5 Contoh Surat SP Untuk Karyawan dan Guru

Makalah.id – Seperti apa contoh Surat SP atau surat peringatan itu? Surat SP adalah surat yang di dalamnya berisi tentang peringatan terhadap seseorang atas tindakannya yang menyalahi aturan yang berlaku. Surat ini biasanya dibuat oleh perusahaan kepada karyawan yang telah melanggar peraturan yang ditetapkan di dalam perusahaan tersebut. Surat SP ini menggunakan bahasa-bahasa yang formal seperti surat resmi meskipun isinya tentang peringatan.

Contoh surat SP ini juga tidak jauh berbeda dengan surat teguran karena tujuan dari dibuatnya surat tersebut adalah untuk menegur yang bersangkutan atas tindakannya serta untuk memberikan sanski yang setimpal dengan tindakan yang dilakukannya. Surat ini tidak serta merta dikeluarkan begitu saja. Biasanya perusahaan maupun instansi atau organisasi akan terlebih dahulu melakukan pemantauan dan penyeledikan kepada yang bersangkutan sebelum akhirnya memutuskan untuk memberikan yang bersangkutan surat peringatan atau surat SP.

Contoh Surat SP atau Surat Peringatan

Surat peringatan biasanya terdiri dari 3 tahap. Yakni, surat peringatan 1, 2, dan 3. Setiap surat tersebut dikirimkan dengan jarak waktu tertentu. Namun ada juga yang langsung mengirimkan surat peringatan 3 dan langsung memecat atau memberhentikan yang bersankutan karena mungkin pelanggarannya sudah sangat parah dan tidak bisa ditoleransi lagi.

Ada beberapa alasan mengapa surat peringatan ini dikeluarkan. Beberapa alasan tersebut diantaranya:

  • Keterlambatan, surat ini dikeluarkan kepada seseorang karena kebiasaannya datang ke tempat kerja terlembat alias melebihi batas maksimal jam masuk kerja yang diatur dalam perusahaan. Kemungkinan untuk keterlambatan sebanyak 1 sampai 2 kali bisa ditoleransi di instansi maupun organisasi. Namun jika keterlambatan tersebut lebih dari 3 kali dan bahkan sering dilakukan, maka yang bersangkutan akan langsung menerima surat peringatan.
  • Tidak sesuai target, surat ini juga bisa dikirimkan kepada seseorang yang ternyata ia gagal mencapai target yang telah ditentukan atau telah disepakati sebelumnya. Perusahaan sudah tentu selalu mencari seseorang yang produktif. Jika orang tersebut sudah tidak produktif lagi, bukan tidak mungkin ia akan mendapat surat teguran.
  • Melanggar peraturan atau kebijakan, seperti yang sudah kami singgung di awal bahwa surat ini dikirimkan kepada seseorang yang sudah terbukti telah melakukan pelanggaran terhadap peraturan maupun kebijakan yang berlaku dalam perusahaan.
  • Ketidakhadiran, surat ini dikirimkan kepada seseorang yang juga mengalami masalah absensi. Sama dengan keterlambatan, biasanya surat ini diterima oleh seseorang yang sudah beberapa kali tidak hadir ke tempat kerja, terlebih lagi jika ketidakhadirannya tidak disertai dengan bukti atau membuat surat izin yang jelas.

Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa contoh surat SP, maka silahkan anda simak penjelasan kami berikut ini. Diharapkan setelah anda sudah paham jika nanti diminta untuk membuat sebuah contoh surat peringatan yang baik dan sesuai dengan ketentuan.

1. Contoh surat SP 1 Pegawai Negeri Sipil

contoh surat SP 1 Pegawai Negeri Sipil

DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA

Jl. KH. Hasyim Asy’ari No. 29, Surabaya

Surat Peringatan

No. 45/SP-1/VIII/19

Surat peringatan ini ditujukan kepada:

Nama: Neno Warisman Susanti

NIP: 4567890 96435657

Jabatan : Guru Pendidikan Kewarganegaraan

Surat ini dibuat untuk menindaklanjuti pelanggaran yang saudari lakukan yaitu berkaitan dengan ketidakhadiran saudari sebagai pengajar di SMA Negeri 5 Surabaya. Saudari Neno Warisman Susanti terbukti tidak masuk  kerja selama 5 (lima) hari secara berturut-turut terhitung mulai tanggal 4 Agustus 2019 sampai dengan 9 Agustus 2019. Saudari juga tidak menyertakan alasan mengapa tidak dapat hadir ke SMA Negeri 5 Surabaya.

Dengan segala pertimbangan yang sudah dilakukan, maka saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya telah mengirimkan surat peringatan dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:

  • Surat peringatan ini memiliki masa berlaku selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sejak tanggal surat ini diterbitkan.
  • Jika saudari Neno Warisman Susanti masih belum memberikan tanggapan dan disertai dengan bukti atas pelanggaran yang dilakukan, maka Kepala Dinas Kota Surabaya akan melayangkan surat peringatan selanjutnya atau SP2. Surat tersebut juga memiliki batas waktu setidak-tidaknya 1 (satu) bulan sejak pertama kali terbit.
  • Jika ternyata saudari Neno Warisman Susanti masih belum menanggapi, maka saya akan langsung mengirimkan surat peringatan terakhir atau SP3 dengan menyatakan saudara sudah tidak menjabat sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil di SMA Negeri 5 Surabaya.
  • Jika saudari Neno Warisman Susanti ternyata memberikan tanggapan dan menjelaskan alasan atas pelanggaran yang dilakukan, maka surat peringatan ini sudah tidak berlaku. Meskipun begitu, saudari tetap akan diberikan sanski berupa pemotongan gaji sebesar 10% untuk disedekahkan kepada Masjid Nurul Huda Surabaya.

Demikian surat peringatan ini saya buat. Sudah selayaknya sebagai Pegawai Negeri Sipil untuk selalu patuh terhadap peraturan yang berlaku karena ia merupakan cerminan dan tauladan bagi siswa-siswanya. Semoga surat ini dapat dijadikan sebagai pelajaran agar bisa lebih bekerja secara profesional di kemudian hari.

Surabaya, 10 Agustus 2019

Kepala Dinas Kota Surabaya

 

Mukhammad Andika Kangen Band

2. Contoh surat SP untuk  Guru

contoh surat SP untuk guru

SMA Negeri 6 Surabaya

Jl. Agung Wakdoyok No. 51 Surabaya

Surat Peringatan

Surat peringatan ini diberikan kepada:

Nama: Nanda Putri Jamaludin

Alamat: Jl. Kayu Jati No. 11 Surabaya

Jabatan: Guru IPA

Surat ini menyatakan bahwa saudari Nanda Putri Jamaludin tidak masuk kerja selama lebih dari 5 hari tanpa alasan yang jelas. Ketidakhadiran saudari terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2019 sampai 10 Agustus 2019. Dengan alasan tersebut, maka saya selaku Kepala SMA Negeri 6 Surabaya telah mengirimkan surat peringatan dengan ketentuan seperti di bawah ini:

  • Saudari Nanda Putri Jamaludin harus menjelaskan alasannya mengapa tidak hadir selama 5 hari.
  • Surat ini tidak berlaku setelah saudari menjelaskan dan memberikan bukti yang bisa diterima.

Demikian surat ini saya buat agar bisa menjadi pelajaran untuk kita semua demi menjadi pengajar yang profesional.

Surabaya, 10 Agustus 2019

Kepala SMA Negeri 6 Surabaya

 

Andika Sibolga

3. Contoh surat SP guru fisika

contoh surat SP

4. Contoh surat SP keterlambatan kerja

contoh surat SP

5. Contoh surat SP Karyawan

contoh surat SP

Demikian penjelasan mengenai contoh surat SP. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.