Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh Teks Persuasif

Makalah.id – Cara membuat contoh teks persuasif yang baik itu bagaimana? Seperti pada penjelasan sebelumnya, hal pertama yang akan kami jelaskan kepada anda yaitu terkait pengertian, ciri-ciri, serta informasi penting lainnya yang harus anda pahami sebelum nanti anda masuk ke beberapa contoh dari teks persuasif. Memahami teks persuasif memang sangat penting karena jika anda menguasainya, maka anda bisa menjadi seseorang yang berpengaruh di lingkungan maupun organisasi.

Contoh teks persuasif yang baik adalah teks yang tidak mengabaikan unsur kebahasaan serta bahasa yang dituangkan dalam terks tersebut. Teks persuasif menggunakan bahasa formal seperti halnya ketika anda ingin membuat surat resmi. Jadi, teks yang anda tulis tidak boleh menggunakan bahasa sehari-hari yang malah nanti akan membuat pendengar malah tidak tertarik membaca maupun mendengarkan teks anda tersebut.

Apa itu Teks Persuasif?

Teks persuasif merupakan sebuah teks yang di dalamnya berisi tentang ajakan maupun himbauan kepada seseorang agar supaya mau menuruti atau melakukan hal-hal sebagaimana yang ada di dalam teks tersebut. Jadi, inti dari teks persuasif adalah harus berisi ajakan agar supaya pembaca bersedia melakukan seperti apa yang anda tuangkan di dalam teks.

Sementara itu, jenis teks persuasif harus disajikan secara menarik. Biasanya berisi tentang pengalaman yang juga sebagai isyarat tentang hal yang sangat penting. Teks persuasif juga biasanya anda temukan di lembaga-lembaga seperti kesehatan, pemerintahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Ada juga yang berpendapat bahwa teks persuasif merupakan sbeuah paragraf yang isinya tentang ajakan maupun untuk meyakinkan seseorang untuk melakukan hal-hal tertentu. Bahkan teks ini dapat dijadikan sebagai gagasan atau pedoman baru yang akan dipegang teguh oleh pendengarnya.

Ciri-Ciri Teks Persuasif

Apa saja yang termasuk ke dalam ciri-ciri teks persuasif? Setiap teks pasti mempunyai karakteristiknya masing-masing. Tidak terkecuali dengan teks persuasif yang memiliki ciri-ciri yang memberikan perbedaan dengan teks yang lainnya seperti teks eksposisi dan teks prosedur.

  • Teks persuasif berisi informasi yang bersiafat fakta. Fakta inilah yang akan digunakan sebagai bukti yang kuat sehingga orang yang mendengarnya akan lebih mudah terpengaruh.
  • Teks persuasif juga berisi tentang kalimat ajakan maupun himbauan agar supaya pembaca mau melakukan sesuatu sebagaimana yang diperintahkan di dalam teks.
  • Tulisannya harus merujuk untuk mempengaruhi maupun mendorong seseorang.
  • Teks ini menggunakan bahasa yang sedikit provokatif. Mengapa? Karena tujuannya adalah untuk mengajak pendengar agar memiliki pemikiran yang sama dengan isi teks.
  • Teks yang satu ini juga diberikan sentuhan yang menarik dan juga antuisias. Alasannya adalah untuk membuat pendengar lebih percaya terhadap pemikiran atau gagasan yang disampaikan.
  • Teks persuasif memiliki sebuah upaya untuk dapat meyakinkan pembaca agar sepakat maupun satu suara dalam pemikiran yang sama.
  • Teks ini juga berusaha untuk menghindari konflik sehingga pembaca bisa yakin terhadap pemikiran atau gagasan yang disampaikan.
  • Yang tidak kalah penting adalah, fakta maupun bukti juga harus dihadirkan di dalam teks persuasif. Dengan begitu, pembaca bisa lebih percaya terhadap teks ini.

Bentuk Paragraf Teks Persuasif

Secara umum, terdapat beberapa bentuk teks yang biasa digunakan untuk teks persuasif, diantaranya:

  • Bentuk elektronik, misalnya bioskop, TV, maupun internet.
  • Bentuk pidato, misalnya propaganda atau juga kampanye.
  • Bentuk tulisan, seperti brosur, selebaran, iklan, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Teks Persuasif

Teks persuasif juga memiliki jenisnya sendiri-sendiri. Berikut ini akan kami berikan informasi kepada anda tentang apa saja jenis-jenis yang ada di dalam teks persuasif. Dari sini anda bisa memahami kira-kira contoh teks persuasif yang akan anda buat nanti termasuk kategori yang mana.

  • Teks persuasif politik
    • Dari namanya mungkin kita sudah tahu bahwa teks yang satu ini membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan politik.
    • Ada banyak teks persuasif yang mengangkat atau berisi politik yang biasanya dikumandangkan atau dibacakan oleh mereka yang memang sudah ahli di bidang politik maupun kenegaraan.
  • Teks persuasif pendidikan
    • Sama halnya dengan teks persuasif politik, teks persuasif juga diungkapkan oleh mereka yang memang ahli atau berkecimpung di dunia pendidikan.
    • Tujuan dari teks persuasif pendidikan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan. Contohnya seperti teks persuasif yang dibacakan oleh guru dengan maksud agar supaya para peserta didik lebih giat belajar maupun lebih mematuhi peraturan yang ada di sekolah.
    • Selain itu, teks persuasif juga bisa disampaikan oleh motivator atau inovator pendidikan yang mana mereka menjelaskan dan memberikan motivasi tentang konsep pendidikan maupun hal-hal baru yang sangat bermanfat di dalam dunia pendidikan tersebut.
  • Teks persuasif advertasi
    • Dari namanya, kita tahu bahwa teks persuasif berkaitan dengan iklan. Teks ini biasanya digunakan oleh dunia usaha. Tujuannya untuk memperkenalkan produk baru agar produknya semakin banyak dikenal.
    • Tentunya teks persuasif advertasi harus menggunakan bahasa-bahasa iklan yang harus mempengaruhi konsumen agar supaya membeli produknya tersebut.
  • Teks persuasif propaganda
    • Teks yang satu ini menyampaikan sebuah informasi yang merupakan objek dari teks persuasif itu sendiri. Jadi, teks persuasif propaganda bukan hanya bertujuan agar supaya pendengar memperoleh informasi, melainkan juga digunakan agar supaya pembaca mapu melakukan sesuatu seperti yang diperintahkan.

1. Contoh teks persuasif pendidikan

contoh teks persuasif

contoh teks persuasif

2. Contoh teks persuasif politik

contoh teks persuasif

contoh teks persuasif

3. Contoh paragraf persuasif

contoh teks persuasif

contoh teks persuasif

 

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai pengertian, jenis, ciri-ciri, dan contoh teks persuasif. Kesimpulan yang bisa kita dapatkan adalah teks persuasif merupkan teks yang isinya berupa ajakan agar supaya seseorang memiliki satu pemikiran yang sama dan mau melakukan atau mendukung sesuatu sebagaimana yang diungkapkan dalam teks tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.