Metode Penelitian Deskriptif Dalam Menyusun Skripsi S1

Makalah.id – Metode penelitian deskriptif bisa digunakan pada berbagai contoh skripsi. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan judul skripsi, materi dan tempatĀ penelitian yang sudah anda putuskan sebelumnya. Dengan adanya bermacam – macam metode, maka akan mempermudah seorang peneliti dalam menyusun hasil penelitiannya. Seperti yang sudah kita ketahui metode penelitian deskriptif banyak digunakan karena bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan data sebanyak – banyaknya sedetail mungkin.

Metode Penelitian Deskriptif

Metode Penelitian Deskriptif

Meski banyak pilihan metode yang bisa diterapkan pada karya tulis skripsi, tidak ada salahnya jika anda mempelajari metode penelitian deskriptif untuk menambah wawasan anda sobat. Dengan begitu anda jadi lebih tahu perbedaan antara metode penelitian satu dengan metode penelitian lainnya. Berikut ini terdapat beberapa pengaruh penggunaan metode penelitian deskriptif dalam menyusun skripsi :

Susunan Informasi Menjadi Lebih Lengkap dan Terstruktur dengan Rapi

susunan informasi lebih lengkap dan terstruktur

susunan informasi lebih lengkap dan terstruktur

Penggunaan metode penelitian deskriptif sangat cocok digunakan dalam menjabarkan hasil dari penelitian itu sendiri. Penelitian menjadi lebih terperinci dan jelas sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan. Tanpa adanya metode penelitian deskriptif, maka susunan skripsi menjadi kurang baik. Contohnya saja berbagai dokumen yang didapatkan pada saat proses penelitian, jika tidak terdapat penjelasan mengenai dokumen tersebut, maka pembaca akan dibuat kebingungan dan tentu akan banyak pertanyaan yang muncul.

Selain itu banyak yang berpendapat bahwasannya penggunaan metode penelitian deskriptif juga bisa meningkatkan kerapihan dari skripsi itu sendiri. Penyajian data yang jelas dan lengkap disinyalir bisa mempengaruhi kualitas baik dan buruknya sebuah karya tulis skripsi.

Banyak Masalah yang Bisa Segera Ditemukan Solusi Terbaiknya

Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, banyak masalah yang bisa anda pecahkan dengan baik dan mendapatkan solusi terbaik pula. Hal ini dikarenakan metode ini selalu menggunakan prosedur pemecahan suatu masalah dengan cara menyelidiki secara mendalam dengan membuat gambaran terhadap situasi dan kondisi suatu objek penelitian berdasarkan fakta – fakta yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Ketelitian dan kejelian yang dilakukan tersebut, akan bisa dengan mudah membantu menemukan masalah – masalah yang seringkali terjadi. Kemudian bisa dilakukan evaluasi sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Sehingga anda bisa mengambil keputusan secepat mungkin sesuai dengan data yang ada.

Kualitas Skripsi Menjadi Lebih Baik

Penelitian yang didasarkan dengan real data dan sudah dideskripsikan dengan baik, sudah pasti menghasilkan susunan penyajian data yang mempunyai kualitas baik sobat. Anda bisa membedakan antara skripsi yang tidak menggunakan metode penelitian deskriptif dengan skripsi yang menggunakan metode penelitian deskriptif, pasti akan terlihat lebih jelas perbedaannya dari segi kualitas.

Selain itu kualitas baik pada skripsi yang menggunakan metode penelitian deskriptif bisa ditentukan dari tingkat manipulasi yang sangat minim. Nah kondisi ini bisa dikatakan mampu meminimalisasi tindakan tidak bertanggung jawab seperti halnya manipulasi data sobat. Jadi penggunaan metode ini bisa menekan angka manipulasi data dan bisa dengan mudah mengidentifikasinya.

Penyajian Data dan Penyusunan Skripsi Menjadi Lebih Cepat

penyajian data lebih cepat

penyajian data lebih cepat

Dengan adanya data yang sudah berhasil diidentifikasi kemudian dijabarkan dengan sangat detail, tentu saja akan memudahkan anda dalam menyusun sajian data skripsi. Anda tidak akan merasa kebingungan lagi bagaimana mengolah data tersebut, sehingga penyusunan skripsi akan menjadi lebih cepat. Cobalah anda rasakan sendiri manfaatnya jika anda memang betul – betul menerapkan metode ini dengan baik.

Penuyusunan skripsi yang bisa selesai lebih cepat pastinya akan membuat anda menjadi lebih tenang dan bisa mempunyai banyak waktu luang untuk memahaminya lebih dalam sebelum melakukan tahap sidang dan presentasi hasil karya tulis anda tersebut.

Hal – Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Menggunakan Metode Penelitian Deskriptif

Untuk bisa memaksimalkan metode penelitian deskriptif yang sedang anda gunakan, maka anda wajib memperhatikan hal – hal berikut ini agar kualitas skripsi anda bisa lebih baik sobat, antara lain :

  • Membuat rumusan masalah terlebih dahulu sebagai konsep awal.
  • Tentukan tujuan dari penelitian yang akan anda lakukan.
  • Membuat batasan ruang, area atau limitasi terhadap pelaksanaan penelitian deskriptif.
  • Penggunaan teori – teori yang kuat pada bidang ilmu tertentu, dibutuhkan yang namanya perumusan kerangka konseptual atau pun kerangka teori. Selanjutnya bisa di drop down menjadi susunan bentu hipotesa.
  • Mencari sumber pendukung seperti halnya sumber kepustakaan yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pendukung penelitian saat memecahkan masalah.
  • Membuat beberapa rumusan terhadap hipotesa – hipotesa sebelumnya (secara implisit dan juga explisit).
  • Terjun langsung ke lapangan atau tempat objek yang akan diteliti disesuaikan dengan metode penelitian deskriptif tersebut.
  • Tentukan teknik pengumpulan data yang paling tepat untuk dilakukan.
  • Buatlah analisa statistik terhadap berbagai data yang berhasil dikumpulkan setelah proses penelitian berlangsung.
  • Buatlah interpretasi antara hubungan hasil penelitian dengan masalah sosial yang ada sehingga bisa ditemukan pemecahan masalah yang tepat.
  • Berikan berbagai rekomendasi untuk kebijakan yang mungkin bisa ditarik kesimpulan dari masalah yang ada.
  • Buatlah laporan penelitian secara lengkap.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya pengaruh penggunaan metode penelitian deskriptif memang cukup besar dari sebuah penelitian yang dilakukan. Semua data yang didapatkan dari hasil penelitian butuh penjelasan lebih mendalam agar para pembaca bisa memahaminya dengan baik. Jadi penggunaan metode penelitian deskriptif sangat disarankan.

Sampai disini dulu sobat semua, ulasan lengkap dan detail di atas bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dan tambahan materi belajar sehingga diharapkan artikel ini bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk menyelami artikel ini. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

2 Comments

  1. mawardi January 27, 2019
    • Makalah.id October 10, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.