5 Contoh Surat Peringatan Pertama Karyawan dan Guru

Makalah.id – Apakah anda tahu bagaimana cara membuat contoh surat peringatan pertama? Surat peringatan adalah surat yang isinya tentang peringatan yang ditujukan kepada seseorang sudah melakukan pelanggaran. Biasanya, surat ini dikirimkan karena yang bersangkutan telah melakukan tindakan indispliner atau tindakan yang melanggar aturan perusahaan, instansi, atau organisasi. Surat ini juga berisi tentang alasan mengapa surat ini dikirim kepada yang bersangkutan tersebut.

Dalam membuat contoh surat peringatan pertama harus diperhatikan struktur kata dan diksi yang digunakan. Hal ini karena surat peringatan ini masuk ke dalam surat resmi sehingga bahasa yang digunakan pun juga harus formal. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa referensi kepada anda seputar surat peringatan. Dengan begitu nanti and abisa menjadikannya sebagai bahan referensi untuk membuat surat peringatan versi anda sendiri sesuai kebutuhan atau kondisi yang diperlukan.

Ada beberapa bagian penting yang tidak boleh dilewatkan ketika membuat contoh surat peringatan pertama:

  • Berikan informasi jelas tentang nama yang telah melanggar.
  • Berikan informasi tentang pelanggaran.
  • Disarankan juga memberikan bukti terhadapn pelanggarannya tersebut.
  • Dijelaskan tentang beberapa ketentuan atau pertimbangan yang merupakan keputusan perusahaan atau lembaga terhadap pelanggaran yang dilakukan.

Pengertian Surat Peringatan Pertama

Surat peringatan pertama adalah surat yang dikirimkan dan merupakan tahap awal sampai nanti yang bersangkutan dikirimkan surat peringatan terakhir alias peringatan ketiga. Surat ini berisi tentang alasan mengapa surat tersebut dibuat dan dikirimkan. Umumnya, surat peringatan pertama dikirimkan karena yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran indisipliner. Lalu seperti apa surat peringatan pertama tersebut? Berikut ini kami berikan beberapa referensinya untuk anda.

1. Contoh surat peringatan pertama untuk karyawan

contoh surat peringatan pertama untuk karyawan

PT. Angkasa Jaya

Jl. Halmahera Utara No. 11 Kediri

Telp. (034) 123457 Fax. (034) 123457

 

Surat Peringatan Pertama (SP1)

Surat ini dibuat oleh PT. Angkasa Jaya untuk kemudian disampaikan kepada:

  • Nama       : Mukhammad Septiawan Ramadhan
  • Alamat     : Jl. Gunung Kidul No. 22 Kediri
  • Jabatan    : Staff Purchasing

Berkitan dengan tindakan indispiliner yang dilakukan oleh saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan, yaitu berdasarkan laporan dan pengamatan dari tim membuktikan bahwa saudara telah sering terlambat masuk kerja sebanyak 6 kali dalam kurun waktu 1 bulan.

Sebagai seorang karyawan, mematuhi dan mengikuti setiap aturan yang diterapkan oleh perusahaan merupakan kewajiban setiap orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Dalam hal ini, seharusnya saudara harus selalu tunduk dan patuh terhadap aturan yang telah diterapkan oleh PT. Angkasa Jaya.

Maka dari itu, melalui pertimbangan tersebut diputuskan bahwa perusahaan telah melayangkan surat peringatan pertama dengan beberapa ketentuan seperti di bawah ini:

  • Surat peringatan pertama ini mulai berlaku dalam waktu 1 bulan ke depan semenjak tanggal diterbitkan.
  • Saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan diminta menemui pihak HRD untuk kemudian memberikan alasan mengapa saudara melanggaran aturan dari perusahaan terkait kehadiran dan ketepatan waktu masuk kerja.
  • Jika sebelum 1 bulan ternyata saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan sudah menemui HRD dan telah memberikan penjelasan mengenai pelanggarannya dan perusahaan bisa menerima, maka surat peringatan pertama ini tidak berlaku.
  • Jika lebih dari 1 bulan ternyata saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan tidak kunjung menemui HRD untuk kemudian memberikan penjelasan, maka perusahaan akan melayangkan surat peringatan kedua.

Demikian surat peringatan pertama ini kami buat. Kami berharap agar surat ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua dalam mematuhi setiap peraturan yang berlaku di PT. Angkasa Jaya.

Kediri, 17 Juli 2019

 

 

Mukhammad Andika Pratama

HRD

2. Contoh surat peringatan pertama untuk guru

contoh surat peringatan pertama untuk guru

Dinas Pendidkan Dan Kebudayaan Kota Surabaya

SMA Negeri 4 Surabaya

Jl. Halmahera Utara No. 11 Surabaya

Telp. (021) 123457 Fax. (021) 123457

 

Surat Peringatan Pertama (SP1)

Surat ini dibuat oleh SMA Negeri 4 untuk kemudian disampaikan kepada:

  • Nama       : Mukhammad Septiawan Ramadhan
  • Alamat     : Jl. Gunung Kidul No. 22 Surabaya
  • NIP           : 345678 6578987 5646
  • Jabatan    : Guru Fisika

Berkitan dengan tindakan indispiliner yang dilakukan oleh saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan, yaitu berdasarkan laporan bahwa saudara telah absen sebanyak 7 hari secara berturut-turut tanpa keterangan atau informasi apapun.

Sebagai seorang guru, mematuhi dan mengikuti setiap aturan yang diterapkan oleh lembaga merupakan kewajiban setiap orang yang mengajar di lembaga tersebut. Dalam hal ini, seharusnya saudara harus selalu tunduk dan patuh terhadap aturan yang telah diterapkan oleh SMA Negeri 4 Surabaya.

Maka dari itu, melalui pertimbangan tersebut diputuskan bahwa perusahaan telah melayangkan surat peringatan pertama dengan beberapa ketentuan seperti di bawah ini:

  • Surat peringatan pertama ini mulai berlaku dalam waktu 1 bulan ke depan semenjak tanggal diterbitkan.
  • Saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan diminta menemui Kapala SMA Negeri 4 Surabaya untuk kemudian memberikan alasan mengapa saudara melanggaran aturan dari lembaga terkait kehadiran atau absensi.
  • Jika sebelum 1 bulan ternyata saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan sudah menemui Kapala SMA Negeri 4 dan telah memberikan penjelasan mengenai pelanggarannya dan perusahaan bisa menerima, maka surat peringatan pertama ini tidak berlaku.
  • Jika lebih dari 1 bulan ternyata saudara Mukhammad Septiawan Ramadhan tidak kunjung menemui Kapala SMA Negeri 4 untuk kemudian memberikan penjelasan, maka perusahaan akan melayangkan surat peringatan kedua.

Demikian surat peringatan pertama ini kami buat. Kami berharap agar surat ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua dalam mematuhi setiap peraturan yang berlaku di Kapala SMA Negeri 4

Kediri, 15 Agustus 2019

 

 

Mukhammad Andika Pratama

Kapala SMA Negeri 4

3. Contoh surat peringatan pertama staff keuangan

contoh surat peringatan pertama

4. Contoh surat peringatan pertama karena keterlambatan

contoh surat peringatan pertama

Danger ALert Warning Notification Beeware Reminder Exclamation Concept

5. Contoh surat peringatan pertama karyawan bagian produksi

contoh surat peringatan pertama

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan terkait contoh surat peringatan pertama. Kami juga menyarankan agar anda mempelajari informasi lain yang juga tidak kalah penting, yaitu surat peringatan atau teguran. Semoga bermanfaat.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.