5 Contoh Surat Peringatan 1 atau SP1 Berbagai Keperluan

Makalah.id – Bagaimana cara membuat contoh surat peringatan 1? Jika berbicara tentang surat peringatan, maka kemungkinan besar seseorang yang menerima surat tersebut telah melakukan pelanggaran sehingga perusahaan atau tempat ia bekerja melayangkan surat tersebut. Pelanggaran yang dilakukan bisa merupakan sebuah pelanggaran yang cukup berat. Namun terkadang pelanggaran tersebut bersifat ringan, hanya saja dilakukan dalam waktu  yang tak terhitung jumlahnya alias sering.

Membuat contoh surat peringatan 1 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat peringatan pada umumnya. Hanya saja, anda harus memberitahu bahwa surat tersebut berupa peringatan 1 atau SP1. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh manajer HRD yang memang merupakan jabatan atau bagian yang memiliki hak untuk melayangkan surat tersebut kepada siapapun karyawan yang melanggar.

Contoh Surat Peringatan 1 atau SP1

Lalu bagaimana cara membuat surat peringatan 1 yang termasuk surat resmi ini? Sebelum itu ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui sebelum membuat dan mengirimkan surat ini. Beberapa hal tersebut akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Kapan surat tersebut harus dikeluarkan
    • Surat peringatan pertama bisa dikeluarkan ketika seseorang absen atau tidak masuk kerja secara terus-menerus berdasakan batas maksimal yang ditentukan perusahaan.
    • Pegawai atau keryawan yang memiliki kebiasaan selalu terlambat.
    • Karyawan atau pegawai yang mengalami penurunan performa alias kurang produktif sehingga tidak bisa mencapai target yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
    • Melakukan pelanggaran atau mangkir dari kewajiban yang sudah diamanahkan.
    • Menggangu karyawan lainnya sehingga tidak bisa fokus bekerja.
  • Memahami konsekuensi dari surat peringatan
    • Surat peringatan harus dibuat dengan menyertakan apa saja pelanggaran yang telah dilakukan.
    • Surat peringatan juga harus berisi tentang konsekuensi atau apa akibat yang ditimbulkan dari tindakan karyawan atau pagawai yang bersangkutan.
    • Surat peringatan juga di dalamnya harus berisi tentang akibat atau konsekuensi yang didapatkan jika setelah surat ini diterima, perilaku atau kinerja dari yang bersangkutan tidak kunjung membaik.
  • Yang menandatangani surat peringatan
    • Seperti  yang telah dijelaskan bahwa surat ini merupakan surat yang berhak dikeluarkan oleh HRD. Hal ini tentu saja HRD harus menuliskan nama dan tanda tangannya di situ.
    • Selain itu, surat peringatan tersebut juga bisa dibuat dengan mencantumkan nama dan tanda tangan dari pemimpin perusahaan.

1. Contoh surat peringatan 1 karyawan

contoh surat peringatan 1 karyawan

PT. BERJUANG DI JALANMU
Jl. Jalan Menujumu III No: 10, Setia Padamu, Jakarta Timur
Telp: 081122112233
email: [email protected]

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)

Surat ini dibuat oleh PT. Berjuang Di Jalanmu untuk diperuntukkan kepada:

Nama: Agung Laksamana Muda
Jabatan: Staff Marketing

Menyatakan baha berkaitan dengan sikap kurang disiplin dan pelanggaran yang dilakukan oleh Agung Laksamana Muda yang mana berdasarkan analisa dan keterangan dari berbagai pihak, bahwa saudara yang bersangkutan telah absen selama 5 hari secar berturut-turut tanpa pemberitahuan.

Sebagai seorang karyawan dan keluarga dari PT. Berjuang Di Jalanmu, sudah seharusnya semua pihak harus mematuhi segala pertaruan dan tata tertib yang diterapkan oleh perusahaan.

Maka dari itu, perusahaan telah memutuskan untuk mengirimkan surat peringatan pertama atau SP1 dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Surat peringatan ini akan berlaku 1 (satu) bulan ke depan sejak diterbitkan.
  2. Jika selama kurun waktu 1 (satu) bulan ke depan sejak surat peringatan pertama ini diterima dan suadara sudah bersedia menemui HRD dan menjelaskan secara jelas dan bisa diterima mengenai alasan dibalik absensinya tersebut, maka surat peringatan ini sudah tidak berlaku.
  3. Akan tetapi, jika setelah 2 minggu setelah surat peringatan pertama ini diterima dan saudara masih belum kunjung masuk kerja, maka perusahaan akan melayangkan surat peringatan kedua atau Sp2.
  4. Jika surat peringatan kedua masih belum mendapatkan respon atau belum ada tanda-tanda saudara membreikan respon, maka perusahaan berhak untuk memberhentikan yang bersangkutan dan tanpa diberikan pesangon.

Demikian surat peringatan pertama ini dibuat dan diterbitkan agar supaya bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu mematuhi semua aturan dan tata tertib yang ada berlaku di perusahaan.

Hormat kami,

                   Jakarta, 25 Oktober 2018

Mengetahui,

Andika Mahesa                                                                           Muhammad Rokhman
Kepala HRD                                                                                 Direktur Utama

2. Contoh surat peringatan 1 siswa

contoh surat peringatan 1 siswa

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 SURABAYA
Jl. Pendidikan No. 13, Surabaya
Telp. 031 – 123456; Fax : 031-123456
Email : [email protected]

SURAT PERINGATAN
Nomor : 13/SMAN1/7/2019

Surat ini diterbitkan  SMA Negeri 1 Surabaya untuk ditujukan kepada:

Nama Siswa:Muhammad Bayu Gatra
NISN:567898765467
Kelas:XI SMA Negeri 1 Surabaya

Lembaga pendidikan atau dalam hal ini yaitu SMA Negeri 1 Surabaya sudah menerapkan peraturan agar semua siswa/i selalu hadir ontime atau tepat waktu pada jam 07.00 setiap hari yang sudah ditentukan. Tujuannya untuk melatih kedisiplinan setiap siswa/i tanpa terekcuali. Jika terlambat, maka diberi toleransi paling lambat 10 menit.

Adapun surat peringatan ini diterbitkan dan untuk ditujukkan kepada siswa sebagaimana nama di atas. Alasannya dikarenakan siswa tersebut di atas telah terbukti terlambat datang ke sekolah dalam watktu 4 hari secara terus-menerus tanpa ada pemberitahuan atau keterangan yang jelas.

Kami berharap agar supaya surat peringatan ini dapat dijadikan pedoman untuk melakukan perbaikan diri dan disiplin ke depannya. Jika setelah surat ini diterima dan siswa tersebut di atas masih tetap mengulangi kesalahan tersebut atau bahkan melakukan kesalahan lainnya dalam jangka waktu 1 bulan, maka kami terpaksa akan mengeluarkan surat peringatan 2.

Demikian surat peringatan ini diterbitkan, agar bisa dijadikan pedoman dan pelajaran bagi kita semua.

Surabaya, 14 Juni 2019

Mengeatahui,

 

Mukhammad Rokib

Kepala Sekolah

3. Contoh surat peringatan 1 PNS (Pegawai Negeri Sipil)

contoh surat peringatan 1

4. Contoh surat peringatan 1 kontraktor

contoh surat peringatan 1

5. Contoh surat peringatan 1 tunggakan

contoh surat peringatan 1

Demikian penjelasan dari kami tentang contoh surat peringatan 1. Terdapat informasi lain yang juga tidak boleh anda lewatkan yaitu surat peringatan atau teguran dan surat rekomendasi sekolah.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.