6 Contoh Berita Acara Kegiatan Terlengkap

Makalah.id – Apa anda tahu bagaimana membuat contoh berita acara kegiatan yang benar? Mungkin anda yang bekerja di instansi pemerintah pasti pernah mendengar istilah yang satu ini. Berita acara merupakan dokumen yang nanti digunakan sebagai bukti bahwa pada hari dan tanggal serta hari telah dilakukan sebuah kegiatan. Kegiatan tersebut tentunya bermacam-macam, ada yang berupa rapat, serah terima, transaksi jual beli, dan masih banyak yang lainnya.

Sebenarnya membuat contoh berita acara kegiatan tidak sulit. Mungkin yang membuat orang bingung adalah seperti apa berita acara yang baik agar nanti benar-benar dapat dijadikan sebagai bukti legal mengenai suatu aktivitas atau kegiatan tertentu. Perlu anda tahu bahwa berita acara memiliki peran yang sentral pada setiap instansi. Mengapa? Karena instansi tersebut akan menggunakan berita acara kegiatan sebagai buktu yang otentik alias asli bahwa telah dilakukan kegiatan tertentu sesuai dengan tanggal, hari, dan jam yang tertera pada berita acara tersebut.

Cara Membuat Berita Acara Kegiatan

Bukan hanya surat resmi seperti surat perjanjian kotrak saja yang memiliki tata cara pembuatannya. Berita acara kegiatan pun juga memiliki beberapa langkah yang harus anda ikuti jika ingin agar berita acara yang anda buat benar-benar sesuai dengan ketentuan. Maka dari itu, untuk membantu anda membuat berita acara kegiatan, silahkan anda simak informasi yang kami bagikan di bawah ini:

  • Acara kegiatan yang ditulis dalam berita acara harus dijelaskan secara lengkap dan rinci. Beberapa informasi yang tidak boleh dilewatkan adalah nama, tanggal lahir, tempat tinggal, alamat, jam, dan beberapa informasi penting lainnya. Dengan meletakkan informasi-informasi penting tersebut di awal, maka nanti berita acara yang anda buat akan memiliki nilai keabsahan.
  • Jangan lupa bahwa berita acara wajib ditulis dengan berdasarkan urutannya. Jadi, anda harus paham urutan kegiatan yang diselenggarakan agar nanti ketika anda menulisnya ke dalam berita acara kegiatan, maka urut-urutannya sudah benar dan tidak perlu ada revisi.
  • Informasi yang tidak kalah penting adalah mencatat seputar tempat kejadian atau tempat dimana kegiatan tersebut diselenggarakan. Informasi seputar alamat, jalan, bahkan kode pos disarankan untuk anda masukkan ke dalam berita acara.
  • Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dari pihak-pihak yang memang memiliki kewenangan terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.
  • Sama halanya dengan surat perjanjian jual beli, berita acara pun juga diharapkan harus memiliki saksi terpercaya yang akan semakin membuat berita acara kegiatan tersebut otentik dan tidak akan dipermasalahkan.
  • Jangan lupa bahwa berita acara yang anda buat harus menggunakan bahasa resmi. Mengapa? Karena berita acara tersebut merupakan dokumen yang sifatnya formal sehingga harus menggunakan bahasa formal yang sesuai dengan EYD.
  • Kemudian, jangan sampai anda salah tulis alias typo karena dikhawatirkan berita acara yang anda buat malah salah tafsir atau pengertian. Maka dari itu, anda harus mengecek setiap kata secara benar dan jangan sampai ada kesalahan.

1. Contoh berita acara kegiatan rapat

Sebenarnya untuk berita acara kegiatan bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah kegiatan rapat. Rapat merupakan salah satu kegiatan resmi yang dilakukan oleh organisasi, instansi, maupun institusi. Dikarenakan kegiatan resmi, maka disarankan agar supaya kegiatan tersebut ditulis dalam berita acara. Lalu apa isi dari berita berita acara kegiatan rapat? Tentunya isinya adalah mengenai urutan kegiatan yang berlangsung, termasuk juga agenda rapat dan juga hasil dari rapat tersebut.

Penulis atau notulen yang bekerja untuk mencatat harus benar-benar mengikuti jalannya rapat. Dengan begitu, maka dia tidak akan ketinggalan informasi penting sehingga semua hal yang penting terutama tentang keputusan rapat bisa dituangkan ke dalam berita acara kegiatan tersebut. Jangan lupa bahwa berita acara rapat juga harus mencantumkan tanda tangan.

Tanda tangan tersebut bukan hanya berasal dari kepala atau ketua rapat, melainkan juga dari setiap anggota yang hadir dalam rapat tersebut. Tujuannya agar dikemudian hari bisa diketahui kira-kira siapa saja yang hadir dalam rapat tersebut karena bisa dilihat dari tanda tangan pada daftar peserta yang hadir pada kegiatan rapat.

Di bawah ini akan kami berikan format penulisan berita acara kegiatan rapat yang benar:

contoh berita acara kegiatan rapat

BERITA ACARA RAPAT

Dalam rangka ……….., maka pada:

hari: ………….

tanggal: ……….

tahun: …………..

tempat: …………

 

Telah diselenggarakan kegiatan rapat perihal ……………… Rapat tersebut dihadiri oleh sebagaimana yang tercantum dalam daftar hadir rapat.

Adapun Pimpinan Rapat dan Narasumber yaitu:

  • Mukhammad Andika Sujarwo, M.Si selaku Pimpinan Rapat
  • M. Suryo Hadi Susilo, ST selaku Narasumber

Setelah dilakukan diskusi seputar agenda rapat yang sudah disebutkan sebelumnya, maka semua unsur dan pihak-pihak yang hadir dalam rapat telah sepakat terhadap apa yang menjadi keputusan dari hasil rapat tersebut. Adapun keputusan rapat yang sudah disepakati antara lain:

  1. …………………………………..
  2. …………………………………..
  3. …………………………………..

Demikian berita acara rapat yang dibuat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Bandung, 10 Januari 2020

Pimpinan Rapat                                                                                     Notulen

2. Contoh berita acara kegiatan serah terima

Contoh berita acara kegiatan serah terima

Contoh berita acara kegiatan serah terima

3. Contoh berita acara perizinan kegiatan

Contoh berita acara perizinan kegiatan

Contoh berita acara perizinan kegiatan

4. Contoh berita acara penyelesaian pekerjaan

Contoh berita acara penyelesaian pekerjaan

Contoh berita acara penyelesaian pekerjaan

5. Berita acara pengembalian barang

Berita acara pengembalian barang

Berita acara pengembalian barang

6. Contoh berita acara rapat

Contoh berita acara rapat

Contoh berita acara rapat

Seperti yang anda lihat bahwa contoh di atas merupakan contoh penulisan berita acara rapat yang sederhana. Meskipun begitu, isinya sudah mencakup semua hal yang memang harus ada di dalam penulisa berita acara. Selain itu, anda juga melihat tanda tangan dari pihak-pihak yang memiliki peran penting dalam jalannya rapat.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai pengertian dan beberapa contoh berita acara kegiatan. Anda bisa melihat sendiri bahwa untuk dapat membuat berita acara yang baik, maka anda harus benar-benar paham tentang kegiatan yang diselenggarakan serta apa saja informasi lainnya. Maka dari itu, seorang notulen diharapkan paham tentang jalannya kegiatan. Dengan begitu, ketika hendak memasukkan kegiatan tersebut dalam berita acara, maka notulen tersebut tidak akan kesulitan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.