5 Contoh Teks Anekdot dan Strukturnya

Makalah.id Sedang mencari contoh teks anekdot dan strukturnya? Namun sebelum itu kami akan menerangkan tentang apa itu teks anekdot lengkap dengan beberapa penjelasan penting yang terkait dengan teks tersebut. Perlu anda tahu bahwa teks ini merupakan salah satu materi bahasa Indonesia yang akan selalu kita temui.

Sebenarnya membuat teks anekdot tidaklah sulit. Namun memang teks ini memiliki perbedaan dengan teks yang lainnya seperti teks deskripsi atau teks persuasi. Selain itu, anda mungkin juga sering menemukan teks yang tergolong ke dalam teks anekdot namun anda tidak menyadarinya. Maka dari itu, berikut ini akan kami berikan beberapa contoh teks anekdot dan strukturnya. Setelah membaca informasi yang kami berikan di bawah ini dapat membuat anda bisa lebih mudah memahami teks ini.

Pengertian Teks Anekdot

Teks anekdot adalah teks yang digunakan untuk memberikan kritik dan sindiran kepada seseorang atau kelompok berkaitan dengan isu tertentu. Ada salah satu poin penting yang harus anda ketahui dimana poin inilah yang menjadi perbedaan antara teks anekdot dengan teks lainnya. Memang ada beberapa jenis teks lain yang isinya tentang sinidran atau kritikan.

Yang membedakannya dengan teks anekdot adalah teks tersebut menyajikannya dengan menyisipkan sisi kelucuan atau humor. Jadi, meskipun isinya berupa kritikan namun disajikan dengan humor. Ada beberapa topik yang kerap dijadikan sebagai pembahasan oleh teks ini, seperti pendidikan, politik, pelayanan publik, lingkungan, dan lain-lain.

Ciri Teks Anekdot

Untuk semakin mempermudah anda di dalam membedakan mana teks anekdot dan mana teks yang lainnya, silahkan anda mempelajari lebih lengkap tentang beberapa ciri yang dimiliki oleh teks yang satu ini.

1. Terdapat unsur jenaka

Ciri yang pertama dari teks anekdot adalah teks ini memiliki unsur jenaka, lucu, atau humoris. Memang pada dasarnya teks ini bertujuan untuk menyindir maupun mengkritik seseorang, akan tetapi penyajiannya berbeda dengan teks yang lainnya. Jika anda membaca teks ini, anda bisa menangkap sisi humornya sekaligus dengan maksud yang ada di dalam teks ini.

2. Terselip sindiran

Ciri yang kedua adalah teks ini isinya tentang sindiran atau kritik. Memang ada banyak teks di luar sana yang bertujuan untuk memberikan kritikan atau sindiran. Ada yang memberikan kritikan atau sindiran secara halus atau bahkan ada yang terang-terangkan.

Namun berbeda dengan teks anekdot  dimana kritikan atau sindiran yang disampaikan bersifat tersirat. Jadi, anda tidak bisa secara jelas mengetahui maksud dari kritikan yang diberikan karena memang tidak tertera di dalam teks. Jadi, untuk memahami maksud dari sindiran atau kritikan yang diberikan, biasanya diperlukan pemahaman yang mendalam atau anda perlu membaca teks ini beberapa kali. Dengan begitu, anda bisa menangkap makna yang sebenarnya dari teks anekdot yang anda baca tersebut.

3. Teksnya berisi seperti perumpamaan

Ciri yang ketiga dari teks anekdot adalah teks ini isinya seperti perumpamaan. Jika anda perhatikan, isi dari teks anekdot adalah seperti dongeng yang mana pembuatannya menggunakan karangan atau imijanasi. Namun semua karangan tersebut bukan hanya sekedar dongeng belaka. Kejadiannya memang benar-benar terjadi dan dialami oleh kebanyakan orang.

4. Terdapat tokoh yang ada di sekitar kita

Salah satu ciri lain yang membedakan antara teks anekdot dengan teks lainnya adalah toko atau karakter yang ditampilkan dalam cerita. Tokoh atau karakter yang ditampilkan bukan orang fiktif atau tidak nyata melainkan  tokoh yang kehidupannya berpengaruh terhadap orang banyak dan mungkin saja tokoh tersebut ada di sekitar anda.

Contohnya ketika teks anekdot ini membahas seputar politik, maka tokoh yang ditampilkan adalah seseorang yang memang terkenal berkecimpung di dunia politik. Begitu pula ketika teks ini membahas seputar pendidikan atau layanan publik atau membahas kondisi negara secara umum.

Struktur Penulisan Teks Anekdot

Berikut ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting untuk anda. Informasi tersebut tidak lain adalah seputar struktur penulisannya. Di dalam menulis atau membuat teks ini anda harus berpedoman pada struktur yang akan kami bagikan di bawah ini.

  • Abstraksi
    • Sesuai namanya, bagian ini merupakan bagian dalam teks anekdot yang isinya seputar penggambaran secara universal dari topik yang sedang dibicarakan.
    • Abstraksi merupakan bagian awal dan secara tidak langsung merupakan bagian pengenalan untuk mulai mengajak pembaca mengetahui lebih dalam seputar teks anekdot.
  • Orientasi
    • Setelah abstraksi, maka struktur yang kedua adalah orientasi. Bagian ini merupakan bagian dimana cerita awal mulai diperkenalkan kepada pembaca.
    • Oritensi merupakan bagian yang isinya seputar latar belakang atau dasar dari sebuah kejadian atau topik yang sedang dibahas.
  • Krisis
    • Krisis merupakan struktur penulisan teks anekdot yang posisinya berada di tengah-tengah.
    • Lalu apa isi dari krisis? Bagian ini isinya tentang permasalahan yang dibahas pada teks anekdot.
    • Krisis adalah bagian seputar masalah utama yang prosesnya terjadi secara tidak biasa, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat terjadi terhadap penulis teks ini.
  • Reaksi
    • Jika membahas krisi, maka anda juga harus membahas seputar reaksi.
    • Reaksi merupakan struktur teks anekdot yang isinya tentang pelengkap dari penyelesaian konflik atau masalah.
    • Namun penyelesaiannya tersebut dilakukan dengan menggunakan cara yang tidak biasa.
  • Koda 
    • Jika abstraksi merupakan bagian pembuka, maka koda merupakan bagian penutup.
    • Koda berisi keterangan bahwa cerita yang disajikan sudah selesai. Ketika pembaca sudah selesai membaca dan memahami isi dari teks anekdot, maka pembaca dapat menarik kesimpulan serta mengambil pelajaran penting dari cerita atau topik yang dibahas.

1. Contoh teks anekdot seputar rokok

Contoh teks anekdot seputar rokok

Contoh teks anekdot seputar rokok

2. Contoh teks anekdot yang benar dengan strukturnya

Contoh teks anekdot yang benar dengan strukturnya

Contoh teks anekdot yang benar dengan strukturnya

3. Contoh teks anekdot singkat

Contoh teks anekdot singkat

Contoh teks anekdot singkat

4. Contoh teks anekdot tentang kecelakaan

Contoh teks anekdot tentang kecelakaan

Contoh teks anekdot tentang kecelakaan

5. Contoh teks anekdot sederhana

Contoh teks anekdot sederhana

Contoh teks anekdot sederhana

Itulah informasi yang dapat kami berikan tentang pengertian, fungsi, ciri, dan contoh teks anekdot dan strukturnya.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.