Contoh Laporan Study Tour Sesuai Prosedur

Makalah.id – Seperti apa contoh laporan study tour yang benar? Bagi anda yang sekarang bekerja atau mungkin masih pelajar, pasti tidak asing dengan yang namanya study tour. Bahkan study tour biasanya dijadikan sebagai salah satu program yang akan dilaksanakan minimal setahun sekali untuk semua jenjang. Study tour adalah kegiatan yang dilakukan di luar sekolah yang bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai seperti apa proses yang sebenarnya ada di kehidupan nyata.

Study tour dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik agar mereka memiliki pengalaman secara langsung. Mengapa study tour itu penting? Hal ini karena tidak mungkin seorang pengajar menghadirkan setiap peristiwa yang terjadi kepada peserta didik. Jadi, lebih baik peserta didik tersebut langsung dibawa ke suatu tempat untuk mengamati atau mempelajari suatu objek yang masih ada kaitannya dengan apa yang diajarkan di kelas.

Namun perlu diingat, setelah melakukan kegiatan ini maka tentunya harus ada sebuah butki atau laporan yang menunjukkan bahwa sudah berlangsung kegiatan study tour. Laporan inilah yang dinamakan sebagai laporan study tour. Dalam membuat contoh study tour yang baik sebenarnya tidak sulit. Bahkan tidak jauh berbeda dengan laporan lain seperti laporan PKL industri atau laporan prakerin.

Memang antara laporan study tour dengan laporan lainnya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut seperti ada pada tujuan maupun mungkin sedikit perbedaan format di dalamnya. Maka dari itu, sebagai referensi akan kami berikan seperti apa contoh laporan study tour yang baik agar anda ketika diminta membuat laporan seputar kegiatan study tour tidak akan mengalami kesulitan karena sudah mempelajarinya berdasarkan keterangan kami di bawah ini.

Apa Fungsi Laporan Study Tour?

Sebenarnya laporan study tour tidak jauh berbeda dengan laporan perjalanan. Laporan ini nantinya akan menerangkan tentang kunjungan sekolah ke suatu tempat yang mana laporan tersebut akan ditulis dengan berdasarkan pengalaman dan pengamatan dari objek atau tempat yang dikunjungi tersebut. Lalu apa isi dari laporan study tour? Isinya tentu saja mulai dari awal keberangkatan, kegiatan di lokasi, sampai dengan kegiatan pulang.

Seorang penulis laporan study tour harus benar-benar memahami kegiatan study tour tersebut agar supaya dapat membuat sebuah laporan yang runtut dimana setiap kegiatannya akan ditulis secara sistematis. Maka dari itu, biasanya penulis study tour akan diajak menuju lokasi study tour agar supaya dia memahami dan tahu apa yang akan dituangkan dalam laporannya tersebut.

Beberapa ketentuan yang harus diperhatikan sebelum menulis laporan study tour antara lain:

  • Contoh laporan study tour yang baik adalah menggunakan bahasa Indonesai yang baik.
  • Pastikan tidak ada kesalahan tulis atau typo karena dikhawatirkan malah membuat laporan anda kurang menarik.
  • Anda harus menerangkan apa saja yang dilakukan selama melakukan study tour, mulai dari awal keberangkatan sampai pulang.

Langkah dalam Membuat Laporan Study Tour

Berikut ini kami akan menerangkan tentang bagaimana cara membuat laporan study tour yang benar sesuai dengan ketentuan atau aturan yang berlaku:

  • Latar Belakang
    • Latar belakang merupakan bagian yang ada di dalam pendahuluan (Bab I) yang memang untuk jenis laporan apapun anda pasti menemukan bagian yang satu ini.
    • Fungsi dari latar belakang atau background menerangkan secara sekilas mengenai alasan mengapa laporan ini dibuat.
  • Nama Kegiatan
    • Sebenarnya urutan antara nama kegiatan dengan latar belakang bisa berbeda-beda. Ada yang latar belakang ada sebelum nama kegiatan. Ada juga contoh study tour yang meletakkan nama kegiatan lebih dulu dan baru menulis latar belakang.
    • Nama kegiatan ini nanti bisa juga dijadikan sebagai judul dari kegiatan yang sudah anda laksanakan.
  • Tujuan kegiatan
    • Dari namanya kami yakin anda sudah paham bahwa tujuan kegiatan menjelaskan tantang maksud atau tujuan dari kegiatan study tour tersebut.
    • Dalam penulisan tujuan kegiatan ini biasanya akan dituangkan ke dalam beberapa poin yang dibuat sesuai kebutuhan laporan.
  • Waktu dan tempat
    • Waktu dan tempat juga masih berada dalam bab I yang mana isinya menerangkan tentang kapan kegiatan study tour dilakukan.
    • Selain itu, lokasi study tour juga harus dituangkan dalam bagian ini. Ingat, anda harus menulis secara lengkap tentang lokasi study tour dan bukan hanya nama dari lokasi yang anda tuju melainkan juga alamatnya dan bila perlu ada nomor teleponnya di situ.
  • Peserta
    • Untuk peserta di sini harus diisi dengan siswa yang mengikuti study tour, termasuk juga pendamping atau dalam hal ini guru.
  • Pelaksanaan 
    • Bagian ini sudah masuk ke Bab II yang isinya tentang rentetan kegiatan mulai dari persiapan, keberangkatan, sampai dengan kepulangan.
    • Maka dari itu, penting bagi seorang penulis laporan study tour untuk mengikuti kegiatan ini secara langsung. Dengan begitu, dia bisa tahu kira-kira seperti apa persiapan yang dilakukan oleh siswa atau sekolah, keberangkatannya dari mana dan jam berapa, sampai  dengan selesai study tour.
  • Penutup
    • Penutup adalah bagian dalam laporan yang ada di Bab III. Isinya berupa kesimpulan dari kegiatan yang sudah dilakukan.
    • Selain itu, bagian penutup juga berisi tentang permintaan saran terhadap kegiatan yang sudah dilakukan tersebut.
    • Pesan dan kesan juga merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan karena sudah pasti kegiatan study tour yang sudah dilakukan akan berkesan baik bagi siswa maupun para pendampingnya.

Contoh Laporan Study Tour yang benar

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

contoh laporan study tour

Demikian informasi seputar pengertian dan contoh laporan study tour. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.