Pengertian, Unsur, dan Contoh Naskah Drama Komedi

Makalah.id – Apa saja contoh naskah drama komedi terbaik untuk bahan masukan anda? Berbicara tentang drama, ia merupakan salah satu genre sastra yang isinya tentang ilustrasi atau gambaran tentang sesuatu. Ilustrasi yang diperlihatkan bisa berupa karakter, tingkah laku, realita kehidupan, dan lain sebagainya. Ada juga yang berpendapat bahwa drama merupakan sebuah karya sastra yang di dalamnya tentang emosi dan konflik yang dibuat dengan tujuan mempengaruhi orang lain agar mau mendengar maupun melihat drama tersebut.

Setiap drama pasti membutuhkan teks, salah satunya dalah drama komedi yang membutuhkan naskah drama komedi. Naskah merupakan tulisan yang isinya tentang apa saja peran yang harus dilakukan dan juga dialog dan adegan yang nanti akan diperagakan ketika melakukan drama. Perlu anda tahu bahwa melakukan drama sebenarnya gampang-gampang susah.

Hal yang harus anda lakukan memahami kira-kira cerita tersebut seperti apa. Selain itu, anda juga harus paham karakter yang akan anda perankan memiliki watak serta peranannya seperti apa di dalam drama. Kemudian barulah anda mulai mempelajari seperti apa naskah drama yang isinya adegan dan dialog yang harus anda sampaikan dalam drama tersebut.

Ciri-Ciri Drama

Lalu apa saja yang merupakan ciri-ciri dari drama? Drama pasti memiliki cirinya sendiri yang merupakan pembeda diantara karya sastra yang lainnya. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang apa saja hal-hal yang masuk ke dalam ciri-ciri drama.

  • Semua kisah yang dilakukan atau terjadi dalam drama dilakukan dengan cara berdialog. Dialog tersebut bisa berupa dialog dengan dirinya sendiri atau monolog maupun dengan dialog yang dilakukan dengan pemeran atau karakter yang lain.
  • Drama hnaarus mempunyai karakter maupun tokoh yang diperankan manusia, boneka, maupun wayang.
  • Drama memiliki ciri lain yaitu adanya ketegangan dan konflik yang memang merupakan salah satu ciri penting dari drama.
  • Untuk durasi pementasannya sendiri bisa bermacam-macam. Namun biasanya waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 3 jam.
  • Drama dipentaskan di atas panggung yang sebelumnya telah dihiasi dengan berbagai macam hiasan untuk membuat tampilannya menjadi lebih baik dan sesuai dengan tema yang dibicarakan.
  • Drama sudah pasti bersifat terbuka dimana akan disaksikan langsung oleh khalayak ramai.

Apa Saja Struktur dalam Drama?

Selain memiliki ciri-ciri, drama juga mempunyai strukturnya masing-masing. Struktur tersebut juga merupakan sbeuah aturan yang kebanyakan memang harus dipatuhi. Berikut ini akan kami informasikan tentang apa saja yang termasuk ke dalam struktur dalam drama. Namun sebelum itu silahkan anda simak informasi kami seputar contoh surat keterangan penghasilan karyawan.

  • Prolog yaitu adegan pembukaan
  • Dialog adalah percakapan
  • dan Epilog yang berarti adegan penutup atau adegan akhir

1. Contoh drama komedi berjumlah 5 orang

Siang hari lima sekawan yaitu Dina, Danu, Didi, Dita dan juga Dadang sepakat mengerjakan tugas sekolah bersama-sama.

Dita: Nanti ayo kita mengerjakan tugas sama-sama. Kita kerjakan di tempat biasa, ok teman-teman?

Didi: Kita mengerjakan di rumah Danu atau Balai Desa?

Dita: Kita mengerakannya di balai desa.

Dina: Oke teman-teman, saya ganti baju dulu dan makan baru nanti kita berkumpul untuk mengerjakan tugas bersama-sama?

Setelah kelima anak tersebut pulang dari sekolah dan menuju rumah masing-masing. Ketika jam sudah menunjukkan pukul 4 sore, mereka bergegas menuju ke balai desa untuk mengerjakan tugas. Hanya Danu ternyata tidak berangkat ke balai desa karena setelah pulang sekolah Danu malah tertidur pulas. Dia lupa kalau sudah janji dengan teman-temannya mau mengerjakan tugas.

*balai desa*

Didi: Lho Danu kemana ya? Padahal sudah mau jam 5 tapi kok dia belum datang juga?

Dina: Apa jangan-jangan Danu lupa kalau ada janji dengan kita?

Dita: Apa Danu malah mengira kita bakalan mengerjakan tugas di rumahnya? Jika begitu sebaiknya kita pergi ke rumahnya.

Dadang: Tapi bisa saja Danu ada keperluan penting yang harus dia kerjakan dahulu sementara dia lupa untuk mengabari kita. Bagaimana kalau sebaiknya kita tunggu di sini sambil mengerjakan tugas ini?

Akhirnya mereka memutuskan untuk mengerjakan tugasnya terlebih dahulu sambil menunggu Danu datang. Namun ketika jam sudah menunjukkan pukul setengah 6, dari kejauhan ada laki-laki yang berlari cepat sambil nafas terengah-engah membawa tas.

Didi: Nah itu Danu sudah datang

Dina: Eh tapi kenapa Danu malah berlari kayak lagi dikejar anjing ya? Pakai seragam sekolah lagi.

Danu: Hei teman-teman, kalian sedang apa di sini? Kok sepagi ini malah di Balai Desa dan tidak berangkat sekolah? Apa kalian tidak khawatir datang terlambat?

Seketika itu, mereka berempat langsung tertawa mendengar apa yang baru saja dikatakan Danu.

Dita: Ya Ampun Danu, inikan masih sore. Kamu pasti baru bangun ya?

Dina: Makanya Dan, jangan kebiasaan tidur sore sampai hampir petang.

Yang bisa dilakukan Danu adalah terdiam dan wajahnya memerah.

2. Naskah drama komedi persahabatan

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

3. Naskah drama komedi persahabatan tujuh orang

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

naskah drama komedi

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang pengertian dan beberapa contoh naskah drama komedi yang bisa anda jadikan referensi. Kita tahu bahwa drama memiliki banyak hal dan intinya drama tersebut memang harus dipentaskan dan bukan hanya sekedar dibaca saja. Selain itu, ada beberapa unsur dalam drama yang harus diperhatikan ketika seseorang hendak melakukan pementasan drama maupun membuat naskah drama.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sebelum itu, kami juga ingin mengajak anda untuk mencermati informasi lainnya yang juga tidak kalah penting yaitu contoh proposal kegiatan sekolah dan contoh proposal penelitian kualitatif.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.