Contoh Laporan Perjalanan Berbagai Keperluan

Makalah.id – Pernah membuat contoh laporan perjalanan? Mendengar kata laporan kunjungan, pasti yang terdapat di dalam benak anda adalah tugas yang diberikan oleh sekeolah maupun instansi dimana kita diminta untuk menuliskan apa kegiatan yang sudah kita lakukan, tentunya dalam hal ini kegiatan kunjungan. Kegiatan tersebut diminta untuk dituangkan ke dalam tulisan dengan penggunaan format maupun bahasa yang sekilas tidak jauh berbeda dengan skripsi ekonomi manajemen atau skripsi manajemen pemasaran.

Namun anda harus tahu bahwa membuat laporan kunjungan yang baik bukan hanya berfokus pada bahasa yang kita gunakan. Membuat contoh laporan perjalanan yang baik adalah harus paham betul kira-kira apa saja yang harus ditulis pada setiap bab maupun jug sub bab dari laporan tersebut. Maka dari itu, silahkan anda menyimak informasi yang kami bagikan berikut ini. Dengan begitu, anda nanti dapat memnbuat sebuah laporan kunjungan yang sesuai dengan ketentuan.

Sebenarnya ada beberapa jenis laporan yang umum dikerjakan, diantaranya:

  • Laporan kegiatan
    • Laporan ini dibuat dengan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan. Contohnya laporan tentang kegiatan liburan ke Lawang Sewu atau kegiatan lainnya.
  • Laporan perjalanan
    • Laporan ini menerangkan tentang kunjungan ke suatu tempat atau lokasi. Misalnya, laporan perjalanan ke Candi Prambanan, Laporan perjalanan ke rumah sakit, dan lain-lain.
  • Laporan pengamatan
    • Laporan pengamatan berisi informasi tentang hasil pengamatan yang dilakukan. Isinya berupa fakta dan bukan rekaan karena nanti akan disertakan bukti data.

Pengertian Laporan Perjalanan

Apa itu laporan perjalanan? Laporan perjalanan adalah laporan yang berupa hasil kunjungan maupun perjalanan ke suatu tempat atau lokasi tertentu. Laporan ini dibuat berdasarkan pengmatan terhadap objek maupun tempat yang kita kunjungi. Lalu apa isi dari laporan kunjungan? Adapun isi dari laporan ini adalah berkaitan dengan semua kegiatan yang dilakukan, mulai dari keberangkatan sampai pulang dari obkek yang dikunjungi.

Jadi, untuk dapat menulis laporan ini kita harus mengunjungi tempat tersebut terlebih dahulu. Seseorang yang ditugaskan untuk membuat laporan perjalanan harus memahami bahwa laporan ini harus menggunakan bahasa yang formal. Pastikan bahasa yang digunakan mapun tulisan yang dituangkan dalam laporan tidak ada yang sampai meniimbulkan salah persepsi.

Langkah-Langkah dalam Membuat Laporan Perjananan

Di awal anda sudah mengetahui pengertian dan bagaimana sekilas tentang isi dari laporan perjalanan. Sekarang kami akan memberikan informasi seputar apa saja langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika hendak membuat sebuah laporan kunjungan. Informasi yang kami bagikan di bawah ini akan sangat berguna karena anda nanti tidak bingung lagi apa saja yang harus and lakukan ketika membuat laporan kunjungan maupun laporan yang lainnya.

  • Background Travel
    • Pertama, anda harus mengetahui kira-kira apa alasan yang membuat instansi maupun institusi anda memerintahkan anda untuk mengunjungi suatu tempat tertentu.
    • Misalnya tujuan anda datang atau berkunjung ke suatu tempat karena ingin mengetahui tentang keunggulan dari tempat tersebut, dan lain-lain.
  • Tujuan Perjalanan
    • Setiap perjalanan yang dilakukan sudah tentu memiliki tujuannya masing-masing. Tidak terkecuali dengan laporan kunjungna yang anda buat.
    • Anda harus mencari tahu kira-kira apa yang sebenarnya menjadi sebab anda harus pergi ke tempat tersebut.
    • Dengan mengetahui tujuan dari perjalanan yang anda lakukan, maka kegiatan anda tersebut nantinya sesuai dengan apa yang direncanakan dan yang diinginkan oleh sekolah, perusahaan, maupun instansi yang memberikan tugas tersebut kepada anda.
  • Keuntungannya
    • Apakah laporan kunjungan memiliki keuntungan? Tentu saja laporan kegiatan bertujuan untuk menambah wawasan, maupun untuk berbagi ilmu pengetahuan.
  • Jadwal dan Lokasi Kegiatan
    • Laporan perjalanan juga harus mencantumkan informasi yang berhubungan dengan jadwal serta lokasi kegiatan.
    • Di sini anda harus mencantumkan informasi secara jelas dan berurutan mengenai kegiatan yang anda lakukan selama melakukan perjalanan.
  • Biaya 
    • Apakah laporan perjalanan perlu mencantumkan informasi tentang biaya? Memang untuk hal-hal yang berhubungan dengan biaya merupakan tugas dari bendahara. Namun, anda bisa menuliskan tentang berapa perkiraan biaya yang anda butuhkan selama melakukan perjalanan tersebut. Ingat, biaya tersebut juga sudah termasuk uang konsumsi dan juga transportasi.
    • Jadi, anda harus menulis secara rinci tentang perkiraan biaya yang akan anda butuhkan selama melakukan perjalanan tersebut.
  • Kesimpulan
    • Laporan perjalanan yang baik juga haurs menjelaskan secara singkat tentang perjalanan yang mereka lakukan. Yang harus anda tulis adalah kesimpulan mengenai semua kegiatan atau perjalanan yang anda lakukan. Selain itu, anda juga harus meminta saran agar supaya laporan yang anda buat bisa lebih baik lagi.
    • Anda juga harus menerangkan pada bagian kesimpulan bahwa anda juga membutuhkan kritik yang membangun untuk kedepannya bisa memperbaiki apa saja yang menjadi kekurangan dalam laporan perjalanan tersebut.

1. Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Berikut ini akan kami berikan informasi seputar contoh laporan perjalanan ke wisata. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi untuk membuat sebuah contoh laporan kunjungan yang baik.

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh Laporan Perjalanan Wisata

2. Contoh laporan perjalanan Dinas

Contoh laporan perjalanan Dinas

Contoh laporan perjalanan Dinas

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang pengertian dan contoh laporan perjalanan. Seperti yang anda lihat bahwa sebenarnya membuat laporan perjalanan tidak jauh berbeda dengan ketika anda membuat laporan prakerin. Mengapa? Karena di dalamnya memuat tata cara atau bagian-bagian yang tidak jauh berbeda. Meskipun nanti anda akan melihat adanya beberapa penambahan yang tidak ada di jenis laporan yang lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.