Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Makalah.id – Pernah mendapat materi seputar teks anekdot beserta strukturnya?
Teks anekdot menjadi salah materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang cukup populer. Kepopuleran teks anekdot tidak lepas dari isinya yang memang berbeda dibandingkan teks-teks lainnya seperti teks persuasi atau teks eksplanasi. Teks anekdot memang disajikan dengan sudut padat yang berbeda sehingga pembaca bukan hanya dapat menangkap makna atau maksud dari penulisan teks ini melainkan ada sisi lain yang bisa pembaca dapatkan.

Adapun sisi lain tersebut adalah humor atau kelucuan. Ketika anda membaca teks ini, kesan pertama anda adalah teks ini memang menampilkan pembahasan yang lucu. Namun sebenarnya bukan hanya itu saja poin yang harus anda tangkap. Teks ini menekankan kepada kritik atau sindiran yang berkaitan dengan kondisi yang ada di sekitar kita. Jika anda penasaran dan ingin mengenal lebih jauh seputar teks anekdot, maka silahkan simak penjelasan di bawah ini karena kami akan menjelaskan seputar teks anekdot beserta strukturnya yang akan membantu memahami anda.

Apa itu Teks Anekdot?

Di jaman yang belum semodern sekarang, teks anekdot banyak disajikan di koran. Mungkin sampai sekarang pun jika anda membaca koran maka anda akan menemukan suatu bagian khusus dalam koran yang isinya seputar teks anekdot. Sekarang, penggunaan atau penulisan teks anekdot juga hadir di media sosial sehingga untuk mengaksesnya pun akan sangat mudah.

Terlebih lagi anda bisa melihat sendiri sekarang pengguna media sosial sudah semakin lama semakin meningkat dan kemungkinan besar akan terus meningkat sampai batas yang tidak bisa kita prediksi. Namun apakah sebenarnya anda tahu apa itu teks anekdot? Teks anekdot adalah teks yang isinya berupa kritikan atau sindiran tentang sesuatu. Sindiran atua kritikan yang diberikan bisa berhubungan dengan pendidikan, pelayanan publik, kesehatan, dan lain-lain.

Nmaun ada yang menarik dari teks ini. Teks anekdot bukan hanya menjelaskan tentang kritikan atau sindiran akan suatu permasalahan, melainkan sindiran atau kritikan tersebut dibuat dengan sentuhan yang lucu dan humor. Lalu apa tujuan pembahasan tersebut dibuat lucu? Tujuannya adalah untuk mengurangi ketegangan. Jadi, pembaca tidak akan langsung kaget atau tegang ketika membaca suatu permasalahan yang terjadi di sekitar kita.

Teks anekdot nanti akan disajikan dalam bentuk cerita. Namun tidak semua teks anekdot berbentuk cerita karena ada beberpa teks anekdot yang ditemukan malah disusun dalam bentuk dialog secara singkat dari dua tokoh. Selain itu, jika anda membaca dan memahaminya lebih dalam, anda akan menyadari bahwa sebenarnya ada suatu pesan tersirat yang coba disampaikan oleh penulis di dalam teks anekdot.

Namun untuk memahaminya kita jangan terfokus pada humor atau kelucuan yang diberikan. Fokuslah pada isi atau amanah yang coba disampikan penulis melalui karangannya. Amanah yang ada di dalam teks ini merupakan sebuah kebenaran yang dipandang secara umum.

Apa Saja Struktur Teks Anekdot?

Lalu apakah teks anekdot memiliki strukturnya sendiri? Pada dasarnya setiap teks yang ada dalam suatu karangan memiliki struktur penulisannya masing-masing. Begitu juga dengan teks anekdot yang mana strukturnya akan kami informasikan di bawah ini. Dengan memahami strukturnya, maka anda bisa membuat teks anekdot yang sesuai dengan ketentuan.

Selain itu, teks anekdot yang anda karang tersebut akan lebih rapi serta benar-benar sesuai dengan teks anekdot yang benar. Untuk itu silahkan simak informasi berikut:

  • Abstraksi
    • Seperti namanya, abstraksi merupakan bagian dari teks anekdot yang digunkan untuk memberi gambaran secara universal atau umum berdasarkan topik yang akan dibahas.
    • Dari sini nanti pembaca akan mulai memperoleh pandangan kira-kira alur dari teks ini akan kemana.
    • Intinya, bagian abstraksi pada teks anekdot bertujuan untuk menberikan gambaran dan pandangan secara umum berkaitan dengan topik
  • Orientasi
    • Apa itu orientasi? Orientasi merupakan bagian awal yang menerangkan seputar latar belakang dari cerita yang akan dituangkan di dalam teks anekdot.
    • Jika anda diminta untuk membuat teks anekdot, maka pada bagian ini anda harus memberikan penjelasan seputar background dari peristiwa atau topik utama yang akan dibahas.
  • Krisis
    • Sama halnya dengan namanya, krisis merupakan masalah utama dari teks anekdot.
    • Bagian ini merupakan tempat untuk munculnya masalah atau topik utama yang sedang dibahas.
    • Topik atau masalah tersebut hadir dengan keunikannya tersendiri.
  • Reaksi
    • Krisis dan reaksi merupakan dua bagian yang saling melengkapi di dalam struktur teks anekdot.
    • Jika krisis merupakan masalah utama yang diangkat dalam teks tersebut, maka reaksi merupakan bagian tentang penyelesaian masalah yang ada pada bagian krisis.
    • Penyelesaian masalah yang dilakukan dengan cara-cara yang berbeda dari biasanya dan disajikan secara unik.
  • Koda
    • Koda merupakan bagian terakhir di dalam struktur teks anekdot.
    • Karena koda merupakan bagian terakhir maka sudah tentu isinya berupa penutup.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

Sebelum kami memberikan beberapa contoh tentang teks anekdot beserta strukturnya, di bawah ini akan kami berikan penjelasan tentang beberapa ciri yang ada pada teks ini.

  • Teks anekdot merupakan teks yang isinya tentang kritikan atau sindiran mengenai suatu permasalahan atau topik. Biasanya yang akan dijadikan topik berkaitan dengan sesuatu yang sedang trending atau banyak dibicarakna orang.
  • Teks anekdot disusun dengan menggunakan pendekatan perumpamaan. Jadi, teks ini hampir mirip seperti dongeng dimana isinya untuk mengaktifkan imajinasi pembaca.
  • Biasanya tokoh-tokoh yang ada di dalam teks anekdot merupakan seseorang yang berpengaruh dalam suatu organisasi, kelompok, atau pemerintahan.
  • Teks ini mempunyai unsur humoris, menggelitik, dan lelucon.

1. Teks anekdot beserta strukturnya yang benar

Teks anekdot beserta strukturnya yang benar

Teks anekdot beserta strukturnya yang benar

2. Teks anekdot beserta strukrunya tentang kesehatan

Teks anekdot beserta strukrunya tentang kesehatan

Teks anekdot beserta strukrunya tentang kesehatan

3. Teks anekdot singkat beserta strukturnya

Teks anekdot singkat beserta strukturnya

Teks anekdot singkat beserta strukturnya

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.