5 Contoh Surat Pengunduran Diri Semua Keperluan

Makalah.id – Apa itu surat pengunduran diri? Surat pengunduran diri merupakan surat yang isinya pernyataan bahwa yang besangkutan hendak mengundurkan diri. Pengunduran diri tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Ada yang berkaitan dengan masalah pribadi, keluarga, maupun juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya. Seseorang yang hendak membuat surat pengunduran diri biasanya akan berpikir terlebih dahulu apakah memang keputusannya untuk mengundurkan diri sudah tepat atau belum.

Adapun untuk cara penulisan surat pengunduran diri tidak jauh berbeda dengan surat resmi yang sudah biasanya kami jelaskan kepada anda. Hal yang sama adalah bahasa yang digunakan harus formal, harus ada pembukaan, isi, dan tentunya jangan lupa surat tersebut harus ada penutup yang biasanya antar surat berbeda tergantung kepentingan atau tujuan pembuatan surat tersebut.

Surat Pengunduran Diri atau Resign

Kita tahu bahwa dalam menjalani  hidup ini tidak mesti apa yang kita inginkan bisa terlaksana dengan baik atau sesuai dengan yang kita harapkan. Terkadang ada hal-hal yang malah membuat impian kita terganggu  yang menuntut kita untuk segera pindah dari lingkungan tersebut. Masalah di dunia kerja memang tidak bisa dihindari, apalagi sekarang persaingan sudah semakin ketat.

Hal-hal yang tidak diharapkan bisa saja terjadi yang kemudian membuat kita harus pindah dari tempat kerja tersebut. Maka dari itu, kita membuat surat pengunduran diri. Namun perlu diingat bahwa surat pengunduran diri tidak selamanya berhubungan dengan masalah. Ada juga yang mengundurkan diri karena yang bersangkutan sudah memperoleh tempat yang lebih baik.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik sesuai dengan ketentuan di dalam penulisan surat pengunduran diri yang ada di perusahaan, organisasi, dan lain-lain.

1. Surat pengunduran diri karyawan

surat pengunduran diri karyawan

PT. PERSADA HUSADA JAYA

Jl. KH. Ahmad Latief Pujiono, No. 15, Surabaya

Telp: (031) 010101 Fax (031) 0110110

Surabaya, 24 Desember 2019

Yth. HRD PT. PERSADA HUSADA JAYA
Di –
Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Mukhammad Khairul Akbar
  • TTL: Palembang: 18 Juni 1984
  • NIK : 54678908564565678
  • Jabatan : Staff Purchasing

Bersamaan dengan surat ini, maka saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya bermaksud mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Staff Purchasing di PT. Persada Husada Jaya terhitung mulai 24 Desember 2019.

Adapun mengenai alasan saya mengundurkan diri adalah:
Kondisi ibu yang harus dirawat di Palembang sehingga menuntut saya harus kembali ke Palembang dalam waktu yang tidak bisa saya perkirakan.

Mengenai tanggung jawab saya tentang pekerjaan ini, saya sudah menyelesaikannya sesuai dengan target perusahaan untuk bulan Desember 3019 ini.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pimpinan, Jajaran Direksi, maupun para karyawan yang ada di PT. Persada Husada Jaya karena telah memberi saya kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga PT. Persada Husada Jaya dan telah memberi saya banyak pengalaman dan pelajaran hidup sehingga saya bisa seperti sekarang ini.

Tak lupa saya juga ingin memohon maaf jika selama saya bekerja di sini ada salah perbuatan maupun perkataan yang menyakiti maupun merugikan perusahaan dan karyawan.

Saya akan selalu berdoa agar supaya PT. Persada Husada Jaya tetap menjadi salah satu perusahaan terbaik dan akan terus menggapai cita-cita dan kesuksesannya di masa yang akan datang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa ada tekanan dari mana pun.

Hormat saya,

 

Mukhammad Khairul Akbat

2. Surat pengunduran diri guru

surat pengunduran diri guru

 

SMP NEGERI 5 SURABAYA

Jl. KH. Ahmad Rijaldih No. 15 Surabaya

Telp. (031) 221112 Fax. (031) 112221

Surabaya, 24 Desember 2019

Yth. Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Surabaya
Di –
Tempat

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama : Mukhammad Suryo Putro Aji
  • TTL: Malang: 18 Mei 1984
  • NIK : 56879p08687o90
  • Jabatan : Guru Bahasa Indonesia

Bersamaan dengan surat ini, maka saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya bermaksud mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Surabaya terhitung mulai 24 Desember 2019.

Adapun mengenai alasan saya mengundurkan diri adalah:
Kondisi ibu yang harus dirawat di Malang sehingga menuntut saya harus kembali ke Palembang dalam waktu yang tidak bisa saya perkirakan.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada kepala sekolah, guru, maupun seluruh karyawan yang ada di SMP Negeri 5 Surabaya  karena telah memberi saya kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga SMP Negeri 5 Surabaya dan telah memberi saya banyak pengalaman  sehingga saya bisa seperti sekarang ini.

Tak lupa saya juga ingin memohon maaf jika selama saya bekerja di sini ada salah perbuatan maupun perkataan yang menyakiti maupun merugikan perusahaan dan karyawan.

Saya akan selalu berdoa agar supaya SMP Negeri 5 Surabaya tetap menjadi salah satu perusahaan terbaik dan akan terus menggapai cita-cita dan kesuksesannya di masa yang akan datang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa ada tekanan dari mana pun.

Hormat saya,

 

Mukhammad Khairul Akbat

3. Format surat pengunduran diri sederhana

surat pengunduran diri

Berikut ini kami sudah memiliki contoh mengenai seperti apa format dari surat pengunduran diri sederhana yang bisa anda contoh di dalam pembuatan surat pengunduran diri untuk berbagai keperluan anda.

4. Surat pengunduran diri organisasi

surat pengunduran diri

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal bahwa ada banyak alasan mengapa seseorang membuat surat pengunduran diri. Selain itu, surat ini bukan hanya dikirimkan ke perusahaan, melainkan juga ke organisasi yang menyatakan bahwa seseorang mundur dari jabatan yang diemban dengan alasan tertentu.

5. Surat pengunduran diri dari BEM

surat pengunduran diri

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.