Pengertian, Fungsi, dan Contoh Majas Metafora (Terlengkap)

Makalah.id – Pernah mempelajari pengertian dan contoh majas metafora? Materi seputar majas merupakan salah satu materi yang ada di bahasa Indonesia. Namun sebenarnya majas merupakan materi yang akan selalu anda temukan di seluruh bahasa di dunia, hanya saja mungkin memiliki nama atau istilah yang berbeda. Beberapa majas yang terkenal antara lain: hiperbola, personifikasi, litotes, simile, metafora, dan lain-lain. Namun kali ini kami akan berfokus hanya kepada majas metafora.

Selain menjelaskan pengertian seputar majas metafora, kami juga akan memberikan informasi kepada anda seputar apa saja yang termasuk ke dalam contoh majas metafora. Dengan begitu, anda nanti dapat membedakan kira-kira mana yang tergolong ke dalam majas metafora dan mana yang termasuk majas yang lainnya. Namun sebelum itu, silahkan anda simak informasi penting lainnya yaitu makalah bahasa Indonesia dan makalah tentang sampah organik.

Pengertian Majas Metafora

Majas merupakan gaya bahasa yang digunakan untuk mempertegas maupun memperjelas sebuah kesan yang hendak disampaikan. Sementara pengertian majas metafora adalah majas yang digunakan untuk memberikan perbandingan secara langsung serta tepat karena yang dibandingkan tersebut pada dasarnya memiliki sifat yang hampir sama atau bahkan sama. Majas ini juga terkadang dinamakan sebagai majas perbandingan atau majas persamaan.

Di dalam menyampaikan perbandingan terhadap suatu objek, majas metafora tidak memerlukan konjungsi atau kata hubung, misalnya laksana, bak, seperti, dan lain-lain. Namun perbandingan yang dilakukan langsung menggunakan ungkapan yang isinya memang perbandingan atau persamaan dari objek tersebut.

Macam-Macam Majas Metafora

Bagi seseorang yang merupakan ahli bahasa atau yang sedang menempuh kuliah bahasa dan sastra, tentunya mereka paham bahwa sebenarnya majas metafora memiliki beberapa macam. Bahkan ada yang sampai berpendapat bahwa majas metafora merupakan ‘ratu’ dari majas-majas yang ada. Mengapa? Karena tidak sedikit majas-majas yang lain tersebut terbentuk dari majas metafora.

Setidaknya terdapat dua macam majas metafora yang akan kami jelaskan, yakni majas metafora in prasesetia dan majas metafora in absentia. Berikut ini silahkan simak penjelasan selengkapnya.

1. Majas Metafora in Praesetia

Majas yang satu ini adalah majas metafora yang digunakan untuk membandingkan objek yang mana perbandingannya langsung disandingkan atau dibarengkan dengan pembandingnya. Dengan begitu, maka yang ada di dalam majas ini begitu jelas alias eksplisit. Contohnya seperti Rizka merupakan kembang desa di Desa Kenanga. Contoh tersebut sudah jelas menggambarkan bahwa Rizka merupakan primadona atau gadis yang paling cantik yang ada di Desa Kenanga.

2. Majas Metafora in Absentia

Majas yang satu ini merupakan kebalikan dan praesetia. Majas metafora in absentia merupakan majas yang memiliki makna implisit. Artinya, perbandingannya tidak diungkapkan atau disampaikan secara langsung terhadap objek yang sedang dibandingkan tersebut. Jadi, majas ini memang memiliki makna yang sedikit membingungkan jika seseorang tidak benar-benar paham apa isi kandungannya.

Adapun contonya seperti para pria di Desa Kenanga mengagumi kecerdasan dari kembang desa itu. Dari contoh tersebut kita bisa tahu bahwa makna yang disampaikan secara tidak langsung. Jadi, pembaca harus memiliki pemahaman yang bagus agar bisa mencerna informasi yang hendak disampaikan melalui ungkapan tersebut.

Fungsi Majas Metafora

Lalu apa sebenarnya fungsi yang terkandung di dalam majas metafora? Sebenarnya salah satu fungsi dari penggunaan majas metafora adalah agar menciptakan sebuah ungkapan yang lebih kreatif, efektif, dan juga sugestif. Dengan mengungkapkan menggunakan majas metafora tentu akan lebih indah dibandingkan anda langsung mengungkapkan apa yang anda sampaikan secara langsung.

Berikut ini beberapa fungsi lain dari majas metafora yang juga perlu anda ketahui:

  • Majas metafora digunakan untuk menghasilkan sebuah kesenangan yang imaginatif
  • Majas metafora digunakan untuk memberikan intensitas perasaan penulis ketika hendak menyampaikan suatu makna atau sikap.
  • Majas metafora digunakan untuk menghasilkan sebuah ungkapan yang bersifat abstrak sehingga akan membangun imaginasi pembaca.
  • Majas metafora juga berfungsi untuk menyampaikan suatu makna dan bagaimana cara menyampaikannya secara singkat.

Contoh Majas Metafora

Contoh Majas Metafora

Contoh Majas Metafora

Contoh Majas Metafora Beserta Maknanya

Di bawah ini kami akan memberikan banyak sekali contoh majas metafora. Semoga setelah mengetahui contoh-contoh yang kami berikan anda bisa lebih paham dan akan lebih mudah membedakan mana yang termasuk majas metafora dan mana yang bukan.

  • Masih banyak tikus kantor yang ada di negeri ini. Tikur kantor berarti para koruptor.
  • Ratusan ruko yang ada di Pasar Kenanga habis dilahap si jago merah. Si jago merah yang dimaksud adalah api.
  • Dari balik awan, kamu akan melihat dewi malam yang sangat indah. Dewi malam yang dimaksud adalah bulan.
  • Rizal adalah anak mas dari Pak Lurah di Desa Kenanga. Anak mas berarti anak kesayangan.
  • Andika merupakan tangan kanan Pak Alex. Tangan kanan berarti orang kepercayaan.
  • Sangat sulit menasehati Rizal untuk berhenti merokok, dasar kepala batu. Kepala batu yaitu keras kepala.
  • Reinaldi selalu menjadi bintang kelas. Bintang kelas yaitu anak atau siswa yang pintar.
  • Sampai sekarang, Agus masih saja memiliki kebiasaan yaitu sering cari muka di hadapan bos. Cari muka berarti suka mencari perhatian atau suka melakukan hal-hal baik karena ada maksud tertentu.
  • Andi masih saja tidur, padahal raja siang sudah menampakkan kemegahannya. Raja siang berarti matahari.
  • Pak Basuki memang terkenal sebagai sosok yang mengajarkan ari lapang dada yang sesungguhnya. Lapang dada berarti sabar.
  • Pak ahmad sangat cekatan dalam merawat buah hatinya yang sedang sakit. Buah hati adalah anak.
  • Kamu harus tutup mulut untuk menjaga masalah ini agar tidak sampai menyebar. Tutup mulut artinya tidak boleh berbicara atau harus menjaga rahasia.
  • Siapa yang menyangka jika siti merupakan wanita berdarah biru. Darah biru berarti keturunan bangsawan.
  • Sepertinya permasalahan ini akan diselesaikan di meja hijau. Meja hijau berarti pengadilan.
  • Demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia, banyak pejuang Indonesia yang gagah berani gugur. Gugur berarti meninggal atau mati karena pertempuran atau peperangan.

Contoh Majas Metafora Terlengkap

Contoh Majas Metafora Terlengkap

Contoh Majas Metafora Terlengkap

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.