5 Contoh Teks Prosedur Mulai Sederhana Sampai Kompleks

Makalah.id – Apa itu teks prosedur? Seperti apa contoh teks prosedur? Ketika kita akan melaksanakan sesuatu, pasti ada berbagai tahapan atau langkah-langkah yang harus anda lalui untuk bisa sampai ke tahap sekarang. Langkah-langkah inilah yang dinamakan sebagai prosedur. Langkah-langkah tersebut harus tersusun secara sistematis dan saling keterkaitan antara langkah pertama hingga langkah terakhir.

Salah satu contoh teks prosedur yang mudah anda temukan adalah pada bungkus mie instan. Di sana terdapat teks prosedur yang menjelaskan langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika anda ingin memasak mie instan tersebut. Bukan hanya pada mie instan, di berbagai perangkat elektronik, laboratorium, dan lain-lain pasti memiliki teks prosedurnya masing-masing.

Contoh Teks Prosedur yang Benar

Teks prosedur adalah teks yang di dalamnya berisi tentang langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Langkah-langkah atau cara yang dibuat tidak boleh disusuns secara sembarangan. Setiap langkah harus disusun secara sistematis dan saling keterkaitan satu dengan yang lainnya. Jika ada teks yang memang isinya langkah-langkah tapi tidak berurutan, maka teks tersebut masih belum bisa dinamakan sebagai teks prosedur.

Perlu diperhatikan bahwa teks prosedur ini tidak sama dengan surat kuasa, surat pengunduran diri, maupun surat-surat lainnya. Teks prosedur ini di dalamnya berisi tentang kalimat perintah atau arahan agar seseorang tersebut melakukan langkah-langkah seperti yang sudah tertera di dalam surat tersebut.

Untuk membedakan antara teks prosedur dengan teks jenis lainnya, maka silahkan anda simak penjelasan kami di bawah ini. Kami akan memberikan informasi sedikit tentang apa saja yang membuat teks prosedur berbeda.

  • Teks prosedur di dalamnya berisi tentang cara dalam melakukan sesuatu.
  • Langkah-langkah yang ada di dalam teks prosedur di susun dengan rapi dan sistematis, artinya setiap langkah saling berhubungan dan berurutan.
  • Langkah-langkah yang ada di dalam teks prosedur tidak boleh diacak. Maksudnya, anda tidak bisa langsung ke langkah ke 3 atau setelah langkah ke 1 langsung ke 4, dan lain sebagainya.
  • Isi dari teks ini biasanya menggunakan imparatif atau kalimat perintah.
  • Teks prosedur juga memiliki ciri lainnya yaitu penggunaan konjungsi atau kata hubung, seperti pertama, kedua, setelah itu, kemudian, langkah selanjutnya, dan lain sebagainya.
  • Ciri lainnya adalah teks ini juga biasanya berisi mengenai kata keterangan. Fungsinya tidak lain adalah untuk menyatakan waktu, tempat, dan cara yang harus dilakukan.

1. Contoh teks prosedur menggunakan vacuum cleaner

Vacum cleaner adalah alat yang digunakan untuk menyedor debu. Itulah kenapa alat ini di Indonesia disebut sebagai penyedot debu yang bisa digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran di tempat kerja, rumah, mobil, dan di berbagai tempat lainnya.

Sebelum anda menggunakan vacum cleaner, pastikan anda tahu mengenai bagaimana cara mengoperasikannya:

  • Langkah pertama, masukkan kabel penyedot debu ke stopkontak. Kemudian anda tekan ON pada tombol yang ada di vacum cleaner.
  • Langkah kedua, dekatkan alat penyedot debu ke tempat yang berdebu. Anda bisa memaju mundurkan alat tersebut untuk membersihkan debu di tempat-tempat yang memang terkenal banyak debunya.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol OFF dan jangan lupa cabut kabel yang sebelumnya anda tancapkan pada stopkontak.

2. Contoh teks prosedur cara menghidupkan komputer

Siapa yang tidak tahu komputer? Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita, terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan dunia kerja bidang TIK. Seseorang yang hendak menggunakan komputer sudah pasti harus menghidupkannya terlebih dahulu.

Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan tentang bagaimana cara menghidupkan komputer yang benar:

  • Siapkan komputer
  • Kemudian anda tancapkan kabel monitor dan juga kabel CPU ke stop kontak. Biasanya kedua kabel ini akan dimasukkan ke colokan T.
  • Setelah itu, anda nyalakan komputer dengan menekan tombol pada CPU. Tombol tersebut berada di depan CPU yang biasanya berukuran paling besar dibandingkan dengan tombol untuk restart.
  • Tunggulah beberapa saat karena sekarang komputer anda sedang dalam proses booting.
  • Jika berhasil, sekarang seharusnya anda sudah bisa masuk ke menu utama dari komputer tersebut.

3. Teks prosedur mematikan komputer

Selain memahami tentang bagaimana cara menghidupkan komputer, anda juga harus tahu tentang bagaimana cara mematikannya. Mematikan komputer tidak sama dengan mematikan perangkat elektronik lainnya yang hanya perlu anda tekan OFF terus anda cabut kabelnya. Ada beberapa langkah yang harus anda ikuti agar supaya mematikan komputer sesuai dengan ketentuan.

Jika anda tidak mematikan komputer dengan benar, bisa-bisa komputer anda malah error. Sekedar informasi bahwa salah satu dampak dari mematikan komputer sembarangan adalah hardisk. Jika hardisk bermasalah, maka resiko paling besar adalah komputer anda tidak bisa booting dan masuk ke menu utama.

  • Langkah pertama, pastikan anda sudah menutup semua dokumen atau file yang anda buat. Jika beleum, maka tutuplah satu-satu dokumen, folder, atau file anda tersebut.
  • Langkah kedua, anda arahkan pointer mouse menuju ikon Start. Ikon ini bisa bermacam-macam tergantung sistem operasi yang anda gunakan. (Kali ini kami menggunakan sistem operasi Windows 7).
  • Langkah ketiga, di sebelah kanan bagian menu pencarian, anda akan menemukan tulisan Shut Down. Anda tinggal klik dan tunggulah sampai komputer anda mati. Tidak perlu anda tekan apapun karena komputer akan otomatis menjalankan perintah kita.

Selain itu, anda sebenarnya bisa menggunakna tombol kombinasi ALT + F4. Namun cara yang seperti ini terkadang beresiko ketika anda belum menutup lembar kerja anda.

4. Teks prosedur membuat teh hangat

contoh teks prosedur

5. Teks prosedur menggunakan ATM

contoh teks prosedur

Demikian penjelasan pengertian dan beberapa contoh mengenai teks prosedur. Kami menyarankan anda mempelajari informasi lainnya yaitu contoh surat pernyataan orang tua. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.