Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh Pidato Persuasif

Bagaimana cara membuat sebuah contoh pidato persuasif? Namun sebelum itu kami akan menjelaskan tentang pengertian atau definisi dari pidato persuasif. Pidato adalah berbicara atau berorasi di depan umum dengan maksud mengemukakan pendapatnya sehingga orang yang mendengar pidato tersebut paham tentang maksud atau topik yang sedang dibicarakan.

Seseorang yang hendak berpidato sudah tentu harus memiliki bahan yang matang. Selain itu, orang tersebut tentunya memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berbicara di depan umum karena tidak semua orang bisa melakukannya. Ada beberapa metode dalam berpidato, salah satunya adalah pidato persuasif. Adapun contoh pidato persuasif yang baik adalah berisi tentang ajakan kepada pendengar agar mau melakukan atau melaksanakan seperti apa yang tertuang di dalam teks pidato tersebut.

Apa itu Pidato Persuasif?

Pidato persuasif adalah salah satu metode berpidato dengan tujuan untuk meyakinkan atau menarik perhatian pendengar. Isi dari pidato persuasif intinya adalah untuk mempengaruhi pendengar agar memiliki pemikiran atau pendapat yang sama atau bahkan mau melakukan sesuatu seperti yang ada di dalam teks pidato tersebut. Seperti yang sudah kami terangkan bahwa tidak semua orang berani berbicara di depan umum.

Mereka yang berani berorasi atau berbicara di depan umum sudah tentu memiliki rasa kepercayaan yang tinggi. Selain itu, dia juga sudah menyiapkan bahan pidatonya secara matang. Yang tidak kalah penting adalah orang tersebut juga harus memiliki kemampuan untuk menghimbau atau mengajak seseorang agar memiliki pandangan yang sama maupun mau melakukan hal-hal seperti yang telah diorasikan.

Tujuan Pidato Persuasif

Lalu apa saja tujuan dari pidato persuasif? Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda semuanya mengenai beberapa tujuan yang dimilikin oleh pidato persuasif. Namun sebelum itu, kami ingin memberikan informasi lainnya yang tidak kalah bermanfaat yaitu makalah karya ilmiah sistem keamanan jaringan dan mengenai makalah karya ilmiah tentang sampah organik.

  • Pidato persuasif mempunyai masalah pokok yang akan dibahas dan akan diuraikan.
  • Pidato persuasif juga memiliki tema yang wajib dikuasi oleh pembicara agar supaya dia mampu memaparkan gagasannya dengan baik dan mampu meyakinkan para pendengarnya.
  • Pidato persuasif mempunyai isi yang jelas mengenai ilmu pengetahuan.
  • Pidato ini juga harus mempunyai topik yang terkoneksi dengan baik di setiap bagian dalam teks tersebut.

Struktur Pidato Persuaif

Setiap teks pasti memiliki strukturnya sendiri-sendiri. Struktur inilah yang menjadi pembeda antara teks yang satu dengan teks yang lainnya. Lalu kira-kira apa saja yang termasuk ke dalam struktur pidato persuasif? Di bawah ini akan kami berikan jawabannya kepada anda.

  • Salam pembukaan
    • Mungkin anda sudah tahu bahwa bagian ini berisi tentang salam atau sapaan dari pembaca ke pendengar.
    • Salam dan sapaan di sini bisa bermacam-macam, tergantung situasi dan tujuan dari pidato tersebut.
  • Pendahuluan
    • Pidato persuasif juga harus mempunyai pendahuluan yang jelas. Isi bagian ini adalah gambaran secara singkat mengenai topik atau isi pidato yang akan disampaikan.
  • Isi pidato
    • Bagian ini sudah pasti anda semuanya sudah tahu bahwa isi pidato memuat informasi penting atau informasi utama mengenai topik yang dibicarakan.
    • Isi pidato di dalamnya juga bisa memuat informasi yang berkaitan dengan tujuan maupun maksud dari pidato tersebut.
  • Penutup
    • Teks pidato persuasif juga memiliki tujuannya. Tujuan dari teks ini berupa kesimpulan atau penjelasan singkat mengenai semua isi teks pidato yang sudah dibicarakan atau disampaikan kepada para pendengarnya.

Ciri-Ciri Pidato Persuasif

Selain mengetahu apa saja bagian atau struktur yang terdapat di dalam pidato persuasif, maka di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda perihal apa saja yang merupakan ciri atau karakteristik dari pidato persuasif:

  • Pidato persuasif di dalamnya terdapat permasalahan atau isu yang dibahas yang kemudian dikemas menjadi sebuah ajakan atau himbauan agar supaya para pendengar mau dan mampu melaksanakan seperti apa yang disarankan atau dihimbaukan tersebut.
  • Teks pidato persuasif harus benar-benar berisi tentang ajakan atau himbauan. Ajakan tersebut biasanya akan disebutkan secara eksplisit untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman atau untuk membuat para pendengar tidak bingung lagi tentang inti dari pidato persuasif yang dibacakan.
  • Pidato persuasif memiliki informasi yang bermanfaat bagi para pendengarnya yang berkaitan dengan isu atau masalah yang sedang dibahas.
  • Pidato persuasif berisi tentang sebuah gambaran mengenai kondisi tertentu yang kemudian diikuti oleh ajakan atau himbauan.

Isi Pidato Persuasif

Lalu seperti apa seharusnya isi yang ada di dalam pidato persuasif? Perlu anda tahu bahwa bagian isi merupakan bagian terpenting yang ada di dalam teks pidato. Bukan hanya pidato, surat perjanjian maupun surat kerjasama pun juga bagian isinya merupakan hal yang paling penting.

Isi dari pidato persuasif adalah tentang informasi yang tentunya bermanfaat bagi para pendengarnya. Biasanya isi dari teks ini lebih spesifik menerangkan atau menjabarkan sebuah isu atau permasalahan yang terjadi. Kemudian, dari permasalahan yang sudah dijelaskan, pembaca akan mengemasnya dengan kalimat-kalimat yang berisi tentang ajakan maupun himbauan kepada siapapun yang mendengarnya.

Contoh pidato persuasif tentang kebersihan lingkungan

contoh pidato persuasif

Contoh pidato persuasif tentang bisnis

contoh pidato persuasif

Contoh pidato persuasif tentang kesehatan

contoh pidato persuasif

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai contoh pidato persuasif lengkap dengan semua hal yang berkaitan dengan pidato tersebut. Setelah menahami informasi ini kami harap anda semakin paham mengenai apa sebenarnya pidato persuasif dan juga kira-kira apa saja yang membedakannya dengan pidato lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.