5 Contoh Surat Perjanjian yang Benar untuk Semua Keperluan

Makalah.id – Dalam melalukan perjanjian kita pasti memerlukan surat perjanjian, namun bagaimana contoh surat perjanjian yang baik? Surat perjanjian merupakan surat resmi sehingga bahasa yang harus anda tuangkan dalam surat tersebut sesuai dengan EYD atau harus menggunakan bahasa yang formal. Selain itu, surat ini harus memberikan informasi secara detail tentan siapa saja yang melakukan perjanjian dan apa yang dijadikan sebagai objek perjanjian tersebut.

Selain itu, surat ini juga biasanya mencantumkan nama-nama saksi yang bersaksi bahwa pada hari dan tanggal serta di tempat tertentu kedua pihak melakukan perjanjian tentang sesuatu. Dari penjelasan yang kami paparkan tersebut anda bisa menyimpulkan bahwa contoh surat perjanjian yang baik adalah yang isinya lengkap dan menggunakan bahasa formal.

Surat Perjanjian Semua Keperluan

Tujuan dari pembuatan surat perjanjian adalah sebagai bukti atau pengingat atas perjanjian atau kesepakatan yang dilakukan oleh kedua pihak terhadap sesuatu. Biasanya salah satu atau mungkin kedua pihak lupa atau bisa pura-pura lupa terhadap perjanjian yang sudah dilaksanakan. Jika seperti ini, tentu yang dirugikan adalah salah satu pihak atau bahkan keduanya.

Maka dari itu, surat perjanjian inilah yang berperan penting sebagai solusi ketika salah satu pihak lupa atau berusaha mengelak terhadap perjanjian yang sudah disepakati. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh surat perjanjian, namun sebelum itu anda harus mengetahui beberapa fungsi yang dimiliki oleh surat ini.

  • Dengan adanya surat perjanjian, kedua pihak atau pihak terkait merasa tenang dan aman karena mereka memiliki kepastian di dalam surat tersebut.
  • Surat ini bisa digunakan untuk mengetahui apa saja isi perjanjian, termasuk hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing pihak.
  • Surat ini juga bermanfaat di dalam menghindarkan dari perselisihan atau sengketa. Tidak sedikit orang yang mengalami perselisihan dikarenakan tidak ada surat perjanjian. Padahal objek yang dijanjikan atau hak serta kewajiban yang harus dipenuhi bukan merupakan hal yang sepele.
  • Surat ini nanti juga digunakan sebagai pemecah masalah ketika terjadi perselisihan diantara kedua pihak.

1. Contoh surat perjanjian kontrak rumah

contoh surat perjanjian kontrak rumah

Dari namanya anda sudah tahu bahwa surat ini digunakan sebagai bukti antara pihak pertama dan kedua yang telah mengadakan perjanjian berupa menyewa atau kontrak rumah. Pastinya surat ini di dalamnya terdapat nama-nama orang yang berjanji dan juga alamat rumah serta mungkin juga ukuran rumah bisa dicantumkan jika memang diperlukan.

Namun yang paling penting adalah surat ini harus berisi informasi tentang biaya kontrak rumah, jangka waktu kontrak rumah, dan nama orang yang mengontrak dan memberi izin kontrak rumah atau pemilik rumah. Berikut ini contoh yang bisa anda jadikan referensi.

SURAT PERJANJIAN

Pada hari Rabu 25 Desember 2019 telah terjadi perjanjian yang menyatakan:

  1. Bapak Khorion, selaku pemilik kontrakan yang beralamat di Jl. Halmahera Timur, No. 21 RW. 03. RT. 03, Surabaya yang kemudian disebut sebagai PIHAK PERTAMA.
  2. Bapak Sodikin, selaku penyewa rumah yang beralamat di Jl. Putra Agung Laksono, No. 22 RW. 01 RT. 01, Surabaya yang kemudian disebut sebagai PIHAK KEDUA.

PASAL I

Pihak Pertama telah memberikan izin kepada Pihak Kedua untuk menyewa rumah yang berlokasi di Jl. Halmahera Timur, No. 19 RW. 03. RT. 03, Surabaya. Rumah tersebut memiliki kelengkapan sebagaimana tersebut di bawah ini:

  • …………………………………………..
  • …………………………………………..
  • …………………………………………..
  • …………………………………………..
  • …………………………………………..

PASAL II

Waktu sewa rumah tersebut berlaku selama 1 (satu) tahun yang dimulai pada 26 Desember 2019 hingga 25 Desember 2020. Biaya sewa rumah sebesar Rp. 7.000.000 setiap tahun dan sudah dibayar sebesar Rp. 5.000.000. Biaya sewa ruma yang belum dibayarkan akan dibayar dengan mencicil yaitu Rp. 400.000 setiap bulannya.

PASAL III

Semua biaya yang berkenaan dengan biaya listrik selama rumah ini disewakan menjadi tanggung jawab dari pihak peyewa atau Pihak Kedua termasuk juga semua peralatan yang ada di dalam rumah.

PASAL IV

Pihak penyewa dilarang untuk melakukan subkontrol kepada pihak lainnya. Jika ternyata pihak penyewa terbukti melakukan sub kontrol, maka pihak penyewa bisa dikenakan sanksi. Adapun sanksinya berupa denda sebesar Rp. 10.000.000.

PASAL V

Pihak penyewa telah sepakat untuk menjaga kebersihan rumah. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan kebersihan rumah. Maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pihak penyewa.

PASAL VI

Pihak penyewa berhak mengajukan perpanjangan sewa rumah paling lambat 7 hari sebelum berakhirnya waktu sewa rumah.

Demikian surat perjanjian ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan tidak ada paksanaan dari siapapun.

Surabaya, 24 Desember 2019

 

Pihak Pertama                                                                                     Pihak Kedua

2. Contoh surat perjanjian jual beli motor

contoh surat perjanjian jual beli motor

SURAT PERJANJIAN

Pada hari Rabu 25 Desember 2019 telah terjadi kesepakatan diantara kedua pihak yaitu:

  • Mukhammad Sodiq yang merupakan penjual motor dan disebut sebagai Pihak Pertama.
  • Mukhamamd Sobirin yang merupakan pihak pembeli motor dan disebut sebagai Pihak Kedua.

Kedua pihak telah bersepakat dengan ketentuan-ketentuan sebagimana yang tersebut di bawah ini:

  1. Pihak pertama menjual motor Yamaha NMAX tahun 2018 kepada Pihak kedua dengan harga Rp. 18.000.000.
  2. Pihak kedua menyepakati harga motor NMAX 2019 dan sudah membayar sebesar Rp. 10.000.000.
  3. Kedua pihak telah sepakat bahwa sisa biaya yang belum dibayarkan akan dibayar dengan mencicil dengan nominal Rp. 800.000 setiap bulannya.
  4. Batas akhir pembayaran cicilan motor maksimal tanggal 10 setiap bulannya.
  5. Jika pihak kedua terlambat membayar cicilan melebihi tanggal 10, maka akan dikenakan denda sebesar 20% dari biaya cicilan.
  6. Selama motor belum lunas, BPKB masih menjadi milik dari pihak pertama.
  7. Jika motor sudah lunak, maka pihak pertama harus menyerahkan BPKB kepada pihak kedua

Demikian surat perjanjian ini semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 25 Desember 2019

 

 

Pihak Pertama                                                                          Pihak Kedua

3. Contoh surat perjanjian bermaterai

contoh surat perjanjian

4. Contoh surat perjanjian antar suami istri

contoh surat perjanjian

5. Contoh surat perjanjian kersajama

contoh surat perjanjian

Demikian contoh surat perjanjian berbagai macam keperluan. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.