Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, dan Contoh Teks Deskripsi Paling Lengkap

Makalah.id – Apa pengertian dan contoh teks deskripsi itu? Teks deskripsi adalah paragraf yang gagasan utamanya dijelaskan menggunakan sebuah penggambaran yang jelas. Penggambaran tersebut bisa berupa objek, peristiwa, alamat, maupun informasi lainnya yang menjadi topik dari teks yang disajikan. Ketika topik tersebut dijelaskan secara deskripstif, maka pembaca bisa seolah-olah merasakan seperti apa peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung.

Untuk contoh teks deskripsi sendiri tentu berbeda dengan jenis teks yang lainnya. Salah satu poin yang membedakan adalah tentang tujuan dari teks deskripsi tersebut. Teks ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara jelas kepada pembaca tentang kejadian tertentu maupun objek yang dijadikan sebagai topik pembahasan. Jadi, pembaca seperti sedang merasakan kejadian tersebut.

Apa Saja Ciri-Ciri Teks Deskripsi?

Seperti yang telah kami informasikan bahwa teks deskripsi memiliki perbedaan dengan teks lainnya. Selain berbeda tujuan, teks deskripsi juga memiliki ciri yang tidak sama. Ciri-ciri inilah yang menjadikan teks deskripsi memiliki keunikannya tersendiri dibandingkan dengan jenis teks yang lainnya. Lalu apa saja ciri-cirinya tersebut? Berikut ini akan kami jelaskan kepada anda.

  • Paragraf dari teks deskripsi memberikan gambaran tentang sesuatu.
  • Paragraf tersebut dijelaskan menggunakan suatu penggambaran yang jelas dan disebutkan secara terperinci. Selain itu, teks ini juga akan melibatkan kesan indra.
  • Pada waktu pembaca membaca teks deskripsi, mereka seperti sedang berada atau sedang mengalami kejadian tersebut karena kejadiannya digambarkan secara jelas.
  • Teks ini juga biasanya menjelaskan tentang ciri-ciri yang berkaitan dengan objek, diantaranya bentuk, warna, ukuran, keadaan, maupun ciri lainnya yang menjadikan objek tersebut memiliki perbedaan dengan objek yang lainnya.

1. Struktur Teks Deskripsi

Bagi anda yang hendak menyusun teks deskripsi, anda harus memperhatikan bahwa teks ini memiliki struktur teksnya sendiri yang jumlahnya ada 3. Apa saja struktur teks deskripsi tersebut? Berikut ini jawabannya:

  • Identifikasi, bagian yang berkaitan dengan identitas seseorang maupun benda atau objek yang sedang dibicarakan.
  • Klasifikasi, bagian yang merupakan penyusunan sistem berdasarkan kelompok dengan berpedoman pada kaidah maupun standar yang ditetapkan.
  • Deskripsi bagian, bagian ini berisi bagian-bagian yang ada di dalam teks deskripsi.

2. Jenis Teks Deskripsi

Di bawah ini kami akan menjelaskan perihal beberapa jenis yang dimiliki oleh teks deskripsi:

  • Teks deskripsi subjektif, sebuah teks deskripsi yang di dalamnya menjelaksan tentang objek dengan berpedoman pada kesan maupun perspektif penulis.
  • Teks deskripsi spatialteks deskripsi yang menjelaskan bagian yang hanya berupa benda, tempat, ruang, dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi objektif, sebuah teks deskripsi yang menjelaskan tentang objek maupun topik yang dibahas dengan berdasarkan kondisi sebenarnya. Teks teks deskripsi jenis ini tidak melakukan penambahan opini yang berasal dari penulis atau pengarang.

3. Kadiah Dalam Membuat Teks Deskripsi

Informasi lain yang tidak kalah penting adalah memahami tentang seperti apa kaidah di dalam menulis teks deskripsi. Anda tidak bisa sembarangan menulis teks deskripsi karena ada rambu-rambu yang harus anda patuhi. Namun sebelum membahas tentang kaidah tersebut, kami memiliki informasi lainnya yang juga harus anda pahami yaitu metode penelitian deskriptif dalam menyusun skripsi dan cara mengutip dari jurnal secara langsung dan tidak langsusng.

  • Teks deskripsi menggunakan kata benda yang akan disesuaikan dengan topik yang sedang dibicarkaan. Beberapa contohnya yaitu rumah, sepeda motor, gunung, gelas, kereta, pesawat, dan lain-lain.
  • Teks deskripsi juga  mengandung frasa yang di dalamnya terdapat kata benda. Contohya yakni dia adalah seseorang yang keras kepala dibandingkan adiknya.
  • Teks deskripsi juga memiliki kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan kondisi atau tampilan dar objek yang dibicarakan.
  • Teks ini juga memiliki kata kerja transitif yang memberikan informasi tentang objek. Contohya adalah bangunan sekolah tersebut dikelilingi oleh sawah yang hijau dan pepohonan yang rindang.
  • Selain itu, teks deskripsi juga mengandung sebuah kalimat yang isinya tentang ungkapan perasaan atau pendapat pribadi dari pengarang terhadap objek yang dibicarakan.

4. Contoh teks deskripsi tentang alam

GUNUNG

Gunung merupakan penampakan alam yang sangat indah yang merupakan dataran lebih tinggi dibandingkan dataran yang ada di sekitarnya. Secara umum, tinggi gunung bisa mencapai ratusan meter. Ketinggian tersebut membuat gunung terlihat lebih indah ketika kita memandangnya dari bawah maupun dari puncaknya. Di puncak gunung kita bisa menikmati keindahan dan kesegaran air terjun yang berasal dari tebing yang tinggi.

Selain itu, kita juga melihat pemandangan air yang begitu jernih, bukti, tebing, dan juga langit biru di siang hari. Keindahan yang ditawarkan membuat kita menjadi sangat takjub dan membuat diri menjadi lebih tenang. Kicauan burung, hembusan angin, suara air, yang memberikan ketenangan tersendiri yang sesuai untuk membuat hati anda menjadi tenang dan tentram.

Gunung juga mempunyai ciri dan jenisnya masing-masing. Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung terbanyak yang terbagi menjadi dua bagian, yakni gunung aktif dan gunung tidak aktif. Gunung berapi yang masih aktif akan mengeluarkan lava panas yang akan keluar ketika gunung meletus. Lava tersebut berasal dari perut bumi yang keluar ketika terjadi gempa atau gunung meletus.

Lava memiliki warna merah menyala dan panasnya jauh lebih panas dari api yang pernah anda temui. Sementara untuk gunung aktif tidak mengeluarkan lava. Gunung tersebut juga tidak bisa meletus.

5. Contoh teks deskripsi tentang hewan

contoh teks deskripsicontoh teks deskripsi

6. Contoh teks deskripsi tentang sekolah

contoh teks deskripsicontoh teks deskripsi

7. Contoh teks deskripsi tentang buah

contoh teks deskripsicontoh teks deskripsi

8. Contoh teks deskripsi tentang sayuran

contoh teks deskripsicontoh teks deskripsi

9. Contoh teks deskripsi tentang wisata

contoh teks deskripsicontoh teks deskripsi

Itulah beberapa contoh teks deskripsi yang bisa kami sebutkan. Sebelum kami akhiri, kami juga sudah memiliki informasi menarik lainnya yang telah kami siapkan yaitu contoh kata pengantar novel, skripsi, dan makalah.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.