ini sangat diperlukan untuk membantu pembaca atau dalam hal ini perusahaan untuk mengetahui dengan mudah jika ingin menuju halaman yang mereka butuhkan.
    • Daftar isi akan mempermudah mencari informasi mengenai apa saja prestasi atau profil yang anda miliki.
  • Lampirkan resume atau CV
    • Dengan adanya resume dan juga CV yang anda lampirkan secara singkat pada portofolio kerja, maka HRD atau pihak terkait akan mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang mereka butuhkan untuk memutuskan apakah anda merupakan sosok yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.
  • Uraikan pencapaian dan tujuan
    • Anda juga harus menjelaskan tentang pencapaian dan tujuan anda ingin menjadi salah satu bagian dari perusahaan tersebut.
    • Di sini terdapat dua jenis tujuan, yakni tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek merupakan tujuan yang hubungannya dengan hal yang akan anda capai selama 1 sampai 2 tahun.
    • Tujuan jangka panjang merupakan jenis tujuan tentang apa yang akan anda capai dalam kurun waktu 10 tahun dari sekarang.

Contoh Portofolio Kerja Langsung Diterima Kerja

contoh portofolio kerja

contoh portofolio kerja

contoh portofolio kerja

 

contoh portofolio kerja

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai contoh portofolio kerja. Kami juga menyarankan agar anda menyimak informasi seputar contoh lamaran kerja bahasa Inggris dan contoh lmaran kerja guru negeri dan swasta.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.