Pengertian, Struktur, Kaidah, dan Contoh Teks Ulasan

Makalah.id – Bagaimana contoh teks ulasan yang baik sesuai dengan ketentuan? Dari namanya mungkin kita semua sudah tahu bahwa di dalam teks ini  berisi tentang ulasan mengenai peristiwa atau kejadian tertentu. Dari sini nanti anda akan membuat tulisan yang kritis agar supaya dapat berkontribusi terhadap karya yang anda ulas di lain waktu. Adapu untuk tujuan dari penulisan teks ulasan adalah memberikan petunjuk mengenai sudut pandang maupun pendapat penulis tentang suatu hal.

Di dalam membuat contoh teks ulasan yang benar adalah dengan memahami kira-kira seperti apa karya atau tulisan yang ingin anda ulas. Dengan begitu, anda bisa memberikan ulasan yang memang benar-benar relevan dengan topik maupun peristiwa tersebut. Selain itu, teks ulasan juga memiliki cirinya masing-masing yang mana setiap teks pada dasarnya memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Struktur Teks Ulasan

Setidaknya ada 4 struktur teks ulasan. Dengan memahami struktur ini maka anda nanti bisa membuat sebuah teks ulasan yang sesuai dengan ketentuan.

1. Orientasi

Bagian pertama dari teks ulasan dari orientasi. Isinya berupa pengenalan atau pembukaan dan juga gambaran umum yang berkaitan dengan karya yang akan anda ulas. Bagian ini yang juga dijadikan sebagai acuan oleh pembaca untuk mengetahui kira-kira seperti apa karya yang akan anda ulas.

2. Tafsiran

Sementara untuk struktur yang kedua dinamakan tafsiran. Bagian ini di dalamnya berisi tentang gambaran secara detail yang berkaitan dengan karya yang akan anda ulas. Beberapa ciri dari bagian tafsiran ini antara lain membahas mengenai kualitas, keunggulan, keunikan, bagian karya, dan lain sebagainya.

3. Evaluasi

Lalu bagaimana dengan evaluasi? Evaluasi merupakan bagian yang membahas tentang ulasan terhadap karya yang sudah anda bahas. Penulisan evaluasi pasti dilakukan setelah penulis melakukan tafsiran. Dari sini nanti penulis bisa membedakan mana bagian yang memang perlu dibahas dan mana yang kurang.

4. Rangkuman

Struktur teks ulasan yang terakhir dinamakan rangkuman. Seperti halnya bagian terakhir pada teks-teks yang lainnya, bagian ini juga berupa penutup yang isinya kesimpulan dari karya yang anda ulas. Di sini penulis mulai memnberikan komentar mengenai karya yang sudah diulas apakh memang termasuk karya yang bagus atau tidak sekaligus mungkin juga memberikan sarannya.

Kaidah Penulisan Teks Ulasan

Tidak jauh berbeda dengan teks yang lain, teks ulasan juga memiliki kaidah kebahasaannya tersendiri. Salah satu kaidah kebahasaan yang dimilikinya adalah penonjolan mengenai beberapa unsur karya seni yang akan diulas. Teks ulasan menggunakan pendapat yang bersifat persuasif maupun opini-opini yang berkaitan teks ulasan tersebut. Tidak sampai di situ, konjungsi eksternal maupun internal juga harus dimuat di dalam teks ulasan.

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang apa saja contoh teks ulasan yang baik. Namun sebelum itu, ada informasi menarik yang tidak boleh anda lewatkan, yakni contoh surat resmi dan contoh surat pernyataan.

1. Contoh teks ulasan tentang novel “Surat Kecil Untuk Ayah”

Perlu anda tahu bahwa novel yang berjudul “surat kecil untuk ayah” merupakan salah satu novel yang cukup terkenal. Novel ini merupakan karya Boy Chandra. Novel ini menerangkan atau menceritakan tentang bagaimana usaha seorang ayah yang banting tulang demi keluarganya. Namun bagaimana pun, ayah tetap manusia. Tokoh utama di novel ini diperankan oleh Aku.

  • Tafsiran

Di bagian ini anda bisa melihat bahwa penulis, Boy Chandra menceritakan bagaimana seorang lelaki yang sangat dekat dengan keluarganya. Lelaki tersebut selalu berusaha meluangkan waktunya dan memberikan kasih sayang tanpa batas dan juga selalu berusaha menghadirkan senyuman untuk keluarganya di pagi hari. Lelaki tersebut adalah seorang ayah.

Ayah selalu berusaha keras untuk membahagiakan keluarganya. Ia tidak pernah mengeluh sedikit pun karena yang terpenting keluarganya selalu nyaman dan bahagia. Cerita ini berakhir pada saat saudara tirinya meminta ayah untuk datang ke Jakarta untuk menghadiri pemakaman. Matanya menangis dan tangan yang memegang bunga tersebut jatuh bersamaan dengan air mata.

  • Evaluasi

Adapun mengenai kelebihan yang dimiliki oleh novel ini adalah bisa membuat pembaca merasa terhanyut dan seolah-olah merasakan seperti apa jalanya cerita yang dibawakan. Di dalam novel ini juga menceritakan tentang bagaimana perjuangan ibu dan juga anak di dalam menjalani kehidupannya. Namun mungkin yang disayangkan dari novel ini adalah kesalahan tulis sehingga membuat alur cerita menjadi kurang begitu dimengerti. Kesalahan tulis tersebut mungkin yang juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan novel ini menjadi kurang begitu menarik.

  • Rangkuman

Dengan semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh novel ini, penulis menyarankan bahwa novel tersebut memang wajib dibaca oleh anak-anak jaman sekarang. Novel ini memberikan sebuah pengajaran bahwa sebagai anak wajib menghargai setiap usaha yang telah dilakukan oleh orang tua, atau dalam hal ini ayah. Ayah memang akan selalu berusaha membuat semua anggota keluarganya tersenyum.

Namun kita tidak tahu bagaimana dibalik semau usaha yang ayah lakukan. Kita mungkin tidak pernah berpikir kira-kira seperti apa usaha yang dilakukan oleh ayah, sesulit apa usaha ayah untuk bisa membuat keluarganya tersenyum, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, mau bagaimana pun ayah tetaplah seorang manusia dan kita wajib menghormatinya.

2. Contoh teks ulasan tentang novel Habibie dan Ainun

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan teks ulasan, termasuk contoh teks ulasan. Semoga informasi ini bermanfaat. Kami juga telah memiliki informasi lainnya yang tidak kalah menarik yaitu surat kerjasama dan contoh laporan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.