Pengertian dan Contoh Kata Pengantar Skripsi Semua Jurusan

Makalah.id – Apa itu kata pengantar? Bagaimana kata pengantar skripsi yang benar? Untuk mahasiswa semester akhir pasti sudah siap-siap untuk mengerjakan skripsi. Bahkan mungkin mereka sekarang sudah mengerjakan skripsi dengan berbagi macam pembahasan atau isu yang berbeda-beda tergantung jurusan atau isu yang mereka angkat. Dalam membuat skripsi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat makalah karya ilmiah tentang sampah organik. Dari segi struktur atau susunan pun tidak jauh berbeda.

Meskipun begitu, ada beberapa bagian yang membedakan antara skripsi dan makalah maupun lapaoran untuk tugas akhir. Adapun mengenai salah satu hal yang sama yang ada di dalam skripsi adalah kata pengantar. Isi dari kata pengantar skripsi pun tidak jauh berbeda dengan kata pengantar laporan PKL. Beberapa isi dari kata pengantar tersebut seperti ucapan syukur serta terimakasih karena skripsinya dapat terselesaikan sesuai keinginan.

Apa itu Kata Pengantar?

Kata pengantar merupakan bagian awal yang harus ada di dalam sebuah karya ilmiah. Biasanya pembaca tertarik membaca kata pengantar skipsi tersebut untuk mengetahui sekilas mengenai topik atau pembahasan yang ada di dalam skripsi tersebut. Jadi, kata pengantar juga bisa menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan untuk menentukan apakah skripsi yang telah dikerjakan tersebut memiliki daya tarik atau tidak.

Sementara itu, format kata pengantar untuk setiap karya ilmiah sebenarnya tidak ada bedanya. Namun isinya memang cenderung tidak sama karena biasanya antara penulis yang satu dengan penulis yang lain memiliki kata pengantar yang cenderung berbeda. Meskipun terkadang bagian yang satu ini kerap dilupakan dan mungkin dibuat asal-asalan, namun kata pengantar merupakan salah satu faktor yang bisa membuat pembaca menyimpulkan seperti apa isi dar skripsi yang dikerjakan.

Unsur-Unsur dalam Kata Pengantar

Lalu apa saja unsur yang terkandung di dalam sebuah kata pengantar? Kata pengantar memiliki unsur-unsurnya sendiri yang membedakan dengan bagian lain pada skripsi. Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang apa saja unsur yang terkandung di dalam kata pengantar skripsi.

  • Kata pengantar berisi rasa syukur karena skripsi tersebut berhasil diselesaikan.
  • Kata pengantar skripsi juga berisi informasi tentang ucapan terimakasih. Ucapan terimakasih tersebut ditujukan kepada pihak yang memang berjasa di dalam membantu skripsi mulai awal sampai selesai. Bantuan yang diberikan bisa berupa motivasi maupun bantuan finansial, seperti yang dilakukan oleh orang tua.
  • Kata pengantar skripsi juga bisa menyertakan nama kota, bulan, dan tanggal.
  • Yang tidak kalah penting adalah kata pengantar juga memiliki tanda tangan dari penulis.
  • Unsur lainnya dari kata pengantar skripsi adalah harapan penulis agar supaya skripsi yang sudah selesai tersebut dapat menjadi solusi dan membantu untuk mengatasi permasalahan berdasarkan topik yang dibahas.
  • Penulis juga menyertakan kesediaannya untuk menerima saran dan kritik dari pembaca. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam menulis skripsi yang lebih baik lagi.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Kata Pengantar

Menulis kata pengantar skripsi tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada aturan atau ketentuan yang wajib anda perhatikan agar supaya kata pengantar yang anda buat sesuai dengan ketentuan. Beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu:

  • Bagian atau paragraf awal merupakan ucapan syukur kepada Tuhan karena telah memberikan kemudahan anda untuk menyelesaikan skripsi. Jangan lupa untuk menyertakan shalawat kepada Nabi Muhammad.
  • Anda harus mencantumkan sedikit informasi tentang pembahasan pada skripsi anda. Jelaskan secara singkat saja untuk memberikan kesan penasaran kepada pembaca.
  • Jangan lupa meminta kritik dan saran demi peningkatan skripsi anda.
  • Cantumkan tanda tangan dan nama terang penulis.

1. Contoh kata pengantar skripsi singkat

Di bawah ini kami sudah memiliki beberapa contoh yang berkaitan dengan kata pengantar. Salah satu yang akan kami bagikan adalah kata pengantar untuk skripsi yang mempunyai tulisan singkat. Membuat kata pengantar memang tidak perlu harus lebar dan membahas kemana-mana. Anda cukup menyampaikan apa yang hendak anda sampaikan dengan meringkasnya menjadi satu halaman.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami panjatkan atas skripsi yang sudah kami selesaikan yang berjudul “cara meningkatkan kemampuan menulis speaking melalui film Netflix” dapat diselesaikan sesaui dengan ketentuan. Kami juga tidak lupa untuk menyampaikan shalawat dan juga salam kepada imamul anbiya‘ atau imamnya para nabi yang tidak lain dan tidak bukan adalah Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam.

Skripsi yang kami selesaikan merupakan sebuah bahan diskusi terhadap implementasi pembelajaran bahasa Inggris yang diterapkan di kelas IX SMP Negeri 01 Jakarta. Semoga skripsi ini dapat menjadi solusi bagi pembaca yang mengalami kendala dalam meningkatkan kemampuan speaking siswa. Ada beberapa tahapan yang bisa diterapkan dengan mudah untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa agar lebih lancar.

Kami sadar bahwa skripsi yang kami kerjakan tidak bisa disebut sempurna karena masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Maka dari itu, kami membutuhkan kritik serta saran bagi para pembaca agar supaya dikemudian hari kami mampu membuat skripsi yang lebih baik lagi.

Surabaya, 15 Januari 2020

 

Mukhammad Andika Winarto

2. Kata pengantar skripsi teknik

kata pengantar skripsi

kata pengantar skripsi

3. Kata pengantar skripsi akuntansi

kata pengantar skripsi

kata pengantar skripsi

4. Kata pengantar skripsi paling tepat

kata pengantar skripsi

kata pengantar skripsi

5. Kata pengantar skripsi yang baik

kata pengantar skripsi

kata pengantar skripsi

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan kepada anda tentang pengertian dan beberapa contoh kata pengantar skripsi. Berdasarkan keterangan tersebut kita tahu bahwa memang kata pengantar merupakan bagian yang kurang diperhatikan. Padahal bagian yang satu ini yang dapat menjadi faktor penting untuk membuat pembaca tertarik terhadap skripsi kita.

 

Selain itu, skripsi juga memiliki unsurnya sendiri yang membedakannya dengan bagian lain pada skripsi. Skripsi juga menggunakan bahasa formal dan bukan bahasa yang digunakan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.