Pengertian dan Contoh Teks Eksplanasi

Makalah.id – Apa itu teks eksplanasi? Seperti apa contoh teks eksplanasi? Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang akan selalu kita pelajari ketika belajar bahasa Indonesia. Sesuai namanya, teks ini nantinya akan menerangkan tentang sebuah proses. Yang diterangkan tersebut bisa bermacam-macam. Ada yang merupakan fenomena alam, budaya, suatu kejadian, sosial, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Membuat contoh teks eksplanasi merupakan suatu hal yang tidak sulit. Namun perlu diperhatikan bahwa memang biasanya teks ini digunakan untuk menerangkan suatu fenomena alam. Akan tetapi, tidak selamanya yang diterangkan tersebut berupa bencan alam atau peristiwa lainnya yang menimbulkan rasa duka. Bisa juga teks ini menerangkan suatu proses yang bernilai positif. Salah satunya adalah proses terjadinya hujan maupun proses terbentuknya pelangi.

Teks ini juga termasuk salah satu jenis teks yang dapat diterapkan untuk semua pembelajaran. Yang terpenting adalah anda harus memahami dasar keilmuan yang jelas terhadap topik yang akan anda terangkan tersebut. Berikut ini kami akan menjelaskan hal-hal lainnya yang lebih lengkap seputar teks eksplanasi. Dengan mengetahui informasi yang kami berikan nanti anda bisa membedakan antara teks eksplanasi dengan jenis teks yang lainnya, seperti teks ulasan atau teks persuasi.

Apa itu Teks Eksplanasi?

Seperti yang sudah kami singgung di awal bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang isinya menerangkan proses terjadinya sesuatu. Yang diterangkan bisa berupa fenomena alam, peristiwa sosial, seputar budaya, dan lain sebagainya. Selain itu, teks ini juga terkadang menerangkan sesuatu yang ada di sekitar kita. Perlu anda tahu bahwa teks eksplanasi berbeda dengan teks deskripsi. Perbedaannya adalah jika teks deskripsi isinya tentang deskripsi dari suatu objek, maka teks eksplanasi isinya tentang proses terbentuk atau tejadinya objek tersebut.

Tujuan Teks Eksplanasi

Setiap teks sudah pasti memiliki tujuannya masing-masing, termasuk juga teks eksplanasi. Tujuan dari teks eksplanasi adalah menjelaskan tentang sesuatu yang akan terjadi. Bukan hanya menjelaskan, namun juga menerangkan tentang suatu proses yang terjadi yang akan digunakan sebagai sarana pembelajaran. Selain itu, teks eksplanasi juga bertujuan untuk menerangkan sebab-akibat dari objek atau sesuatu yang diterangkan tersebut. Intinya, teks ini nanti bertujuan untuk memberikan edukasi bagi siapapun yang membacanya.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Selain memiliki tujuan yang berbeda, teks eksplanasi juga hadir dengan ciri-ciri yang berbeda pula. Ciri-ciri inilah yang akan membantu anda untuk membedakan mana yang tergolong ke dalam teks eksplanasi dan mana yang bukan.

  • Teks ini nanti berisi informasi seputar gambaran umum. Kemudian menerangkan tentang proses dan juga sebab akibat.
  • Teks eksplanasi juga terkadang isinya tentang interpretasi.
  • Ciri lain dari teks ini adalah memuat informasi yang berupa fakta dan memang nyata terjadi.
  • Fakta yang dihadirkan akan semakin diperkuat dengan adanya bukti maupun data-data yang valid yang bisa dipertanggung jawabkan.
  • Ciri selanjutnya dari teks eksplanasi adalah informasi yang diberikan tidak bertujuan untuk mempengaruhi atau mengubah cara pandang pembaca terhadap opini tertentu.
  • Terdapat sequence markers. Artinya, teks ini memiliki ciri yakni menerangkan urutan proses secara detail. Dengan begitu, pembaca bisa langsung memahaminya dan tidak bingung karena apa yang dijelaskan sudah lengkap dan berurutan.

Struktur Teks Eksplanasi

Setelah pengertian, tujuan, dan ciri dari teks eksplanasi. Berikut ini akan kami berikan informasi yang tidak kalah penting yakni seputar apa saja yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi. Pada dasarnya terdapat 3 unsur penting yang harus dipahami jika anda ingin membuat teks eksplanasi. Ketiga unsur tersebut antara lain: pernyataan umum, penjelasan, serta interpretasi.

  • Pernyataan umum
    • Bagian ini menerangkan tetang penggambaran atau penjelasan secara umum seputar fenomena atau objek yang akan diterangkan.
    • Pernyataan umum merupakan bagian pengntar atau awalan yang nanti penjelasan selengkapnya akan diterangkan di bagian yang lain.
    • Misalnya teks eksplanasi tersebut seputar gempa bumi. Maka bagian pernyataan umum akan menjelaskan tentang apa itu gempa bumi dan juga bagaimana proses tersebut nantinya bisa terjadi.
  • Penjelasan
    • Penjelasan merupakan bagian yang berhubungan dengan sebab dan akibat. Bagian ini menerangkan sebuah fenomena atau objek secara detail atau lebih lengkap.
    • Penyajiannya pun harus disajikan secara berurutan yang secara tidak langsung mirip dengan teks prosedur yang juga menerangkan atau menjelaskan secara berurutan.
    • Jadi, bagi seseorang yang hendak menulis teks eksplanasi, maka yang harus dilakukannya adalah memahami urutan dari fenomena yang akan ditarangkan.
  • Interpretasi
    • Jika pernyataan umum merupakan awalan, maka interpretasi merupakan bagian penutup.
    • Namun memang untuk bagian ini tidak selamanya harus dimasukkan di dalam teks eksplanasi karena sifatnya yang memang optional atau pilihan.
    • Jadi, anda bisa melewatkan bagian ini jika memang anda berpendapat bahwa interpretasi  tidak perlu disertakan.
    • Lalu apa isi dari interpretasi? Isinya tentang intisari dari semua isi teks eksplanasi tersebut.
    • Bisa juga berupa pendapat maupun opini penulis terhadap fenomena yang sudah ditulisnya.

Kaidah dalam Menuli Teks Eksplanasi

Di dalam membuat sebuah teks eksplanasi maupun teks yang lainnya tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada kaidah tersendiri yang harus anda pahami, yakni:

  • Teks eksplanasi mempunyai sifat umum dan tidak berfokus pada manusianya.
  • Biasanya teks teks eksplanasi akan menggunakan istilah khusus, seperti istilah ilmiah.
  • Teks ini menggunakan kata kerja aktif dan juga verba material maupun verba relasional.
  • Teks eksplanasi yang benar biasanya akan ditulis menggunakan kalimat pasif.
  • Kaidah lainnya yang juga harus diperhatikan adalah teks eksplanasi memiliki konjungsi atau kata hubung, misalnya pertama, kedua, dan seterusnya.
  • Isinya harus memuat sebuah pembenaran atau justifikasi. Mengapa? Tujuannya untuk menerangkan jika topik yang dibahas memang benar adanya.

Di bawah ini beberapa contoh teks eksplanasi yang bisa menjadi referensi terbaik anda:

1. Contoh teks teks eksplanasi tentang ganja

Contoh teks teks eksplanasi tentang ganja

Contoh teks teks eksplanasi tentang ganja

2. Contoh teks teks eksplanasi tentang fenomena alam

Contoh teks teks eksplanasi tentang fenomena alam

Contoh teks teks eksplanasi tentang fenomena alam

3. Contoh teks ekspalanasi yang benar

Contoh teks ekspalanasi yang benar

Contoh teks ekspalanasi yang benar

4. Contoh teks teks eksplanasi tentang banjir

Contoh teks teks eksplanasi tentang banjir

Contoh teks teks eksplanasi tentang banjir

 

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.