Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Kaidah, dan Contoh Teks Eksplanasi

Makalah.id – Seperti apa sih contoh teks eksplanasi? Teks eksplanasi adalah jenis teks yang di dalamnya berisi informasi tentang apa serta bagaimana suatu peristiwa, ilmu pengetahuan, budaya, sosial, dan lain-lainnya dapat terjadi. Peristiwa atau kejadian yang terjadi tersebut pasti memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya atau dengan kata lain memiliki sebab dan akibat.

Kejadian yang terjadi di sekitar kita sudah tentu bukan tanpa sebab. Kita juga harus menjadikan setiap peristiwa yang ada sebagai sebuah pembelajaran untuk melangkah yang lebih baik di masa yang akan datang. Sebuah kejadian yang saling berhubungan inilah yang nanti akan dituangkan ke dalam contoh teks eksplanasi yang akan kami jelaskan kepada anda.

Namun sebelum itu, kami menyarankan anda untuk mempelajari informasi lainnya yaitu tentang cara mengutip dari buku dan contoh daftar pustaka yang juga merupakan informasi tak kalah penting yang harus anda ketahui.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Setiap teks pasti memiliki cirinya masing-masing. Ciri-ciri inilah yang membedakan antara teks eksplanasi dengan jenis teks yang lainnya. Lalu apa saja ciri-ciri dari teks eksplanasi? Berikut ini jawabannya dengan begitu anda akan lebih mudah di dalam membedakan mana yang termasuk teks eksplanasi dan mana yang bukan.

  • Teks eksplanasi di dalamnya terdapat pernyataan umum, urutan dari sebab akibat, dan juga interpretasi.
  • Teks ini juga di dalamnya terdapat informasi berupa fakta atau faktual.
  • Fakta yang disajikan berdasarkan informasi ilmiah, salah satunya adalah sains.
  • Informasi yang disajikan hanya bersifat informatif saja. Artinya, teks ini tidak bermaksud untuk mempengaruhi pandangan pembaca mengenai isu tertentu.
  • Biasanya, teks eksplanasi juga akan disajikan sequel markers. Beberapa contoh dari sequel markers tersebut misalnya pertama, kedua, selanjutnya, terakhir, dan lain-lain.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebelumnya kami sudah memberikan informasi kepada anda secara singkat tentang struktur yang dimiliki oleh teks eksplanasi. Nah di bawah ini kami akan menjelaskan lebih lengkap tentang susunan atau struktur dari teks eksplanasi yang biasanya membuat beberapa orang bingung membedakan setiap strukturnya.

  • Pernyataan umum
    • Bagian ini berisi tentang pernyataan umum yang berkaitan peristiwa atau kejadian yang hendak dijelaskan, termasuk juga menjelaskan tentang proses-proses yang akan berlangsung.
  • Urutan dari sebab akibat
    • Dari namanya kita sudah bisa mengetahui bahwa bagian ini menjelaskan tentang hubungan sebab akibat dari peristiwa yang terjadi.
    • Detail kejadian tersebut akan disajikan secara berurutan maupun bertahap mulai awal sampai akhir. Jadi, anda tidak akan menemukan bagian teks yang terkesan terpotong atau rumpang.
  • Interpretasi
    • Bagian ini di dalamnya memuat kesimpulan tentang peristiwa tertentu yang sudah dijelaskan.

Kaidah Teks Eksplanasi

Berikut ini kami telah memiliki informasi berkaitan dengan kaidah yang ada pada teks eksplanasi:

  • Tek eksplanasi berfokus pada hal-hal yang bersifat umum atau general. Teks ini juga terkadang berfokus pada  hal-hal yang bersifat partisipan manusia, misalnya banjir, tsunami, tanah longsor, dan lain sebagainya.
  • Ketika menulis teks eksplanasi, anda bisa menggunakan istilah ilmiah jika memang diperlukan.
  • Lebih banyak kata verba material dan juga verba rasional atau yang lebih sering kita dengar dengan kata kerja aktif.
  • Teks eksplanasi harus menggunakan kata hubung kasual dan waktu. Beberapa contohnya seperti sebelum, sehingga, pertama, bila, jika, kemudian, lalu, terakhir, dan lain-lain.
  • Biasanya teks eksplanasi juga menggunakan kalimat pasif.
  • Teks eksplanasi dibuat untuk memberikan sebuah justifikasi mengenai peristiwa atau isu yang dijelaskan secara kasual tersebut memang benar adanya alias fakta atau faktual.

Contoh Teks Eksplanasi

Setelah anda mengetahui pengertian dan juga ciri-ciri serta struktur dari teks eksplanasi. Maka kali ini kami juga telah memiliki informasi yang tidak kalah penting yaitu beberapa contoh dari teks eksplanasi. Teks eksplanasi yang akan kami bagikan kali ini berjudul “Gerhana Bulan”. Teks ini akan kami berdasarkan strukturnya untuk mempermudah anda membedakan setiap bagiannya.

1. Teks eksplanasi bagian pernyataan umum

Gerhana bulan adalah salah satu dari sekian banyak fenomena alam yang kerap kita jumpai. Fenomena ini terjadi pada saat posisi bulan beroposisi dengan matahari. Namun tidak semua opisisi bulan terhadap matahari bisa menghasilkan gerhana bulan. Penyebabnya adalah kemiringan pada orbit bulan pada orbit eliptika.

2. Teks eksplanai bagian isi

Faktanya, pada saat terjadi gerhana bulan terkadang bulan masih dapat dilihat. Penyebabnya yaitu karena sinar matahari yang ternyata masih tersisa sehingga selagi sinar tersebut masih ada yang berbelok menuju bulan, kita tetap terus bisa melihat bulan tersebut.

Sinar matahari yang dibelokkan mempunyai spektrum cahaya yang berwarna kemerahan yang menyebabkan tampilan bulan agak gelap yang mana biasanya berwarna merah gelap, cokelat, atau bahkan jingga. Untuk bisa mengamati gerhana bulan, anda bisa melakukannya dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat appaun. Biasanya umat islam ketika terjadi gerhana bulan akan melaksanakan shalat khusuf atau shalat gerhana.

3. Teks eksplanasi bagian interpretasi

Pada saat bayangan bumi menutupi seluruh atau sebagian dari tampilan bulan, maka disitulah terjadi gerhana bulan. Terutama pada saat posisi bumi berada di antara bulan dan matahari yang berada di satu garis lurus yang sama. Dengan begitu, maka sinar matahari tidak akan bisa terlihat karena terhalang oleh posisi bulan.

Demikian informasi yang bisa kami sampiakan tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh teks eksplanasi. Kami juga memiliki informasi lainnya yang tidka kalah menarik, yaitu metode penelitian hukum. Semoga bermanfaat.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Alam

contoh teks eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Alam Tanah Longsor

contoh teks eksplanasi

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.