Pengertian, Fungsi, Kaidah Penulisan, dan Contoh Surat Pribadi

Makalah.id – Apa itu surat pribadi? Seperti apa contoh surat pribadi? Ketika mengetahui surat pribadi, tentu yang ada di dalam benak kita adalah surat yang dikirimkan dari seseorang ke orang lain. Surat ini bersifat pribadi jadi bukan merupakan surat yang dikeluarkan oleh instansi maupun perusahaan sehingga berbeda dengan surat resmi pada umumnya seperti surat kerjasama.

Surat ini ditulis karena menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan keperluan pribadi. Maka dari itu terkadang surat ini juga dinamakan sebagai surat private. Lalu bagaimana dengan bahasa yang digunakan? Dikarenakan surat ini bersifat pribadi maka sudah tentu bahasa yang digunakan tidak formal. Artinya bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari.

Apa itu Surat Pribadi? 

Perlu anda pahami bahwa surat ini tidak memiliki peraturan yang khusus. Berbeda dengan surat izin yang harus menggunakan bahasa formal dan beberapa peraturan lainnya yang memang harus diperhatikan. Sementara surat pribadi tidak memiliki peraturan yang baku. Secara teori, surat pribadi dapat ditulis sesuai dengan keinginan atau selera penulis. Meskipun begitu, tetap saja penulis harus memperhatikan etika di dalam penulisan.

Surat ini meskipun tidak memiliki aturan yang baku, namun bahasa yang digunakan harus bahasa yang sopan dan tidak mengandung cacian atau bahkan menyangkut unsur SARA.

Macam-macam Surat Pribadi

Lalu apa saja macam-macam dari surat pribadi? Berikut ini akan kami informasikan mengenai apa saja macam-macam dari surat pribadi. Dari sini mungkin anda bisa mengetahui kira-kira surat pribadi yang sempat anda buat termasuk dari macam yang mana.

  • Surat pribadi yang isinya tentang kekeluargaan. Beberapa surat ini contohnya seperti surat pengenalan, surat yang dikirimkan kepada teman, saudara, maupun juga surat yang dikirim kepada orang tua.
  • Surat pribadi yang memiliki isi setengah resmi maupun yang masih ada kaitannya dengan urusan dinas. Beberapa contoh dari surat ini antara lain: surat lamaran kerja, surat izin cuti, maupun surat izin tidak masuk sekolah atau kerja.

Apa saja ciri-ciri surat pribadi?

Surat pribadi maupun private letter memiliki karakteristiknya sendiri. Karakter inilah yang menjadi pembeda antara surat pribadi dengan surat yang lainnya. Beberapa ciri yang dimiliki oleh surat pribadi ini antara lain:

  • Tidak mempunyai kop surat
  • Format bersifat bebas
  • Tidak menggunakan bahasa yang formal
  • Tidak terikat dengan kaidah atau aturan tertentu.
  • Untuk salam pembuka dan juga penutup umumnya bersifat santai, bentuknya pun beragam karena sesuai dengan selera penulis.
  • Surat pribadi juga tidak memiliki nomur surat
  • Terkadang surat pribadi juga tidak butuh diarsipkan.

Ketentuan di dalam menulis surat pribadi

Memang surat pribadi tidak terikat dengan aturan-aturan tertentu. Surat ini tidak seperti surat resmi yang harus mengikuti aturan-aturan tertentu yang baku. Di bawah ini akan kami jelaskan tentang beberapa ketentuan di dalam menulis surat pribadi yang perlu anda perhatikan.

  • Surat pribadi tidak membutuhkan kop surat
  • Tidak perlu menggunakan tembusan
  • Tidak perlu menggunakan nomor surat
  • Biasanya menggunnakan salam penutup, yakni hormat saya.

Fungsi surat pribadi

Setiap surat juga memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Begitu pula dengan surat pribadi yang memiliki fungsinya sendiri dan juga menjadi pembeda antara surat pribadi dengan surat yang lainnya. Beberapa fungsi dari surat pribadi, antara lain:

  • Mengekspresikan perasaan
    • Fungsi pertama dari surat pribadi adalah digunakan untuk mengekspresikan perasaan penulis surat. Dengan begitu, perasaan penulis bisa lebih lega.
    • Penulis juga berharap agar supaya pembaca mengetahui isi perasaan dari penulis.
  • Menjadi wakil
    • Fungsi kedua adalah surat ini bisa digunakan untuk menjadi wakil penulis. Surat ini nantinya menjadi wakil penulis ketika hendak berkomunikasi dengan pihak ketiga.
    • Contohnya, ketika anda ingin berkomunikasi dengan pihak kedua namun anda tidak memiliki waktu atau keberanian, anda bisa mengirim surat kepada pihak ketiga yang isinya tentang keperluan atau urusan anda untuk disampaikan kepada pihak kedua.
  • Sebagai sarana untuk menyampaikan ide
    • Surat pribadi juga digunakan sebagai sarana menyampikan idea atau gagasan. Mungkin dengan cara ini penulis bisa lebih menyampaikan idenya secara lebih luas karena jika menyampaikan secara langung dikhwatirkan terbatas jarak dan waktu.
  • Untuk mengembangkan kemampuan bahasa
    • Perlu anda tahu bahwa ketika anda sering menulis pribadi, maka kemampuan bahasa anda juga akan meningkat.
    • Maka dari itu, salah satu tugas yang akan diberikan oleh guru Bahasa Indonesia adalah menulis surat pribadi.

1. Contoh surat pribadi kepada sahabat

Berikut ini akan kami berikan contoh surat pribadi yang dikirimkan kepada sahabat. Artinya, surat ini masuk ke dalam surat pribadi yang jenisnya kekeluargaan. Surat ini juga biasanya akan dibalas oleh penerima sulit.

Surabaya, 8 Desember 2020

Sahabatku,

Intan Andika Pertama

di Jakarta

 

Salam Persahabatan,

Hai, apa kabamu sekarang? Aku harap kamu selalu dalam kondisi yang baik. Apa kamu masih mengingat aku? Dulu kita sering bermain game PES bersama. Aku ingat momen ketika kamu frustasi karena kalah adu penalti. Kamu pasti sekarang membaca surat ini sambil senyum-senyum sendiri.

Intan, sahabatku. Aku dengar kamu sekarang kuliah di Universitas Indonesia dan sudah mau skripsi. Semenjak kita berpisah, seperti ada yang hilang dari diriku. Mungkin karena kita sering bermain bersama dan memiliki hobi yang sama pula. Tapi aku harus tetap bertahan dan beradaptasi dengan kepindahanmu.

Aku berharap agar kamu mau meluangkan waktumu untuk bertemu denganku. Mungkin di pertengahan Desember ini aku akan datang ke Jakarta karena ada acara seminar di sana. Aku harap kita bertemu di Universitas Indonesia. Acara seminar dimulai pukul 08.00 sampai 14.00. Semoga setelah itu kita bisa bertemu.

Sampai jumpa,

Sahabatmu,

 

Agung Laksono

2. Contoh surat pribadi untuk sahabat kecil

contoh surat pribadi

3. Contoh surat pribadi singkat

contoh surat pribadi

4. Contoh surat pribadi setengah resmi

contoh surat pribadi

Demikian informasi mengenai pengertian dan contoh surat pribadi. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.